Doa Meraih Berkah dari Makan dan Minum Seperti Diajarkan Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 Oktober 2021 20:00
Doa Meraih Berkah dari Makan dan Minum Seperti Diajarkan Rasulullah
Makan dan minum tidak sekadar sumber energi, tapi bisa jadi sarana meraih berkah.

Dream - Makanan dan minuman adalah sumber energi bagi tubuh kita. Selain menjadi kenyang, setiap asupan sehat yang masuk dalam perut membawa beragam zat untuk kebutuhan tumbuh kembang kita.

Tapi lebih dari itu, makanan dan minuman adalah karunia Allah. Diberikan Allah kepada para hamba-Nya agar bisa terus beraktivitas. Sudah sewajarnya kita senantiasa mengucapkan doa syukur atas nikmat yang diterima hampir setiap detik dalam kehidupan ini.    

Dengan perut kenyang, kita bisa terus bekerja. Juga terus memperbanyak amalan shaleh. Selain itu, terus bertobat dari segala kesalahan. Sehingga catatan pahala jadi berat demi kehidupan akhirat kita.

Agar senantiasa mendapatkan berkah dari makan dan minum yang dilakukan setiap hari, maka dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri.

 

1 dari 5 halaman

Doa Berkah Makan dan Minum

الحمد لله الذي أطعمنا وسقانا وجعلنا مسلمين

Alhamdulillahil ladzi ath'amana wa saqona waj'alana muslimin.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang sudah memberi kami makan, minum, dan menjadikan kami orang-orang muslim."

Sumber: Islami.co.

2 dari 5 halaman

Terlanjur Santap Makanan yang Diragukan Kehalalannya, Segera Baca Doa Ini

Dream - Semua umat Islam menyadari jika makanan apapun yang masuk ke dalam perutnya harus berasal dari sumber dan proses yang halal. Makanan ini harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh syariat seperti hewan yang mati karena disembelih atau hewan laut.

Namun demikian, sebuah makanan tidak hanya terdiri dari satu unsur seperti daging ayam, sapi, kambing, atau ikan. Banyak unsur yang membentuk makanan, terutama bumbu.

Terkadang kita dihadapkan pada posisi dilema ketika menemukan makanan halal namun meragukan. Ini bisa terjadi disebabkan penggunaan bumbu yang terdapat unsur tidak halal seperti arak masak.

Keraguan akan muncul dalam diri kita ketika akan menyantap makanan tersebut. Dengan beragam alasan, kita pun terpaksa menyantap makanan yang dihukumi syubhat tersebut.

Jika kehalalan makanan syubhat tersebut terlanjut dimakan, ucapkan doa di bawah ini agar tidak menimbulkan dampak buruk.

 

3 dari 5 halaman

Doa Kadung Makan Makanan Syubhat

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ اَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ لَنَا قُوَّةً عَلَى مَعْصِيَتِكَ

Alhamdulillahi 'ala kulli khalin. Allahumma la taj'alhu lana quwwatan 'ala ma'shiatika.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah atas segala hal. Ya Allah, jangan jadikan makanan ini pada kami sebagai kekuatan untuk bermaksiat kepada-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Menikmati Secangkir Kopi Untuk Raih Berkah

Dream - Kopi tak sekadar minuman namun sudah mulai menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat Indonesia. Meski sebagai lifestyle, tak ada salahnya Sahabat Dream tetap membaca doa makan dan minum ketika sedang menikmati secangkit minuman kopi.

Kopi sudah lama dikenal sebagai minuman yang mendatangkan kesegaran. Minuman ini dipercaya dapat memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

Penikmat kopi ternyata tidak terbatas sekat. Status sosial seperti terabaikan jika bicara soal kebiasaan kopi.

Bahkan banyak ulama dunia yang juga mengonsumsi kopi. Bagi mereka, kopi membantu terjaga ketika sedang sibuk dengan urusan ilmu maupun ibadah.

Karena manfaatnya yang cukup besar, maka dianjurkan membaca doa ini saat menikmati secangkir kopi. Dengan doa ini, kita memohon keberkahan dari Allah melalui kopi yang dinikmati.

 

5 dari 5 halaman

Doa Minum Kopi

اللهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدنى وشفاء لقلبي ودواء لكل داء, ياقوى يامتين

Allahumma aj'alha nuran libashari Wa 'afiyatan libadani wa syifaa li qalbi wa dawaan li kulli dai, ya qowiyyu ya matinu.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah kopi ini minuman sebagai cahaya untuk penglihatanku, dan jadikanlah kesehatan untuk tubuhku, dan jadikanlah obat penyembuh untuk penyakit hati, dan jadikanlah kopi sebagai obat dari segala bentuk penyakit yang menimpaku, Wahai Dzat Yang Maha Kuat."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar