Mengenang Momen Ngabuburit dan Buka Puasa Sejumlah Masjid di Indonesia

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 30 April 2021 19:01
Mengenang Momen Ngabuburit dan Buka Puasa Sejumlah Masjid di Indonesia
Adakah masjid favorit kamu?

Dream - Kala pandemi belum hadir, momen ngabuburit dan buka puasa di masjid selalu masuk jadwal di salah satu hari selama bulan Ramadan

Hayoo siapa yang sering banget nih absen ke masjid buat ngabuburit dan buka puasa bareng teman-teman sekolah, kampus, atau komunitas?

Namun, ketika pandemi hadir sejak 2020 lalu. Rutinitas itu pun berhenti sejenak hingga Ramadan 2021 Pemerinta membatasi umat Muslim mengadakan kegiatan apa pun di masjid guna meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Meski demikian, guna menyegarkan pikiran kembali. Mending kita simak yuk beberapa keindahan dan keunikan masjid yang ada di Indonesia.

Ada masjid favoritmu nggak?

1 dari 4 halaman

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Kota Padang dikenal sebagai kota yang bersahaja dan ramah bagi para traveler. Popularitasnya bukan hanya sebagai kota dengan sunset yang sangat indah, tapi juga salah satu destinasi wisata religi terbaik di Indonesia.

Masjid Raya Sumatera Barat menjadi buktinya. Berdiri megah dengan arstitektur yang cukup unik. Tak seperti kebanyakan masjid yang menggunakan kubah, atap Masjid Raya Sumatera Barat didesain dengan inspirasi Rumah Gadang.

Layaknya rumah adat khas Minangkabau, atap masjid tersebut juga memiliki empat sudut yang meruncing. Selain itu Masjid Raya ini juga didesain agar tahan gempa mengingat daerah Sumbar sering diguncang oleh gempa, baik berskala sedang maupun besar.

2 dari 4 halaman

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Hampir setiap kota besar Indonesia memiliki Masjid Agung, termasuk Semarang. Tapi masjid di Kota Lumpia ini punya keunikan tersendiri, yaitu gaya arsitektur yang lebih modern dibandingkan masjid-masjid lainnya di Indonesia.

Apalagi ada payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Sebagai catatan, setiap bulan puasa di Masjid Agung Semarang biasanya ada Dugderan.

Sebuah tradisi masyarakat Semarang dalam menyambut bulan penuh ampunan. Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan Kota Semarang melalui Menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Apalagi menara setinggi 19 lantai tersebut juga menyediakan teropong pandang.

3 dari 4 halaman

Masjid Raya Kubah Emas, Depok

Kalau belum ada waktu untuk mengunjungi destinasi-destinasi masjid di tempat yang jauh, datang saja ke Masjid Raya Kubah Emas, Depok, Jawa Barat.

Terletak di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, masjid ini memesona setiap pendatangnya dengan gaya arsitektur Timur Tengah yang sangat kental.

Saat cuaca cerah, memandang masjid ini sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba bakal memberikan pengalaman yang damai dan menenangkan hati.

Masjid Al-Irsyad, Bandung

Bandung itu indah dan penuh dengan atraksi wisata. Tapi begitu sore mulai menjelang dan waktu berbuka puasa kian dekat, datanglah ke Masjid Al-Irsyad.

Jangan heran kalau begitu banyak orang yang datang di tempat ini untuk ngabuburit karena masjid Al-Irsyad juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata Bandung.

Keunikannya ada pada bentuk bangunan yang menyerupai kubus. Dikombinasi dengan gaya minimalis modern, bikin makin betah berlama-lama memandangi masjid yang juga terinspirasi oleh Kakbah ini.

4 dari 4 halaman

Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal merupakan masjid legendaris yang dimiliki Indonesia. Nggak hanya memiliki bangunan super megah dan bisa menampung hingga kurang lebih 200.000 jamaah, tapi juga menjadi tempat beribadahnya para kepala negara yang pernah memimpin Indonesia.

Apalagi ada banyak kegiatan menarik yang kerap dihadirkan saat bulan Ramadan di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Jadi, bakal membuat kegiatan selama bulan puasa menjadi lebih maksimal.

Ngabuburit sambil mengunjungi masjid-masjid berarsitektur unik dan megah di berbagai penjuru Tanah Air bakal bikin perjalanan kamu makin berarti. Nggak hanya mengusir jenuh, tapi juga bikin hati jadi lebih adem dan makin nyaman menjalankan ibadah puasa.

Beri Komentar