Miris Banget, Begini 8 Curhatan Kurir Paket COD Akibat Ulah Customer

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 1 Juni 2021 12:00
Miris Banget, Begini 8 Curhatan Kurir Paket COD Akibat Ulah Customer
Ada yang tega bayarnya pake uang palsu.

Dream – Sistem Cash on Delivery (COD) menjadi salah satu layanan yang disediakan oleh pihak online shop untuk memudahkan para customer. Apalagi untuk customer yang tidak memiliki e-wallet atau rumahnya jauh dari ATM. Sistem ini pastinya membantu sekali karena bisa langsung dibayar dengan uang cash pada kurir yang mengantar.

Namun, meskipun tampak mudah dan simpel, tapi sistem COD pada nyatanya mendatangkan kesulitan tersendiri bagi para kurirnya. Kesulitan tersebut pun kerap kali merugikan para kurir yang jika kita bayangkan sangatlah miris. Di mana mereka sudah menggunakan waktu, tenaga, bensin, dan harus panas-panasan di jalan, lalu setelah mengantar paket masih dipertemukan dengan cobaan yang membuat kesal sendiri.

Ada berbagai kasus yang biasanya dialami oleh kurir COD. Misalnya saja customer yang tiba-tiba berdalih kalau ia tidak belanja. Lalu customer yang seenaknya sendiri membuka paket padahal belum dibayar. Dan tak sedikit dari customer yang komplain tentang kondisi barang pada kurir.

Berikut adalah beberapa curhatan kurir tentang paketan COD yang dihimpun melalui Brilio.net dan akun Twitter @txtdrikurir.

1 dari 8 halaman

Pake Alibinya Udah Umum Banget

Alibi yang Udah Umum© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Ini nih salah satu curhatan kurir COD yang kalau dipikir-pikir, ini alibi udah umum banget dipakai tiap pembeli online. Di mana alesannya si kurir suruh nunggu sebentar karena mau telp anaknya dulu. Seolah anaknya yang pesan barang tersebut.

COD oh COD… sebenatr mas sy coba telp anakny dulu. Disetiap paket COD …. piye toh iki,” tulis kurir tersebut.

2 dari 8 halaman

Jangan Lupa Siapkan Uang Dulu Biar Nggak Ngrepotin

Mau COD Tapi Tidak Menyiapkan Uang© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Kalau memang berniat memesan barang melalui online shop dan menggunakan sistem COD. Pastikan ya kamu menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan. Salah satunya yang penting adalah uang. Kalau uang siap kan nggak ngrepotin kurirnya kayak gini.

COD oh COD….. minta di kirim cepet lahhh ko duity gk di tinggalin,kan ada notifikasinya mbk, mas, pak, bu… Lelah rasanya…,” curhat si kurir.

3 dari 8 halaman

Kalau Mau Bayar, Uangnya Harus Layak

Membayar dengan Uang Tidak Layak© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Saat memesan barang dan menggunakan layanan COD, selain menyiapkan uangnya kamu juga harus menyiapkan uang yang layak. Kan ada tuh… uang kertas yang udah sobek, bahkan sobekannya ada yang hilang entah kemana. Jadi, pastikan sebelum membayar uangnya benar-benar layak ya, sahabat Dream. Biar nggak ngerugiin bapak kurirnya.

4 dari 8 halaman

Mau Beli Barang ya Harus Punya Uang

Mau Beli Barang Harus Punya Uang© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Namanya beli barang, pasti harus mengeluarkan biayanya dong. Jangan asal pilih barang lewat online aja, terus order dan pilih layanan COD, tapi uang nya nggak ada. Kasihan kurirnya yang udah nganter. Mereka juga butuh pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari lho…

5 dari 8 halaman

Buka Barangnya Setelah Dibayar ya..

Buka Barang Sebelum Dibayar© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Salah satu SOP COD adalah tidak boleh membuka barang sebelum dibayar. SOP ini harus dipatuhi. Tapi masih saja ada yang membuka barangnya sebelum membayar dengan niat melihat kondisi barang. Inilah yang terjadi pada seorang kurir, di mana paket yang diantar sudah dibuka duluan. Padahal nganterin pakatnya perjuangan banget.

6 dari 8 halaman

Seorang Kakak Merasakan Kesulitan Adiknya yang Jadi Kurir

Curhatan Kakak yang Adiknya Menjadi Kurir© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Ini nih satu lagi curhatan dari seorang kakak yang adiknya menjadi kurir. Dalam kasus ini, ada seorang customer tidak bertanggung jawab yang membuka paketnya. Lalu sang adik pun harus mengantarkan 37 paket. Seharusnya jika ingin komplain tentang kondisi barang bukan pada kurirnya, tetapi pada seller-nya.

7 dari 8 halaman

Komplain Barang Jangan Sama Kurir

Komplain Barang Sama Kurir© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Salah satu masalah yang kerap dialami kurir adalah customer yang komplain tentang kondisi barang pesanannya yang tidak sesuai pada kurir. Padaha; seharusnya customer komplainnya pada seller selaku penjual barang yang sudah dipesan. Jadi, pastikan sebelum membeli benar-benar jeli melihat seller dan barang yang akan dibeli. Apakah terpercaya atau tidak supaya tidak menyesal dan yang pasti tidak merugikan kurir.

8 dari 8 halaman

Tega Banget Bayar Pakai Uang Palsu

Membayar dengan Uang Palsu© Brilio.net/Twitter @txtdrikurir

Masih aja ada orang yang tega bayar pakai uang palsu. Coba deh dibayangin. Kurir COD itu harus nganterin barang ke banyak lokasi dan harus menerjang panas serta hujan. Itu demi memiliki pemasukan yang halal. Jadi, usaha mereka dihargai ya… Biar sama-sama enak. Customer dapat barang pesanannya, begitu pun kurir juga mendapatkan penghasilannya.

Beri Komentar