Viral Pesan 'Simbok’ Larang Anak Mudik Karena Corona, Bikin Ngakak!

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 30 April 2020 12:45
Viral Pesan 'Simbok’ Larang Anak Mudik Karena Corona, Bikin Ngakak!
Sebuah video yang berisi pesan untuk tidak mudik selama pandemi corona Covid-19, disampaikan melalui parodi yang lucu

Dream - Masa lockdown tak hanya membuat banyak orang kebosanan tinggal di rumah. Apalagi dengan imbauan pemerintah agar tidak mudik ke kampung halaman. Namun di tengah kondisi serba susah ini, ada saja kreativitas dari masyarakat yang muncul.   

Kali ini seorang netizen membuat percakapan dengan ibunya agar diizinkan pulang. Namun reaksi yang diberikan sang ibu ternyata tak sesuai harapan. Malah ibunya membalas dengan jawaban kocak. 

Video tersebut merupakan karya pemilik akun Instagram @ucup_jbsklaten. Dalam unggahannya ia menuliskan bahwa video tersebut tengah diikutkan dalam ajang lomba yang diadakan Polres Klaten tentang imbauan pencegahan Covid-19. Video itu juga diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ke akun pribadinya.

Sejak saat itulah video tersebut semakin viral karena gaya kocak si ibu yang dipanggil sebagai Simbok.

1 dari 6 halaman

Larangan untuk Pulang Kampung

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, simbok yang diceritakan terlihat tengah memasak, saat mengangkat telepon si anak. Saat mendengar keinginan si anak yang ingin pulang, dia kemudian melarangnya.

Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus,” ujarnya dalam bahasa Jawa yang berarti “ Jangan mudik, nak. Di sana saja. Baru musim virus,”

Dalam video tersebut simbok mengatakan jika si anak pulang, bisa berisiko membawa virus meskipun ia dalam kondisi yang terlihat sehat.

Video ini dilengkapi adegan-adegan lucu seperti saat simbok mengirimi foto selfi nya kepada si anak, atau ketika berujar “ Rasah mulih le, penting duite mulih,” yang artinya “ Nggak usah pulang nak, yang penting uangnya pulang,”.

2 dari 6 halaman

Kalau Kangen, Kirim Foto Saja

 kalau kangen kirim foto saja© Sumber : instagram/ganjar pranowo

Dalam percakapan keduanya, sang anak memaksa ingin pulang lantaran tak sanggup menahan rindu terhadap ibunya. Namun sang ibu tetap melarangnya, dan mengatakan jika hanya rindu bisa dikirimkan potret dirinya.

" Aku iki kangen banget iki lho mbok karo koe (Aku kangen banget ini sama ibu)," lanjut sang anak.

" Nek gur kangen tok wae mbok tak kirimi foto le (Kalau cuma kangen mending aku kirimkan foto nak), Piye le fotoku ayu ra? (Gimana nak fotoku cantik enggak?)," jawab Simbok sembari mengirimkan fotonya.

3 dari 6 halaman

Cegah Kemungkinan Terburuk dengan Tak Pulang Kampung

Simbok juga berpesan kepada sang anak agar tidak usah pulang ke kampung halaman. Karena menurutnya jika tiba-tiba sang anak pulang dan nyatanya membawa virus justru akan rentan menularkan orangtuanya.

" Koe mulih malah nggowo virus, ora mesakno mbokmu iki? (Kamu pulang malah membawa virus, tidak kasihan sama ibumu ini?)," ujar Simbok.

4 dari 6 halaman

Tidak Usah Pulang, Nak! Yang Penting Uangnya Pulang

 tidak usah pulang Nak© Sumber : instagram/ganjar pranowo

Mengakhiri percakapannya dengan sang anak, justru Simbok memberikan pesan yang bikin ngakak. Ia mengatakan melarang anaknya untuk pulang, yang paling terpenting uang dari sang anak tetap sampai ke rumah.

" Ra sah mulih le, penting duite mulih (Tidak usah pulang kampung nak, yang penting uangnya pulang)," kata Simbok.

Pesan lucu tersebut sontak membuat sang anak tertawa terbahak-bahak di akhir video singkatnya.

5 dari 6 halaman

Larangan Mudik Berlaku 24 April 2020

Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menerapkan larangan mudik Lebaran 2020. Hal tersebut dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada Jumat, 24 April 2020.

" Larangan mudik berlaku efektif Jumat, 24 April 2020," kata Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Selasa (21/4).

6 dari 6 halaman

Lihat Video Kocak Simbok

      Lihat postingan ini di Instagram    

Dengarkan kata mbah putri.... nek kangen tak kirimi poto. Ok to?

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) pada

 

      Lihat postingan ini di Instagram

Dengarkan kata mbah putri.... nek kangen tak kirimi poto. Ok to?

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) pada

" target=" _blank" >

Beri Komentar