Dianjurkan Berpuasa Sunah, Ini Doa Niat Puasa Rajab

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Februari 2020 06:01
Dianjurkan Berpuasa Sunah, Ini Doa Niat Puasa Rajab
Puasa sunah bisa jadi salah satu amalan meraih kemuliaan Rajab.

Dream - Umat Islam dianjurkan memuliakan bulan Rajab dengan memperbanyak amalan shaleh. Rajab selama ini memang dikenal sebagai bulan mulia selain Ramadan.

Kemuliaan Rajab juga dianjurkan dijaga dengan menjauhi perbuatan maksiat. Meskipun perbuatan ini memang sudah seharusnya tak dilakukan di bulan apapun.

Ada banyak amalan shaleh yang bisa kita lakukan sepanjang Rajab. Mulai dari ibadah seperti memperbanyak sholat sunah, puasa sunah, maupun dengan amalan seperti sedekah.

Sebenarnya, tidak ada kekhususan untuk menjalankan puasa Rajab. Meski begitu, amalan ibadah tersebut bisa dilakukan dengan puasa sunah biasa seperti ayyamul bidh, puasa 10 hari pertama, puasa Daud, puasa Senin dan Kamis, dan lain sebagainya.

Tetapi karena dijalankan di bulan Rajab, tentu mengandung keutamaan tersendiri. Mengingat Rajab merupakan waktu tersebarnya rahmat Allah SWT.

Ketika hendak berpuasa sunah, maka yang harus dilakukan adalah berniat. Lafal niat bisa diucapkan baik malam hari sebelumnya maupun siang hari usai Subuh karena hukum puasanya adalah sunah.

1 dari 4 halaman

Niat Puasa Rajab Sebelum Subuh

 Niat Puasa Rajab Malam Hari© Dream.co.id

Nawaitu shouma ghadin ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya,

" Aku berniat puasa sunah Rajab besok hari karena Allah Ta’ala."

 

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Rajab Siang Hari

 Niat Puasa Rajab Siang Hari© Dream.co.id

Nawaitu shouma hazal yaumi ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya,

" Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala."

3 dari 4 halaman

Doa Awal Rajab Untuk Meraih Keberkahan

Dream - Rajab telah hadir menyapa kita. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk menambah catatan ibadah dan amal shaleh.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan mulia di luar Ramadan. Di bulan ini, ada banyak rahmat Allah tersebar di muka bumi.

Dalam urutan kalender Hijriah, Rajab menduduki urutan ke tujuh. Dua bulan setelahnya, umat Islam menyambut datangnya Ramadan.

Sepanjang Rajab, kita dianjurkan untuk tidak mendekati amalan-amalan yang merusak kesuciannya. Terutama, kita diharuskan untuk menghindari segala bentuk kemaksiatan.

Ketika awal Rajab tiba, dianjurkan untuk membaca doa ini.

 

4 dari 4 halaman

Doa Awal Rajab

 Doa Awal Rajab© Dream.co.id

Ilahi ta'arradla laka fi hadzihil lailatil muta'arridlun wa qoshadaka fihil qoshiduna wa ammala fadllaka wa ma'rufakat tholibun wa laka fi hadzihil lailati nafahatun wa jawa-izun wa 'athoya wa mawahibun, tamunnu biha 'ala man tasya-u min 'ibadika wa tamna'uha mimman lam tasbiq lahul 'inayatu minka, wa ha ana 'abdukal faqiru ilaikal muammilu fadllaka wa ma'rufaka fain kunta ya maulaya tafadldlalta fi hadzihil lailati 'ala ahadin min kholqika wa jutta 'alaihi bi 'a-datin min 'athfika, fa sholli 'ala muhammadin wa alihi wa jud 'alayya bi thoulika wa ma'rufika ya rabbal 'alamin.

Artinya,

" Wahai Tuhanku, pada malam ini orang-orang yang berpaling (dari rahmat-Mu) telah berpaling, orang-orang yang mempunyai tujuan telah datang (pada-Mu), dan para pencari telah mengharap anugerah dan kebaikan-Mu. Pada malam ini, Engkau mempunyai tiupan rahmat, piagam-piagam penghargaan, aneka macam pemberian dan anugerah. Engkau berikan semua itu terhadap hamba-hamba-Mu yang Engkau kehendaki. Dan Engkau tidak memberikannya terhadap orang yang tidak memperoleh pertolongan dari-Mu. Inilah aku, hamba-Mu yang sangat berharap pada-Mu, berharap anugerah dan kebaikan-Mu. Apabila Engkau, wahai Tuan kami, telah mengemukakan anugerah-Mu di malam ini terhadap seseorang dari makhluk-Mu, dan Engkau berikan kebaikan padanya dengan berbagai sambungan kelembutan-Mu, maka anugerahkan rahmat atas Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya. Berikanlah padaku kekayaan dan kebaikan-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin