Pengertian Bersyukur dan Ayat Pendek tentang Bersyukur dalam Al-Quran yang Penting Diketahui

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 27 April 2022 12:45
Pengertian Bersyukur dan Ayat Pendek tentang Bersyukur dalam Al-Quran yang Penting Diketahui
Bersyukur adalah bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT.

Dream – Bersyukur menjadi hal yang sudah sering kita dengar. Bahkan dari berbagai ceramah dan nasihat-nasihat yang diberikan, kata bersyukur tak pernah ketinggalan untuk mengingatkan kepada setiap orang. Ya, hal ini karena bersyukur meski tampak sederhana, namun menjadi sangat penting jika benar-benar bisa dterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan diri sendiri untuk bisa bersyukur tidaklah bisa dikatakan mudah. Hal ini bukan hanya mengandalkan lisan yang berkata bahwa “ aku bersyukur”, melainkan juga mengandalkan hati yang tulus serta ikhlas.

Ada banyak sekali ayat pendek di dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang bersyukur. Ayat-ayat tersebut menyimpan makna yang cukup dalam jika sahabat Dream mencoba untuk merenunginya. Salah satu ayat pendek tentang bersyukur yang cukup populer adalah surat Ibrahim ayat 7 sebagai berikut:

وَاِذْتَاَذَّنَرَبُّكُمْلَىِٕنْشَكَرْتُمْلَاَزِيْدَنَّكُمْوَلَىِٕنْكَفَرْتُمْاِنَّعَذَابِيْلَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “ Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7).

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang bersyukur dan beberapa ayat pendek tentang bersyukur sebagaimana dirangkum Dream melalui islam.nu.or.id dan islampos.com.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Syukur?

Pengertian syukur© Shutterstock.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), syukur adalah rasa terima kasih kepada Allah SWT.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, hakihat dari syukur dijelaskan dalam al-Qusyairi sebagai berikut:

حقيقةالشكرعندأهلالتحقيقالاعترافبنعمةالمنعمعلىوجهالخضوع

Artinya: Hakikat syukur menurut ahli hakikat adalah pengakuan atas nikmat Allah, Zat pemberi nikmat, dengan jalan ketundukan,”

Selain itu, hakikat dari bersyukur juga bisa diartikan sebagai bentuk pujian pada orang yang sudah berbuat baik dengan menyebutkan kebaikannya. Jadi, syukurnya seorang hamba kepada Allah SWT adalah berupa pujian yang ditujukan pada Allah SWT dengan menyebutkan kebaikan-Nya. Sedangkan syukur Allah SWT adalah dengan memberikan pujian yang menyebutkan hamba-Nya.

Kebaikan yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Allah SWT misalnya saja berupa ketaatan. Sedangkan kebaikan Allah SWT kepada hamba-Nya adalah dengan memberikan nikmat yang berupa taufik dan hidayah.

Menurut Abu Ustman, syukur adalah menyadari keterbatasan kita untuk bersyukur. Selain itu, ulama yang lain pun menambahkan bahwa syukur karena bisa bersyukur adalah bentuk nikmat yang sangat sempurna dari sekadar mensyukuri nikmat karena kita sadar bahwa tanpa taufik dari Allah SWT kita tidaklah bisa bersyukur.

2 dari 3 halaman

Ayat Pendek tentang Bersyukur

Ayat Pendek tentang Bersyukur© Unsplash.com

Di dalam Al-Quran ada banyak sekali ayat pendek yang menjelaskan tentang bersyukur. Berikut adalah beberapa ayat pendek tersebut yang penting sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari islampos.com:

Surat Al-Baqarah Ayat 152

فَاذْكُرُوْنِيْٓاَذْكُرْكُمْوَاشْكُرُوْالِيْوَلَاتَكْفُرُوْنِࣖ

Artinya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152).

Surat Al-Baqarah Ayat 172 

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاكُلُوْامِنْطَيِّبٰتِمَارَزَقْنٰكُمْوَاشْكُرُوْالِلّٰهِاِنْكُنْتُمْاِيَّاهُتَعْبُدُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. Al-Baqarah: 172).

Surat An-Nahl Ayat 114

فَكُلُوْامِمَّارَزَقَكُمُاللّٰهُحَلٰلًاطَيِّبًاۖوَّاشْكُرُوْانِعْمَتَاللّٰهِاِنْكُنْتُمْاِيَّاهُتَعْبُدُوْنَ

Artinya: Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. An-Nahl: 114).

Surat Luqman Ayat 12 

وَلَقَدْاٰتَيْنَالُقْمٰنَالْحِكْمَةَاَنِاشْكُرْلِلّٰهِۗوَمَنْيَّشْكُرْفَاِنَّمَايَشْكُرُلِنَفْسِهٖۚوَمَنْكَفَرَفَاِنَّاللّٰهَغَنِيٌّحَمِيْدٌ

Artinya: Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12).

3 dari 3 halaman

Ayat Pendek tentang Bersyukur

Surat Luqman Ayat 14

وَوَصَّيْنَاالْاِنْسَانَبِوَالِدَيْهِۚحَمَلَتْهُاُمُّهٗوَهْنًاعَلٰىوَهْنٍوَّفِصَالُهٗفِيْعَامَيْنِاَنِاشْكُرْلِيْوَلِوَالِدَيْكَۗاِلَيَّالْمَصِيْرُ

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman: 14).

Surat Az-Zumar Ayat 66

بَلِاللّٰهَفَاعْبُدْوَكُنْمِّنَالشّٰكِرِيْنَ

Artinya: Karena itu, hendaklah Allah saja yang engkau sembah dan hendaklah engkau termasuk orang yang bersyukur.” (QS. Az-Zumar: 66).

Surat Al-A’raf Ayat 10 

وَلَقَدْمَكَّنّٰكُمْفِىالْاَرْضِوَجَعَلْنَالَكُمْفِيْهَامَعَايِشَۗقَلِيْلًامَّاتَشْكُرُوْنَࣖ

Artinya: Dan sungguh, Kami telah menempatkan kamu di bumi dan di sana Kami sediakan (sumber) penghidupan untukmu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.” (QS. Al-A’raf: 10).

Itulah penjelasan tentang pengertian bersyukur serta beberapa ayat pendek yang menjelaskan tentang bersukur di dalam Al-Quran. Semoga kita sebagai umat Islam bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena seperti janji Allah SWT, ketika kita bersyukur, maka Allah SWT akan menambah nikmat kepada kita.

Beri Komentar