Geger Crosshijaber, Ini Pandangan Islam Soal Pria Berpenampilan Wanita

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 17 Oktober 2019 16:01
Geger Crosshijaber, Ini Pandangan Islam Soal Pria Berpenampilan Wanita
Komunitas ini membuat geger umat Islam.

Dream - Beberapa hari belakangan masyarakat dihebohkan dengan viralnya komunitas crosshijabers. Para pelakunya dengan leluasa masuk ke dalam shaf wanita hingga berkerumun bersama mereka.

Yang lebih mengejutkan, mereka bisa masuk ke dalam area terlarang bagi pria seperti toilet dan tempat wudhu wanita. Bahkan mereka turut pula menggunakan fasilitas tersebut selaiknya kaum hawa.

Crosshijaber adalah sekelompok pria yang suka memakai pakaian wanita berupa hijab syar'i dan niqab. Belum diketahui apa yang menjadi motif para pelaku.

Laman NU Online, melaporkan terdapat dua kemungkinan motif pelaku Crosshijaber ini yaitu penyakit kejiwaan atau ada unsur kejahatan.

Kedua motif tersebut bisa saja muncul mengingat crosshijabers yang terlacak di media sosial kebanyakan menggunakan niqab. Bisa jadi seseorang terdorong untuk melakukan kejahatan seperti pelecehan seksual atau sebagainya karena wajahnya bisa tertutup dengan sempurna.

Sedangkan motif kedua yang bisa muncul yaitu penyakit kejiwaan. Ada kecenderungan para pria itu menyukai mengenakan pakaian ataupun berdandan seperti wanita, yang bisa mendorong ke arah transgender.

1 dari 6 halaman

Tinjauan Fikih

Dari sudut pandang fikih, kasus ini bisa digolongkan dalam perbuatan menyerupai lawan jenis. Jumhur ulama sepakat menyerupai lawan jenis, baik dengan berdandan ataupun memakai pakaian dan perhiasan merupakan perbuatan yang diharamkan.

Dasar pengharaman tersebut adalah hadis riwayat Umam Bukhari.

Rasulullah Muhammad SAW melaknati laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.

At Thabari menjelaskan secara tegas makna hadis tersebut. Penjelasan itu dikutip Ibnu Bathal dalam kitab Syarah Shahih Bukhari.

" Menurut At Thabary, dalam pokok bahasan ini, ada sebuah pemahaman bahwa laki-laki tidak boleh menyerupai kaum perempuan dalam persoalan pakaian dan perhiasan yang secara khusus dipergunakan oleh kaum hawa. Hal yang sama berlaku juga sebaliknya, perempuan tidak boleh menyerupai laki-laki."

 

2 dari 6 halaman

Standar Keumuman Berpakaian

Pandangan ini menyebutkan unsur yang dilaknat oleh Rasulullah berkaitan dengan pakaian dan perhiasan yang menjadi kebiasaan lawan jenis. Patokan yang digunakan adalah pandangan masyarakat mengenai kelaziman pria atau wanita dalam berpakaian.

Secara lebih jelas, hal ini disebutkan dalam Bughyatul Mustarsyidin.

" Seseorang yang berhias dengan perhiasan yang dikhususkan untuk lawan jenisnya, atau yang umum diperuntukkan untuk lawan jenisnya di tempat keduanya tinggal."

Penjelasan ini mengindikasikan laknat Rasulullah berlaku untuk semua dasar penggunaan pakaian dan perhiasan lawan jenis meskipun tidak ada niat menyakiti orang lain. Sehingga, tindakan para crosshijabers apapun motivasinya merupakan perbuatan haram.

Sumber: NU Online

3 dari 6 halaman

Doa Saat Jiwa Mengalami Depresi

Dream - Setiap orang tentu memiliki beban hidup masing-masing. Hal itu menuntut kemampuan seseorang dalam menghadapinya.

Beban hidup sejatinya bukan untuk dihilangkan namun ditangani dengan cara tepat. Karena pada dasarnya beban dalam kehidupan justru semakin bertambah seiring meningkatnya kemampuan seseorang menghadapinya.

Namun demikian, patut kita sadari kemampuan manusia ada batasnya. Bisa jadi, lantaran tidak kuat menghadapi beban, seseorang menjadi depresi.

Jiwanya mengalami guncangan hebat akibat tekanan yang diterimanya setiap hari. Tidak sedikit kasus bunuh diri terjadi akibat depresi.

Ketika jiwa terguncang ataupun depresi, segera baca doa ini. Doa yang terdapat dalam Surat Ar Rad ayat 28 ini bisa jadi jalan untuk meredam depresi.

 

4 dari 6 halaman

Doa Redam Depresi

 Doa Depresi

Alladzina amanu watathmainnu qulubuhum bi dzikrillahi ala bi dzikrillahi tathmainnul qulubu.

Artinya:

" (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

5 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Hantaman Fitnah

Dream - Fitnah, salah satu bentuk kejahatan yang bisa melanda siapa saja. Dampaknya sangat besar pada kehidupan seseorang.

Serangan fitnah menghancurkan martabat seseorang. Bahkan sampai membuat orang tak lagi dihargai di lingkungannya.

Sejatinya, fitnah merupakan tudingan yang dialamatkan pada sosok tertentu. Niat awal pelakunya adalah untuk menjatuhkan harga diri orang lain.

Namun demikian, ada pula fitnah yang tidak dilancarkan orang. Fitnah tersebut terselubung dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa jadi, dalam suatu kebaikan ternyata ada fitnah di dalamnya. Misalkan, bersedekah namun keikhlasannya berubah lantaran pujian dari orang lain.

Agar terhindar dari segala macam fitnah ini, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam riwayat Imam Bukhari dari Abu Mulaikah.

 

6 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Fitnah

 Doa Diajuhkan dari Fitnah

Allahumma inna na’udzu bika an narji'a 'ala a'qobina wa nuftatanu.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbalik ke belakang atau terkena hantaman fitnah."

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone