Pesan Rasulullah di Bulan Ramadan, Yuk Laksanakan!

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 23 April 2021 20:01
Pesan Rasulullah di Bulan Ramadan, Yuk Laksanakan!
Ramadan bulan mulia, manfaatkan sebaik-baiknya.

Dream - Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah. Semua umat muslim bergembira menyambut kedatangannya.

Nuansa Ramadan dijalani dengan banyak kegiatan ibadah demi mengharapkan pahala berlipat ganda. Karena itu, kita perlu mempersiapkan diri untuk ibadah di bulan Ramadan sebaiknya.

Tujuannya agar pelaksanaan puasa, sholat fardhu maupun sunah, membaca serta mengaji isi Alquran bisa berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.

Rasulullah SAW berpesan pada umatnya mengenai ibadah bulan Ramadan. Pesan ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Salman Al Farisi, sahabat Nabi Muhammad.

 

1 dari 2 halaman

Gunakan bulan suci Ramadan dengan sebaik-baiknya

Ramadan menjadi istimewa karena pada bulan inilah Alquran pertama kali diturunkan. Kitab Allah ini memuat petunjuk bagi umat Islam di dunia demi menggapai akhirat.

Di bulan Ramadan ini pulalah ada malam yang lebih baik daripda seribu bulan yaitu Lailatur Qadar. Di malam ini, muslim dianjurkan beribadah siang dan malam agar mendapatkan ampunan dan terkabul doanya.

Namun, tidak ada yang tahu pasti hadirnya Lailatur Qadar. Karena itu, kita perlu rajin ibadah setiap hari dengan sebaik mungkin.

Sholat Jemaah© Sholat Malam (Foto: Shutterstock.com)

Ingat, pahala di bulan Ramadan berlipat ganda

Satu kebaikan di bulan Ramadan akan dihargai lebih tinggi dibandingkan di bulan lain. Misalnya, siapa yang menunaikan sholat fardhu di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang setara dengan 70 kali sholat fardhu di bulan lain.

Ingat, bulan Ramadan bisa melatih kesabaran

Buah sabar adalah surga. Karena itu, kita dilatih kesabaran di bulan Ramadan dari godaan haus, lapar, dan nafsu lainnya. Tujuannya agar kita juga bisa bersabar saat menghadapi cobaan dan godaan di bulan-bulan lainnya.

 

2 dari 2 halaman

Belajarlah bersimpati kepada orang lain

Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadan akan berbuah pahala. Bahkan seperti anjuran Rasulullah SAW untuk memberi makan bagi orang yang berbuka puasa bahkan bila itu hanya sebiji kurma dan seteguk air susu maka pahalanya akan sama dengan orang yang berpuasa.

Memberikan simpati dan empati kita kepada orang lain akan menumbuhkan rasa kepedulian tinggi. Simpati adalah memberikan perasaan kasih kepada orang lain. Sedangkan empati menempatkan diri pada posisi orang tersebut.

Tingkatkan amal sholeh

Ilustrasi Doa Berdoa Baru© Ilustrasi (Shutterstock.com)

Ramadan menjadi bulan yang penuh rahmat. Dengan demikian, perbanyaklah berbuat amal sholeh seperti berbakti pada orangtua, saling menolong antar sesama manusia, bertutur santun dan lai sebagainya. Wujud kasih kita terhadap semua makhluk hidup akan selalu mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Perbanyak berdoa dan meminta ampunan

Pada sepuluh kedua bulan Ramadan adalah waktu yang tepat memohon ampunan. Di sepuluh terakhir Ramadan adalah waktu yang tepat terbebas dari api neraka. Karena itu, waktunya yang tepat memperbanyak do’a dan ampunan kepada Allah SWT.

Kita juga bisa memperbanyak kalimat thoyyibah seperti istigfar dan berdoa agar mendapatkan ridhoNya. Jangan lupa, untuk meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin dengan dan atau tanpa sengaja telah kita lukai.

Beri Komentar