Mengapa Susunan Huruf Keyboard Tak Berurutan?

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 21 Juni 2015 13:00
Mengapa Susunan Huruf Keyboard Tak Berurutan?
Saat melihat keyboard, beberapa di antara kita pasti bertanya-tanya, mengapa susunan huruf tidak berurutan. A hingga Z. Mengapa harus disusun "berserakan" alias QWERTY.

Dream - Saat melihat keyboard, beberapa di antara kita pasti bertanya-tanya, mengapa susunan huruf tidak berurutan. A hingga Z. Mengapa harus disusun " berserakan" alias QWERTY.

Oleh karena itu, ada baiknya kita membuka kembali catatan tentang sejarah pembuatan keyboard. Pertama kali, keyboard dibuat oleh Christopher Latham Sholes. Kala tarikh 1868 itu keyboard masih terpasang pada mesin ketik sederhana saja.

Saat itu, Sholes membuat huruf-huruf pada keyboard secara berurutan, mulai A hingga Z. Dengan susunan itu, proses pengetikan memang bisa lebih cepat. Namun Sholes justru melihat sejumlah kekurangan. Kecepatan mengetik itu justru membuat keyboard yang dibuat kala itu cepat rusak.

Oleh karena itu, Sholes berharap untuk mendapatkan perhatian akan kelemahan keyboard dari yang ia temukan, supaya ada perbaikan atau perbaruan kedepannya.

Bagaimana susunan huruf itu diubah? Siapa pula yang mengubah susunan itu? Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar