Penyebab Dilakukannya Sujud Sahwi dan Bacaan Doa Sujud Sahwi yang Mudah Dihafalkan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 14 Januari 2022 16:35
Penyebab Dilakukannya Sujud Sahwi dan Bacaan Doa Sujud Sahwi yang Mudah Dihafalkan
Bacaan niat sujud sahwi bisa dilakukan sebelum atau sesudah salam.

Dream – Islam adalah agama yang tidak mempersulit umatnya. Segala permasalahan yang ada dalam agama ini, Islam selalu menawarkan jalan keluarnya, tidak terkecuali permasalahan ibadah. Salah satu ibadah yang dijalankan oleh umat Islam setiap harinya adalah sholat fardhu. Sebagai manusia, tentu ada beberapa orang yang pernah melakukan kesalahan dalam menjalankan sholat.

Nah, doa sujud sahwi bisa menjadi jalan keluar atas kesalahan dalam sholat tersebut. Dkutip dari islam.nu.or.id, sujud sahwi dianjurkan bagi umat Islam yang menjalankan sholat karena telah meninggalkan sunah ab’adh sholat atau karena sudah ragu tentang sudah atau belumnya melaksanakan sunah ab’adh sholat.

Hal ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah saw bersabda:

Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam sholatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia sholat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan, dan ambillah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia sholat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan sholatnya. Lalu jika ternyata sholatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.” (HR. Muslim. No. 571).

Untuk mengetahui apa saja penyebab dilakukannya sujud sahwi dan bacaan doa sujud sahwi, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 3 halaman

Sebab Dilakukannya Sujud Sahwi

Sebab Dilakukannya Sujud Sahwi© Pixabay.com

Dilakukannya sujud sahwi dalam sholat tidak terlepas dari sebab-sebab tertentu. Berikut adalah penyebab dari melakukan sujud sahwi yang disertai dengan membaca doa sujud sahwi sebagaimana dikutip melalui Merdeka.com:

Rakaat Sholat yang Berlebih

Saat sahabat Dream sedang menjalankan sholat fardhu, tak sedikit yang pernah merasa ragu dalam menghitung jumlah rakaat sholat. Apalagi jika sholat tersebut yang berjumlah empat maupun tiga rakaat. Pada pertengahan sholat, lupa atau keraguan itu bisa saja hadir. Hal tersebut tentu saja wajar sebagai seorang manusia. Dalam kondisi seperti inilah yang dianjurkan untuk membaca doa sujud sahwi.

Dalam sebuah hadis telah dijelaskan berikut ini:

Ibnu Mas’ud meriwayatkan: Rasulullah saw pernah menjalankan sholat dhuhur dengan para sahabatnya sebanyak lima rakaat.

Lalu para sahabat pun bertanya: “ Apakah engkau telah menambah rakaat dalam sholat ini? Beliau menjawab: ‘Apa maksud kalian?’

Para sahabat pun menjawab: ‘Engkau telah sholat lima rakaat.’ Lalu Rasulullah memperbaiki duduk beliau (duduk iftirasy pada tahiyyat akhir) sambil menghadap kiblat, kemudian melakukan sujud sebanyak dua kali, kemudian beliau pun mengucap salam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Melakukan Salam sebelum Menyempurnakan Rakaat Sholat

Penyebab lain dilakukannya doa sujud sahwi adalah karena melakukan salam sebelum menyempurnakan rakaat sholat. Hal ini pun juga dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah saw pernah melakukan sholat dhuhur atau ashar, lalu beliau salam setelah selesai rakaat kedua, kemudian beliau bergegas keluar melalui salah satu pintu masjid.

Karena merasa heran, para sahabat pun menanyakannya, ‘Nabi telah memendekkan sholat?’ Lalu Nabi saw pun datang, beliau bersandar di salah satu tiang seperti sedang marah. Lalu, salah satu orang dari mereka (Dzul-Yadain) mendatangi beliau dan bertanya:

Wahai Rasulullah, apakah engkau telah lupa atau sholat ini sengaja engkau qashar.

Nabi saw menjawab: Tidak, saya tidak lupa, dan saya tidak memendekkannya. Lelaki itu pun mengatakan, ‘Benar wahai Rasulullah, sebenarnya engaku telah lupa.’

Kemudian Rasulullah saw pun menanyakannya pada yang lain: “ Benarkah yang diucapkannya?” Mereka pun menjawab, “ Benar ya Rasulullah.” Rasulullah saw pun bangun dan menyempurnakan yang tertinggal dari sholatnya. Setelah salam, beliau sujud sebanyak dua kali, lalu melakukan salam sekali lagi. (HR. Bukhari dan Muslim).

2 dari 3 halaman

Sebab Dilakukannya Sujud Sahwi

Lupa Membaca Tasyahud Awal

Membaca doa sujud sahwi juga dilakukan saat sahabat Dream lupa membaca tasyahud awal. Hal seperti ini biasanya terjadi saat sedang menjalankan sholat subuh. Selain lupa untuk membaca tasyahud awal juga diikuti dengan lupa pada jumlah rakaat sholat yang sudah dikerjakan. Hal ini pun juga dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi berikut:

Abdullah Ibnu Buhainah bercerita: “ Sesunggunya Rasulullah melakukan sholat dhuhur bersama para sahabat dan beliau tidak duduk membaca tasyahud selepas dua rakaat pertama. Para sahabat mengikuti di belakangnya sampai akhir sholat.

Masing-masing pun menunggu Nabi saw melakukan salam (saat mengakhiri sholat). Namun, Nabi saw melakukan takbir dalam kondisi demikian (iftirasy) lalu melakukan sujud sebanyak dua kali sebelum memberi salam. Setelah itu Nabi saw melakukan salam. (HR. Bukhari dan Muslim).

3 dari 3 halaman

Doa Sujud Sahwi

Doa Sujud Sahwi© Freepik.com

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan dilakukannya sujud sahwi, sahabat Dream juga wajib untuk mengetahui bacaan doa sujud sahwi. Sehingga jika dalam sholat terjadi kondisi tersebut, maka kamu bisa langsung melakukan sujud sahwi secara benar. Berikut adalah bacaan doa sujud sahwi yang dikutip melalui islam.nu.or.id:

سُبْحَانَمَنْلَايَسْهُووَلَايَنَامُ

Subhāna man lā yashū wa lā yanāmu.

Artinya: “ Mahasuci Zat yang tidak lupa dan tidak tidur.”

Selain itu, ada bacaan doa sujud sahwi lainnya yang disebutkan oleh Syekh M Nawawi al-Bantani berikut ini:

سُبْحَانَمَنْلَايَسْهُووَلَايَغْفُلُ

Subhāna man lā yashū wa lā yaghfulu.

Artinya: “ Mahasuci Zat yang tidak lupa dan tidak lalai.”

Itulah penjelasan terkait beberapa penyebab yang mengharuskan untuk melakukan sujud sahwi dan doa sujud sahwi yang bisa kamu baca dan hafalkan dengan mudah.

Beri Komentar