Perbuatan yang Kerap Dilakukan Ini Berdampak Bahaya

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 21 November 2018 19:02
Perbuatan yang Kerap Dilakukan Ini Berdampak Bahaya
Hindari kebiasaan mencela orangtua dari orang lain.

Dream - Setiap orangtua punya kewajiban untuk memenuhi hak-hak anaknya. Tentunya setelah dia menunaikan kewajibannya dalam agama.

Beberapa hak anak tersebut yaitu pendidikan dan pembentukan karakter. Sebab orangtua merupakan sumber pengetahuan pertama bagi seorang anak.

Tetapi, masih banyak anak yang tumbuh tidak sesuai harapan. Banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi demikian, baik karena masalah internal maupun eksternal.

Pola asuh orangtua sekaligus keadaan lingkungan menentukan bagaimana nantinya karakter si anak. Jika anak menerima pembelajaran yang buruk, maka bisa menimbulkan tabiat tercela.

 

1 dari 1 halaman

Perbuatan Apa?

Salah satu perbuatan yang mungkin kerap kita temui adalah celaan yang ditujukan kepada orangtua seseorang. Kita sangat dianjurkan menghindari perbuatan ini karena dampaknya yang berbahaya.

Selain bertentangan dengan norma sosial, Rasulullah Muhammad SAW pernah mengingatkan bahaya dari perbuatan ini.

Peringatan tersebut terdapat dalam salah satu sabda Rasulullah SAW, diriwayatkan Imam Bukhari dari Abdullah bin Amir Radliyallahu 'Anha.

" Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya salah satu dosa besar ialah mencela kedua orangtuanya.' Rasulullah ditanya, 'Bagaimana mungkin seseorang berani mencela orangtuanya?' Kemudian Rasulullah SAW menjawab, 'Bila seseorang mencela orangtua dari orang lain, baik bapak maupun ibunya'."

Hadis ini menjelaskan perbuatan mencela orangtua termasuk dosa besar bagi seorang anak. Demikian pula jika celaan ditujukan kepada orangtua dari orang lain.

(ism, Sumber: Islami.co)

Beri Komentar