Menelusuri Usia Aisyah Saat Dinikahi Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 11 Februari 2019 20:00
Menelusuri Usia Aisyah Saat Dinikahi Rasulullah
Banyak yang merujuk riwayat dari Hisyam bin 'Urwah yag menyebut Aisyah dinikahi saat masih bocah. Benarkah?

Dream - Mungkin kita sering mendengar perkataan yang menyebut Rasulullah Muhammad SAW menikahi Aisyah ketika putri kedua Abu Bakar As Shiddiq masih bocah.

Ada yang menyebut pada usia 6 tahun dan baru tinggal serumah dengan Rasulullah ketika berusia 9 tahun. Ada pula 9 tahun dan baru digauli pada usia 12 tahun.

Perkataan itu kemudian dijadikan dasar bagi sebagian umat Islam untuk melegalkan nikah dini. Padahal, mereka yang menikah dini belum memiliki kematangan baik fisik maupun psikologi.

Lantas, apakah benar Rasulullah SAW menikahi Aisyah ketika wanita mulia itu masih bocah?

Dikutip dari Islami.co, memang tidak ada ketentuan khusus baik dalam Alquran maupun hadis terkait usia layak nikah. Tetapi, banyak penceramah menggunakan hadis diriwayatkan dari Hisyam bin 'Urwah sebagai dasar usia pernikahan.

 

1 dari 3 halaman

Riwayat yang Bermasalah

Hadis itu menyebutkan Rasulullah menikahi Aisyah binti Abu Bakar ketika berusia 6 tahun. Tetapi, Aisyah tinggal satu atap dengan Rasulullah ketika berusia 9 tahun.

Terdapat pula riwayat lain menyebut pernikahan Aisyah terjadi ketika dia berusia 9 tahun dan baru digauli saat sudah 12 tahun. Riwayat ini juga bermuara pada Hisyam bin 'Urwah, yang didapatnya dari ayahnya.

Sementara, para ulama tidak menemukan adanya isnad atau periwayatan lain mengenai hadis semacam ini. Bahkan tidak ditemukan satupun periwayat di Madinah yang meriwayatkan hadis ini.

Padahal, di Madinah banyak sekali murid Imam Malik ibn Anas yang terkenal. Tetapi, tidak ada satupun dari mereka yang meriwayatkan hadis tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Ditolak Para Ulama Hadis

Penelusuran para ulama menemukan riwayat ini berasal dari orang-orang Irak. Diketahui, Hisyam memang pernah tinggal di Irak pada usia senja dan hadis mengenai usia Aisyah menikah dia riwayatkan ketika berusia 71 tahun.

Banyak ulama menolak hadis ini. Sebab, Hisyam diketahui bermasalah dengan ingatannya ketika di usia senja.

Ya'qub bin Syaibah menyatakan, " Hisyam bisa dipercaya dan riwayatnya dapat diterima, kecuali apa-apa yang dia ceritakan setelah pindah ke Irak."

Sedangkan Imam Malik Ibn Anas menolak riwayat Hisyam yang dicatat dari orang-orang Irak. Sebab, Imam Malik menyatakan secara tegas Hisyam mengalami kemunduran ingatan ketika tinggal di Irak.

Dengan demikian, para ulama hadis menyatakan riwayat mengenai usia Aisyah menikah dengan Rasulullah tidak bisa dipercaya. Sebab, riwayat ini bertentangan dengan fakta sejarah.

 

3 dari 3 halaman

Fakta Sejarah

Berdasarkan catatan sebagian besar ulama yang juga ahli sejarah Islam seperti Ibnu Hajar Al Asqalani, Abdurrahman bin Abi Zannad, dan Ibnu Katsir, disebutkan selisih usia Aisyah dengan kakaknya, Asma binti Abu Bakar adalah 10 tahun.

Ibnu Katsir dalam Al Bidayah Wa An Nihayah menyebut Asma meninggal di tahun 73 Hijriah. Saat meninggal, Asma berusia 100 tahun.

Al Hafidz Abu Na'im menyebutkan Asma' lahir 27 tahun sebelum Rasulullah SAW hijrah. Sehingga, saat Rasulullah melaksankan hijrah, usia Asma adalah 27 tahun.

Apabila usia Asma adalah 27 tahun saat hijrah Rasulullah, maka usia Aisyah kala itu adalah 17 tahun. Pernikahan antara Rasulullah dengan Aisyah terjadi pada tahun pertama Hijrah, sehingga kala itu usianya adalah 17 tahun atau 18 tahun.

Sumber: Islami.co

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi