Memanjangkan Surat atau Memperlama Sujud, Mana Lebih Baik?

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 16 Oktober 2018 13:01
Memanjangkan Surat atau Memperlama Sujud, Mana Lebih Baik?
Sholat adalah waktu terbaik untuk membaca Alquran.

Dream - Ibadah sholat dijalankan dengan memenuhi sejumlah rukunnya. Tidak boleh satu rukun pun ditinggalkan sebagai syarat sahnya sholat.

Usai membaca Al Fatihah, terdapat sunah untuk membaca surat-surat dalam Alquran. Ada kalanya, bacaan tersebut cukup panjang.

Ada pula yang melaksanakan sujud dengan cara diperpanjang. Sehingga, pelaksanaan sholat menjadi lebih lama.

Antara dua hal ini yaitu memanjangkan bacaan surat atau memperlama sujud, mana yang lebih baik?

Dikutip dari NU Online, hal ini pernah dibahas oleh Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar An Nawawi. Dalam kitab itu, Imam An Nawawi menyebut waktu terbaik membaca Alquran yaitu dalam sholat.

Sehingga, menurut pendapat Imam An Nawawi, memperpanjang bacaan surat Alquran lebih baik.

" Ketahuilah bahwa (waktu) membaca Alquran yang paling utama adalah berada dalam keadaan sholat. Mazhab Syafi'i dan mazhab imam-imam lain rahimahullah menyebutkan bahwa memanjangkan (memperlama) berdiri dalam sholat untuk membaca Alquran lebih utama daripada memanjangkan sujud atau yang lain."

 

1 dari 1 halaman

Tidak untuk Sholat Jemaah

Tetapi, anjuran ini tepat diberlakukan jika untuk sholat sendiri. Jika berjemaah, tidak diperkenankan seorang imam memperpanjang bacaan surat Alqurannya.

Kecuali, apabila makmumnya bersedia. Atau tidak ada makmum tua yang tidak mampu berdiri terlalu lama untuk mendengar bacaan tersebut.

Dasarnya adalah riwayat Bukhari mengenai teguran Rasulullah Muhammad SAW kepada Muadz bin Jabal. Ketika Muadz menjadi imam, dia membaca surat Al Baqarah yang sangat panjang.

Hal ini membuat jemaahnya kurang nyaman lalu memutuskan keluar shaf dan sholat sendiri. Hal ini sampai kepada Muadz dan dia menyebut makmum tersebut sebagai munafik.

Si makmum kemudian mengadukan persoalannya kepada Rasulullah SAW. Termasuk saat dia disebut munafik oleh Muadz.

Rasulullah SAW kemudian menegur Muadz lalu memerintahkannya untuk membaca surat-surat yang pendek. Sebab, ada makmum tua, wanita yang membawa anak, serta mereka yang punya kesibukan.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi