CONNECT WITH US!

Puasa Sunah yang Paling Istimewa di Mata Allah

Reporter : Puri Yuanita | Senin, 23 November 2015 14:14
Ilustrasi (catechistsjourney.loyolapress.com)
Di antara beragam jenis puasa dalam Islam, ternyata ada satu puasa sunah yang paling istimewa di mata Allah.

Dream - Puasa adalah salah satu amalan ibadah yang utama dalam Islam. Dalam sebuah hadits bahkan dijelaskan bahwa saking istimewanya ibadah puasa, Allah SWT sendiri yang akan langsung membalasnya.

" Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya), " kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi." (HR. Muslim no. 1151)

Soal balasan di akhirat kelak, orang yang rajin berpuasa pun akan disediakan pintu surga khusus, yaitu masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan.

Nah, di antara beragam jenis puasa dalam Islam, ternyata ada satu puasa sunah yang paling istimewa di mata Allah, yakni puasa Daud.

Dalam sebuah hadits dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah bersabda, " Sebaik-baik salat di sisi Allah adalah salatnya Nabi Daud AS. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau salat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya." (HR. Bukhari no. 1131).

Namun perlu diperhatikan, dalam melaksanakan puasa sunah yang satu ini tak boleh terlalu memaksakan diri. Jangan sampai puasa Daud justru akan membuat Anda lalai pada aktivitas dan kewajiban sehari-hari karena merasa tubuh lemas.

Jika memang merasa diri belum mampu untuk berselang hari melaksanakan puasa Daud, sebaiknya lakukan puasa sunah lain yang juga memiliki keistimewaannya masing-masing.

(Ism, Berbagai sumber)

Pengakuan Bastian Steel Soal 'Ditembak' Chelsea Islan