Mengenal Sertu Huswatun, Petinju Wanita Anggota Kowad TNI

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 4 Juni 2021 13:00
Mengenal Sertu Huswatun, Petinju Wanita Anggota Kowad TNI
Sertu (K) Huswatun Hasanah membawa nama baik Tanah Air ke kancah dunia.

Dream - Sertu (K) Huswatun Hasanah. Dialah anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) TNI yang mampu mengharumkan nama baik Indonesia.

Petinju asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama asal Indonesia yang berhasil bertanding di final ASBC Eltire Boxing Championship.

Pada 2018, Huswatun Hanasah yang masih berpangkat Sersan Dua (Serda) berhasil meraih medali perunggu cabang olahraga tinju kelas 60 kg putri.

1 dari 4 halaman

Terima Penghargaan dari KSAD

Prestasi itu menjadi catatan sejarah baru. Sebab menjadi capaian terbaik yang pernah diraih oleh Tinju Putri Indonesia, sejak bergulirnya ajang olahraga Asian Games.

Kala itu, ia menerima penghargaan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono. Penghargaan tersebut menjadi bentuk wujud komitmen TNI AD dalam tugas khusus sebagai atlet. Ia berhasil mengharumkan nama bangsa dan patut diapresiasi.

Selain penghargaan, Huswatun juga mendapatkan hadiah lain berupa sepeda motor dan mampu menjadi penambah semangat.

2 dari 4 halaman

Kalahkan Petinju Filipina

Sersan Satu Huswatun masuk babak semi final pada kejuaraan tinju Asian Elite Boxing Championships, usai mengalahkan Maricel Sela Torre, pada Selasa 25 Mei 2021.

Pertandingan berlangsung sengit dan apik selama sekitar 15 menit. Petinju wanita asal Filipina itu mampu dikalahkan telak oleh Huswatun.

Ketua Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) NTB Ahmad Rizal, berharap lebih pada Huswatun. Jenderal Bintang Satu itu juga memilihnya untuk mewakili Indonesia di ajang SEA Games.

3 dari 4 halaman

Raih Medali Perak

Sertu Huswatun Hasanah© tniad.mil.id

Sayangnya Sertu Huswatun harus tumbang di tangan petinju wanita asal Kazakhstan, Rimma Volosenko.

Wanita kelahiran 1998 asal Kopang Lombok Tengah itu akhirnya meraih medali perak pada final ASBC Elite Boxing Championships.

" Iya, kalah kita. Tapi Alhamdulillah Huswatun Hasanah tetap meraih medali perak untuk Indonesia," ujar Kapten Inf Jamuhur dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Darat, Selasa 1 Juni 2021.

 

 

4 dari 4 halaman

Banjir Pujian

Potret Sertu Huswatun kemudian dibagikan di laman akun Instagram resmi @tni_angkatan_darat dan langsung banjir pujian warganet.

 

Selain itu, pencapaiannya ke babak final juga mengundang kekaguman dari Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

" Jadi kejuaraan tinju di Dubai, Uni Emirat Arab ini juga sebagai ajang untuk menambah pengalaman sekaligus try out bagi Atun (panggilan akrab Huswatun) menghadapi SEA Games di Vietnam nanti," kata Ahmad seperti dikutip dari laman tniad.mil.id, Senin 31 Mei 2021.

Sumber: merdeka.com

 

Beri Komentar