Puasa Sunah Syawal, Kapan Bisa Dilaksanakan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Mei 2021 06:01
Puasa Sunah Syawal, Kapan Bisa Dilaksanakan?
Syawal termasuk bulan yang mengandung kemuliaan.

Dream - Syawal menjadi bulan yang bermakna bagi umat Islam karena terdapat momen istimewa, yaitu 1 Syawal yang banyak kita kenal dengan Idul Fitri.

Tetapi, keistimewaan Syawal tidak hanya terletak pada Idul Fitri saja. Dalam satu bulan itu, kita bisa meraih banyak sekali keistimewaan.

Ketika Syawal, kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah. Lama puasa ini yaitu sebanyak 6 hari.

Namun demikian, kita tidak bisa melaksanakan puasa Syawal saat Idul Fitri. Sebab, 1 Syawal merupakan hari yang melarang umat Islam berpuasa.

Lantas, kapan puasa Syawal bisa dilaksanakan?

1 dari 1 halaman

Waktu Puasa Syawal

Dikutip dari NU Online, Allah menaruh keutamaan pada bulan Syawal. Keutamaan ini bisa diraih oleh mereka yang berpuasa.

Syekh Muhammad Nawawi Al Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain memberikan penjelasan terkait keutamaan puasa Syawal.

" Keempat adalah (puasa sunah enam hari di bulan Syawal) berdasarkan hadis, 'Siapa yang berpuasa Ramadan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan puasa setahun penuh.' Hadis lain mengatakan, puasa sebulan Ramadan setara dengan puasa sepuluh bulan, sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa (wajib) setahun penuh'. Keutamaan sunah puasa Syawal sudah diraih dengan memuasakannya secara terpisah dari hari Idul Fitri. Hanya saja memuasakannya secara berturut-turut lebih utama. Keutamaan sunah puasa Syawal luput seiring berakhirnya bulan Syawal. Tetapi dianjurkan mengqadhanya."

Dari penjelasan tersebut, kita bisa mengetahui berapa lama puasa sunah. Disebutkan waktu puasa sunah Syawal yaitu enam hari dan sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berturut-turut.

Sedangkan untuk waktunya dipisah dari Idul Fitri. Sehingga, kita bisa memahami bahwa waktu puasa Syawal bisa dimulai di tanggal 2 Syawal.

Keutamaan puasa ini sungguh luar biasa. Menjalankan puasa Syawal, kita akan mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh baik jika melaksanakannya secara berurutan maupun tidak.

Beri Komentar