Rutinkan Baca Istighfar Ini, Dosa Bertahun-tahun Diampuni

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 6 April 2021 20:00
Rutinkan Baca Istighfar Ini, Dosa Bertahun-tahun Diampuni
Lafal istighfar menandakan kita memohon ampunan kepada Allah.

Dream - Setiap orang tentu tak bisa lepas dari dosa. Bahkan setiap hari bisa melakukan dosa baik sadar maupun tidak.

Wajarlah kiranya hal ini terjadi pada manusia. Sebab, manusia memang tempatnya salah dan lupa.

Kesalahan bisa menjadi media belajar bagi kita. Sehingga, kita tidak mengulanginya di masa depan dan menjadi pribadi lebih baik lagi.

Sedangkan dosa hanya bisa terhapus dengan rahmat Allah. Tanpa ampunan-Nya, kita akan menjadi makhluk yang merugi.

Kesalahan dan dosa kita bisa terhapus selama mau memohon kepada-Nya. Rutinkan melafalkan istighfar ini, terutama usai sholat, agar dosa kita bertahun-tahun lamanya terampuni.

 

1 dari 5 halaman

Istighfar Penghapus Dosa

Istighfar© Dream.co.id

Astaghfirullahal 'adhim min kulli dzambi 'adhim.

Artinya,

" Aku memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa besar."

2 dari 5 halaman

Sepanjang Syaban, Rutinkan Istighfar Ini

Dream - Syaban merupakan bulan yang diistimewakan dalam Islam. Bulan ini menjadi wadah umat Islam untuk meningkatkan ibadah baik kualitas maupun kuantitas.

Rasulullah Muhammad SAW juga memanfaatkan Syaban untuk memperbanyak amalan dibandingkan pada bulan-bulan lain.

Karena itulah dianjurkan bagi Muslim untuk memperbanyak amalan ibadah di bulan ini. Amalan tersebut termasuk bagian dari menjalankan sunah Rasulullah.

Di antara amalan yang dianjurkan, memperbanyak istighfar menjadi salah satunya. Manfaatkan Syaban untuk memohon ampunan kepada Allah agar kita bersih dari dosa.

Sehingga hati menjadi jernih. Kita pun siap menyambut datangnya Ramadan yang penuh berkah.

Sepanjang Syaban, rutinkan untuk beristighfar dengan lafal ini.

3 dari 5 halaman

Istighfar Sepanjang Syaban

Istighfar Syaban© Dream.co.id

Astaghfirullahal 'adhim al ladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumur rahmanur rahimu wa atubu ilaihi, Astaghfirullahal 'adhim al ladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi.

Artinya,

" Saya memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, yang Pengasih lagi Maha Penyayang, dan saya bertaubat kepada-Nya, saya memohon ampun kepada Allah, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Lafal Istighfar Rasulullah Setiap Selesai Sholat

Dream - Istighfar, kalimat thoyibah yang mengandung makna permohonan ampunan atas segala dosa dan kesalahan. Lafal ini sangat dianjurkan untuk diperbanyak dalam membacanya.

Allah Maha Pengampun dan selalu memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang memohon. Tidak ada kesulitan bagi Allah untuk menghapus dosa-dosa hamba-Nya.

Salah satu waktu terbaik melafalkan istighfar yaitu seusai sholat. Lewat istighfar, kita memohon ampunan sekaligus menyadari betapa belum sempurnanya sholat yang didirikan.

Sehingga begitu pentingnya melafalkan istighfar usai sholat. Agar segala dosa dan kesalahan kita bisa terhapus.

Rasulullah Muhammad SAW selalu rutin membaca istighfar usai sholat fardlu. Berikut lafal istighfar yang diajarkan Rasulullah, seperti tertuang dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

5 dari 5 halaman

Istighfar Rasulullah

Istighfar Rasulullah© Dream.co.id

Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah, Allahumma antas salam wa minka salam tabarakta ya dzal jalali wal ikram.

Artinya,

" Aku memohon ampun kepada Allah, aku memohon ampun kepada Allah, aku memohon ampun kepada Allah. Ya Allah, Engkaulah Dzat pemberi keselamatan, dan dari-Mu kudapatkan keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan pemilik keagungan dan kemuliaan."

Beri Komentar