Menutup Wudhu dengan Minum Air, Ternyata Ada Manfaatnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 24 November 2018 18:01
Menutup Wudhu dengan Minum Air, Ternyata Ada Manfaatnya
Selama ini, kita mungkin sering menyeka wajah dengan tangan atau kain usai wudhu.

Dream - Berwudhu lazim dipahami sebagai amalan yang wajib dilakukan semua Muslim sebelum sholat ataupun membaca Alquran. Amalan ini sudah menjadi kebiasaan untuk menghilangkan hadas sehingga tubuh menjadi suci.

Tetapi, mungkin ada yang tidak mengetahui ada anjuran untuk mengakhiri wudhu dengan meminum air. Air yang dimaksud adalah sisa wudhu kita.

Kita cenderung menyeka air wudhu di wajah baik dengan tangan maupun kain. Kita sama sekali tidak meminumnya.

Dikutip dari Islami, meminum air sisa wudhu ternyata merupakan kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabat. Sahabat paling sering melakukannya adalah Ali bin Abi Thalib RA.

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Imam Nasai.

Abu Hayyah bercerita, " Aku pernah melihat Ali-semoha Allah meridhainya- berwudlu dengan masing-masing tiga kali. Kemudian berdiri dan meminum air sisa wudhunya. Lalu dia berkata, 'Rasulullah SAW melakukan seperti yang aku lakukan sekarang'."

1 dari 1 halaman

Ini Manfaatnya

Terkandung manfaat di balik amalan meminum sisa air wudhu. Amalan ini bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Hal ini tercantum dalam hadis riwayat Al Dailami dari Abu Umamah RA.

Rasulullah SAW bersabda, " Minum dari sisa air wudhu orang mukmin bisa menyembuhkan dari tujuh puluh penyakit. Yang paling ringan adalah kesedihan."

Ada pula sahabat yang sembuh karena sisa air wudhu Rasulullah SAW. Sahabat tersebut adalah Jabir RA, seperti tertuang dalam hadis riwayat An Nasai.

" Suatu saat aku sakit. Kemudian Rasulullah SAW dan Abu Bakar datang menjengukku dan keduanya mendapati diriku pingsan, maka beliau berwudhu dan air sisa wudhunya disiramkan kepadaku."

Sumber: Islami.co

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone