Nestapa Kasir Minimarket, Baru Kerja Sehari Minus Rp300 ribu, Hari ke Dua Rp200 ribu

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 27 Oktober 2021 13:13
Nestapa Kasir Minimarket, Baru Kerja Sehari Minus Rp300 ribu, Hari ke Dua Rp200 ribu
Setiap minus yang ada maka kasir bertanggung untuk menggantinya. Hal ini tentu sangat memberatkan para kasir.

Dream - Bekerja sebagai kasir tampaknya mudah, karena 'hanya' melayani transaksi pelanggan. Akan tetapi di balik kemudahan yang dibayangkan banyak orang, pekerjaan sebagai kasir memiliki risiko yang tak bisa disepelekkan.

Bagaiamanapun juga setiap pekerjaan pasti memiliki resiko, baik kecil maupun besar. Risiko bekerja sebagai kasir bisa dikatakan tinggi, apalagi jika menyangkut keuangan.

Salah satu risiko yang penting dan kerap dialami seorang kasir adalah minus uang. Meskipun sudah bekerja keras agar keuangan tidak minus, terkadang tetap saja pada saat penghitungan terjadi minus uang.

Hal ini seperti yang dialami oleh kasir salah satu minimarket di Indonesia. Kasir ini menceritakan kisahnya ketika dirinya harus mengganti minus uang. Ia pun merasa stres karena saat akhir bulan, tentu kondisi keuangannya sedang tidak baik-baik saja.

Penasaran seperti apa kisahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Nestapa Kasir Minimarket

Kejadian minus uang memang kerap dialami oleh seseorang yang bekerja sebagai kasir. Penyebabnya pun sangat beragam, namun yang pasti setiap kasir hampir semua pernah mengalami masalah ini.

Ilustrasi© TikTok/@sherin979

Kondisi semakin memprihatinkan lantaran setiap minus yang ada maka kasir bertanggung untuk menggantinya. Hal ini tentu sangat memberatkan para kasir.

Seperti kisah yang dibagikan oleh akun TikTok @sherin979. Ia membagikan cerita risiko yang harus ditanggung sebagai kasir di salah satu minimarket waralaba.

Tampak dalam video beberapa pegawai kasir mengenakan seragam sedang duduk di lantai. Mereka terlihat letih dan lesu. Rupanya mereka sedang stress karena harus mengalami minus uang di hari pertama kerja.

2 dari 4 halaman

Stres karena Minus Uang

Minus uang yang dialamai mereka pun lumayan banyak, yaitu Rp300 ribu di hari pertama dan Rp200 ribu.

Mereka juga belum mengetahui penyebab pasti minus uang. Apalagi hal itu terjadi tepat saat tanggal tua sehingga kondisi keuangan mereka sedang tidak stabil.  Hal itulah yang membuat terlihat stres saat penghitungan uang kasir.

Ilustrasi© TikTok/@sherin979

“ Gimana gak stress coba, hari pertama minus kasiran 300.000 ribuan, hari ke 2 minus 200.000, bulan tua juga, dan belum tau penyebabnya karna apa?” tulis keterangan dalam video.

3 dari 4 halaman

Ternyata Ini Penyebabnya

Video curhatan pegawai kasir itu pun mengundang komentar netizen pengguna TikTok. Tak sedikit mereka yang membagikan pengalaman yang sama sebagai seorang kasir. Netizen pun banyak yang memberitahu beberapa kemungkinan penyebab kasir minus uang.

“ Pengalaman gw ini penyebabnya, 1. lu salah ngasih kembalian, 2. senior lu ambil barang truss ken tapi gak bayar, 3. pemegang shif ngasih modal tp lug a teliti,” tulis aak tama di kolom komentar.

“ Sabar ya lebih hati-hati lagi ngasirnya, aku juga gitu ko,” kata mutia.

“ Aku dulu pernah gini, aku selidikin ternyata kepala toko aku edit settelmen entrans, pantes aja berangkas dia trus yg pegang, akhirnya dapat bukti,” ucap Tha Tha.

“ Kalau bisa jangan kerja di retail ya kawan-kawan sumah aku mati-matian gaji dipotong mulu, aku pernah ganti sampai 1,5 juta sendiri,” kata wandi.

Beri Komentar