Keutamaan Besar di Balik Istri Sering Tersenyum ke Suami

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 Maret 2019 20:00
Keutamaan Besar di Balik Istri Sering Tersenyum ke Suami
Senyuman istri menghadirkan rahmat Allah SWT

Dream - Menampakkan wajah ceria tidak sekadar dapat membuat orang lain bahagia. Dalam Islam, wajah yang ceria dan berseri adalah salah satu keutamaan.

Meski sepele, semburat senyum yang muncul dari wajah seorang Muslim sangatlah berarti. Rasulullah Muhammad SAW bahkan berpesan sebuah senyuman mengandung kebaikan yang besar.

Hal itu tertuang dalam hadis riwayat Imam Muslim dan Tirmidzi.

Abu Dzar RA berkata, " Rasulullah SAW bersabda kepadaku, 'Kamu jangan mengecilkan kebaikan sekecil apapun, meski kau hanya menampakkan diri dengan wajah berseri di hadapan saudaramu'."

Dalam riwayat lain dari Tirmidzi, Rasulullah bahkan secara tegas menyatakan senyuman adalah sedekah. Apalagi jika disertai semangat berbagi kepada sesama.

" Dari Abu Dzar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Senyummu di hadapan saudaramu bernilai pahala sedekah bagimu'."

1 dari 1 halaman

Rahmat Allah SWT

Dikutip dari NU Online, senyum seseorang pada saudaranya sangat berarti. Apalagi jika seorang istri tersenyum kepada suaminya, tentu mengandung banyak keutamaan.

Syeikh An Nawawi Al Bantani dalam kitabnya Uqudul Lujain fi Bayani Huquqiz Zaujain mengatakan seorang istri sangat dianjurkan selalu menampakkan senyum kepada suaminya.

Hal ini seperti pesan Rasulullah SAW kepada putrinya, Sayyidah Fatimah Az Zahra.

" Wahai Fatimah, tiada seorang istri yang tersenyum di hadapan suaminya kecuali Allah memandangnya dengan pandangan kasih (rahmat)."

Senyuman istri di hadapan suami maupun sebaliknya dapat memupuk rasa kasih sayang di antara keduanya. Selain itu, rahmat Allah hadir dan semakin mengharmoniskan hubungan rumah tangga.

Sumber: NU Online

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri