Rukun Sholat Jumat Beserta Waktu Pelaksanaan dan Syarat Wajibnya, Laki-Laki Harus Tahu!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 11 Mei 2022 14:01
Rukun Sholat Jumat Beserta Waktu Pelaksanaan dan Syarat Wajibnya, Laki-Laki Harus Tahu!
Sholat Jumat hukumnya wajib bagi laki-laki dan sunah bagi perempuan.

Dream – Sholat Jumat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan bagi laki-laki muslim namun berhukum sunah bagi perempuan. Sholat khusus di hari Jumat ini dilaksanakan secara berjamaah di masjid. Ketika seorang laki-laki sudah mengerjakan sholat Jumat maka ia tidak perlu lagi untuk mengerjakan sholat dhuhur.

Kewajiban mengerjakan sholat Jumat ini pun telah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Jumuah ayat 9 berikut: 

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْٓااِذَانُوْدِيَلِلصَّلٰوةِمِنْيَّوْمِالْجُمُعَةِفَاسْعَوْااِلٰىذِكْرِاللّٰهِوَذَرُواالْبَيْعَۗذٰلِكُمْخَيْرٌلَّكُمْاِنْكُنْتُمْتَعْلَمُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumuah: 9).

Melalui ayat tersebut telah dijelaskan bahwa ketika sholat Jumat itu sudah tiba waktunya, maka diperintahkan untuk segera meninggalkan aktivitas dan bersiap mengerjakan sholat.

Nah, berikut adalah ketentuan tentang sholat Jumat dan rukun sholat Jumat yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Ketentuan Sholat Jumat

Ketentuan Sholat Jumat© Shutterstock.com

Ketentuan tentang sholat Jumat ini selain sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Jumuah ayat 9, juga dijelaskan dalam hadis Nabi. Di mana hadis tersebut berisi larangan untuk meninggalkan sholat Jumat bagi para laki-laki Muslim. Jika sampai tiga kali meninggalkan sholat Jumat, maka ia tergolong sebagai orang yang kafir. Berikut adalah bunyi hadisnya:

Siapa saja yang meninggalkan tiga kali ibadah shalat Jumat tanpa uzur, niscaya ia ditulis sebagai orang kafir nifaq/munafiq,” (HR At-Thabarani).

Selain itu, ada juga dijelaskan dalam hadis lainnya tentang larangan meninggalkan sholat Jumat bagi laki-laki Muslim. Hadis tersebut diriwayatkan oleh At-Turmudzi, At-Thabrani, dan Ad-Daruquthni sebagai berikut:

Siapa meninggalkan tiga kali shalat Jumat karena meremehkan, niscaya Allah menutup hatinya,” (HR At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni).

2 dari 4 halaman

Waktu Melaksanakan Sholat Jumat

Setelah mengetahui ketentuan dari sholat Jumat, sahabat Dream juga perlu mengetahui waktu pelaksanaannya secara benar. Hal ini sangat penting di samping mengetahui rukun sholat Jumat. Dengan mengetahui waktu yang tepat, maka para laki-laki bisa mempersiapkan secara baik agar tidak terlambat menjalankannya secara berjamaah di masjid.

Sholat Jumat sendiri dilaksanakan pada waktu yang sama dengan waktu sholat dhuhur. Yakni sejak matahari tergelincir sampai semua benda hanya memiliki satu bayangan yang panjangnya sesuai dengan panjang benda.

Namun, jika waktu tersebut tidak cukup untuk melakukan sholat Jumat dua rakaat, mendengarkan kotbah, atau merasa ragu karena tidak memiliki waktu yang cukup, maka bisa disempurnakan dengan melakukan sholat dhuhur. Ya, Islam selalu memberikan kemudahan bagi umatnya, terutama dalam syariat beribadah.

3 dari 4 halaman

Syarat Wajib Sholat Jumat

Sebelum membahas apa saja rukun sholat Jumat, alangkah lebih baik jika sahabat Dream mengetahui apa saja syarat wajib melakukan sholat Jumat. Berikut adalah beberapa syarat wajib sholat Jumat:

1. Beragama Islam.

2. Baligh, yakni mencapai usia 15 tahun atau sudah mengalami ihtilam atau mimpi basah.

3. Berakal sehat.

4. Merdeka, di mana syarat ini hanya diberlakukan pada masa saat masih ada perbudakan seperti zaman dulu.

5. Laki-laki.

 

6. Sehat.

7. Bermukim. Untuk syarat ini dibedakan menjadi dua, yaitu orang yang bermukim dan orang yang berdomisili. Orang yang berdomisili adalah orang yang telah menganggap bahwa tempat tinggalnya itu adalah tanah airnya. Yang mana dirinya tidak pindah-pindah, kecuali jika memang dibutuhkan atau tidak berpikiran untuk meninggalkan tempat itu.

4 dari 4 halaman

Rukun Sholat Jumat

Rukun Sholat Jumat© Shutterstock.com

Ketika hendak melaksanakan sholat Jumat, maka sahabat Dream terutama yang laki-laki harus mengetahui apa saja rukun sholat Jumat. Dengan begitu, sholat yang dilakukannya bisa berjalan sesuai syariat agama dan dianggap sah. Berikut adalah beberapa rukun sholat Jumat yang perlu diketahui:

1. Dikerjakan saat waktu dhuhur dan dilakukan secara berjamaah.

2. Diawali dengan adalah dua kotbah Jumat.

3. Dikerjakan dengan posisi berdiri bagi orang yang mampu melakukannya.

4. Membaca niat sholat Jumat.

Berikut adalah bacaan niat sholat Jumat untuk makmum:

أُصَلِّيفَرْضَالْجُمْعَةِمَأْمُومًالِلهِتَعَالَى

Ushallî fardha jumu’ati ma’mûman lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “ Saya shalat Jumat sebagai makmum karena Allah ta’âlâ.”

Berikut adalah bacaan niat sholat Jumat untuk imam:

أُصَلِّيفَرْضَالْجُمْعَةِإِمَامًالِلهِتَعَالَى

Ushallî fardhal jumu’ati imâmal lillahi ta’âlâ.

Artinya: “ Saya shalat Jumat sebagai imam karena Allah ta’âlâ.”

5. Membaca takbiratul ihram.

6. Membaca surat Al-Fatihah.

7. I’tidal beserta tumaninah (diam sejenak).

8. Sujud dua kali beserta tumaninah (diam sejenak).

9. Duduk di antara dua sujud beserta tumaninah.

10. Duduk dan membaca tahiyat akhir.

11. Membaca salam.

Itulah penjelasan tentang ketentuan sholat Jumat, waktu pelaksanaannya, syarat wajibnya, dan rukun sholat Jumat yang penting diketahui oleh umat Islam terutama para laki-laki. Di mana sholat Jumat ini wajib dilakukan oleh laki-laki dan sunah bagi para perempuan.

Beri Komentar