Ucapan Doa Rasulullah Ini Agar Pintu Rezeki Terbuka

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 11 Oktober 2021 20:00
Ucapan Doa Rasulullah Ini Agar Pintu Rezeki Terbuka
Rezeki adalah rahasia Allah, kita hanya wajib mengusahakannya.

Dream - Rezeki adalah hal yang melekat pada setiap orang. Jatahnya berbeda-beda antara satu dengan lain dan senantiasa menjadi rahasia Allah SWT.

Kita tidak pernah tahu apakah rezeki yang diterima sangat besar dan berlimpah atau malah sedikit. Sebagai insan yang berusaha mencapai taraf taqwa, kita hanya senantiasa berusaha dan memanjatkan doa agar selalu bersyukur atas rezeki yang diterima. 

Manusia hanya punya kewajiban untuk mengusahakan rezeki itu. Sebab, kita baru tahu berapa kadar rezeki dari apa yang sudah kita usahakan.

Karena kewajiban itu, kadang ada perasaan rezeki yang kita dapat kecil, Bahkan terasa begitu seret.

Dalam kondisi ini, sebenarnya kita tidak dibuat sulit. Hanya Allah memberikan rezeki sesuai kadar kebutuhan kita.

Nah, setelah berusaha, agar pintu rezeki terbuka lebar, sangat dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dan tertuang dalam hadis diriwayatkan Imam Ibnu Majah.

1 dari 5 halaman

Doa Membuka Pintu Rezeki

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni as aluka 'ilman nafi'an wa rizqon thoyyiban wa 'amalan mutaqobbala.

Artinya,

" Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima."

Sumber: Rumaysho.

2 dari 5 halaman

Doa Agar Rezeki Mengalir Tanpa Hambatan

Dream - Tugas seorang Muslim adalah menjemput rezeki yang halal dengan cara-cara yang baik dan sesuai syariat. Kita memulai aktivitas mencari nafkah untuk keluarga ataupun diri sendiri dengan membaca doa.

Mencari rezeki bisa dilakukan dengan bekerja maupun berusaha. Sedangkan intinya adalah mengerahkan kemampuan diri demi mendapatkan rezeki tersebut.

Khusus untuk rezeki berupa materi, ada kalanya kita mungkin merasa memiliki batas mendapatkannya. Ketika kita sedang membutuhkan, ternyata materi itu tak ada dalam genggaman.

Di kalangan manusia, hal ini merupakan wajar meski Allah sebenarnya tidak memberikan batasan dalam memberikan rezeki. Ini terjadi karena kita sebagai makhluk memiliki keterbatasan.

Tentu kurang nyaman jika sampai mengalami hambatan dalam mendapatkan rezeki. Belum lagi jika dihadapkan pada kondisi yang mendesak.

Agar rezeki yang kita terima terus mengalir tanpa hambatan, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 27.

3 dari 5 halaman

Doa Rezeki Mengalir Tanpa Hambatan

تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Tulijul laila fin nahari wa tulijun nahara fil lail, wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi, wa tarzuqu man tasyau bighairi hisab.

Artinya,

" Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Ucapkan Doa Diberi Kelancaran Rezeki Ini Usai Sholat Fardlu

Dream - Setiap hari kita membutuhkan rezeki. Bentuknya berbagai macam mulai dari rezeki tanpa usaha hingga membutuhkan usaha. Terlebih di saat merasa kekurangan kita akan sering memanjatkan doa agar diberikan kecukupan rezeki.

Kebutuhan akan rezeki akan kita rasakan seumur hidup. Tidak sedetikpun kita tidak butuh rezeki.

Dari sekian banyak rezeki, kita sering meminta rezeki berupa materi karena dianggap bisa mencukupi kebutuhan hidup. Dengan harapan bisa berbagi dengan sesama.

Keinginan yang diharapkan semua orang adalah mendapatkan rezeki materi yang dapat mendatangkan berkah dengan mengucapkan doa setiap hari..

Untuk mendapatkan rezeki dengan lancar, dianjurkan membaca doa ini usai sholat fardlu.

 

5 dari 5 halaman

Doa Rezeki

يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar