Rasulullah SAW Sosok Pandai Bersyukur, Begini Caranya

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 1 Februari 2019 20:02
Rasulullah SAW Sosok Pandai Bersyukur, Begini Caranya
Soal ibadah, ketekunan dan kerajinan Rasulullah tidak ada yang bisa mengalahkan.

Dream - Allah memberikan nikmat luar biasa kepada semua makhluk, tanpa pandang bulu. Atas nikmat tersebut, Allah hanya meminta setiap makhluk bersyukur atas apa yang mereka terima.

Terkait syukur, Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok terbaik untuk menjadi contoh. Tidak pernah sekalipun Rasulullah mengeluhkan pemberian Allah, baik dalam keadaan gembira maupun kesusahan.

Rasulullah sendiri punya banyak cara mewujudkan rasa syukur tersebut. Tidak hanya dengan lisan, melainkan juga perbuatan.

Rasulullah sudah mendapat jaminan dari Allah untuk masuk surga. Meski begitu, jaminan tersebut tidak menjadikan Rasulullah bermalas-malasan dalam ibadah.

1 dari 2 halaman

Sangat Tekun dalam Ibadah

Ketekunan Rasulullah dalam beribadah bahkan tidak ada yang bisa menyamai. Mungkin tidak sanggup orang biasa meniru ibadah Rasulullah.

Setiap malam, Rasulullah selalu bangun untuk sholat hingga kakinya bengkak dan telapaknya pecah-pecah. Selain itu, Rasulullah juga tekung berpuasa dan terkenal sangat dermawan.

Tidak jarang Rasulullah menangis dalam sholatnya, memohon ampunan kepada Allah. Padahal, Rasulullah sudah terjamin bersih dari segala macam dosa.

2 dari 2 halaman

Tak Mengharapkan Surga, Hanya Ingin Bersyukur

Kebiasaan Rasulullah ini sampai membuat para sahabat, bahkan sang istri tercinta, Sayyidah Aisyah RA, keheranan. Dalam benak mereka, Rasulullah adalah kekasih Allah namun tetap beribadah dengan sangat keras.

Suatu kali, Sayyidah Aisyah memberanikan diri bertanya kepada Rasulullah.

" Mengapa engkau melakukan itu semua, ya Rasulullah? Padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang," tanya Sayyidah Aisyah.

" Apakah aku tidak senang menjadi hamba yang banyak bersyukur," jawab Rasulullah.

Ketekunan dalam ibadah, termasuk pula perbuatan baik dan kedermawanan merupakan jalan Rasulullah untuk bersyukur kepada Allah SWT. Rasulullah tidak mengharapkan surga ketika menjalankan semua itu.

Sumber: NU Online

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen