Cara Seorang Muslim Difabel Tanpa Lengan Berwudhu

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 27 November 2018 10:00
Cara Seorang Muslim Difabel Tanpa Lengan Berwudhu
Ada dua cara yang bisa dilakukan difabel tanpa lengan untuk berwudhu.

Dream - Setiap Muslim yang hendak sholat atau membaca Alquran harus memastikan dirinya suci dari hadas dan najis. Wajib hukumnya bagi Muslim untuk berwudhu jika sudah buang air kecil, buang air besar, atau buang angin.

Wudhu dilakukan dengan memenuhi rukunnya. Beberapa rukun tersebut adalah membasuh wajah, kedua tangan dan mengusap kepala.

Rukun tersebut tentu mudah dijalankan oleh Muslim dengan anggota tubuh lengkap. Tidak dengan para difabel, terutama yang tidak memiliki lengan.

Lantas, bagaimana para Muslim difabel tanpa lengan berwudhu.

Dikutip dari Bincang Syariah, tata cara wudhu untuk difabel berbeda dengan orang normal. Tentu, difabel cukup mudah melaksanakannya.

 

1 dari 1 halaman

Dua Cara Menurut Ulama

Cara pertama, cukup dengan mencelupkan anggota wudhunya ke dalam air. Bisa juga dengan menengadahkan anggota wudhu jika airnya mengalir dari kran.

Cara ini dipakai untuk seluruh anggota wudhu sampai selesai. Dalam kajian fikih sendiri, membasuh atau mengusap anggota wudhu tidak harus menggunakan tangan.

Membasuh dan mengusap anggota wudhu bisa dilakukan dengan cara apa saja. Syaratnya, air bisa mengalir dan membasahi anggota wudhu.

Hal ini seperti dijelaskan dalam kitab Al Bajuri.

" Perkataan mushannif (pengarang kitab) ghaslu (membasuh), maksudnya adalah terbasuh meskipun bukan dengan perbuatannya sendiri. Bahkan jika menyelam di dalam air kemudian niat berwudhu, maka wudhunya dinilai cukup (sah)."

Cara kedua, cukup membasuh wajah, mengusap kepala dan membasuh kaki. Cara ini juga dijelaskan dalam kitab Al Bajuri.

" Jika tidak memiliki kedua tangan, maka dia langsung mengusap kepalanya setelah membasuh wajahnya dan menyempurnakan wudhunya."

Syariat Islam tidak bertujuan untuk memberatkan umatnya. Setiap Muslim bisa melakukannya sesuai kemampuannya.

Sumber: Bincangsyariah.com

Beri Komentar
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier