Saat Rasulullah Dibuat Bingung Cucu Kesayangan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 4 Maret 2019 06:00
Saat Rasulullah Dibuat Bingung Cucu Kesayangan
Rasulullah sangat mencintai keluarganya.

Dream - Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok yang penyayang terhadap keluarga. Terutama terhadap Hasan dan Husein, si kembar cucu Rasulullah.

Banyak riwayat menyebutkan begitu dekat Rasulullah dengan kedua cucunya itu. Perhatian Rasulullah begitu besar kepada dua buah hati Fatimah Az Zahra yang merupakan putri Rasulullah dengan Ali bin Abi Thalib.

Rasulullah sering memanjakan cucu-cucunya. Rasulullah juga begitu senang menjadi kuda-kudaan sementara Hasan dan Husain menaiki punggungnya.

Kedekatan Rasulullah dengan Hasan dan Husain dianggap aneh bagi masyarakat Arab kala itu. Sebab, dalam masyarakat Arab, hubungan kakek dengan cucunya sangat kaku.

Pernah suatu kali Rasulullah dibuat kebingungan oleh Hasan dan Husein. Sebabnya, dua bocah kesayangan itu hilang.

1 dari 1 halaman

Kecemasan Rasulullah

Rasulullah sangat cemas tidak mendapati Hasan dan Husein. Rasulullah pun meminta bantuan para sahabat untuk mencari dua anak itu sampai ketemu.

" Semua menyebar, cari anakku (cucuku) sampai ketemu," kata Rasulullah.

Wajah Rasulullah begitu tegang. Para sahabat mencari Hasan dan Husain hingga ke sudut kota, sementara Rasulullah mencari ke lembah bersama Ummu Aiman.

Begitu senangnya Rasulullah menemukan dua cucunya berada di lembah. Tetapi, kegembiraan itu harus ditahan sementara.

Di samping dua bocah itu, ada ular yang siap menggigit. Rasulullah mendekati ular itu dan sesaat kemudian hewan berbisa itu pergi dan bersembunyi lagi di balik bebatuan.

Setelah itu, Rasulullah mengusap-usap kepala Hasan dan Husain dan berkata, " Demi ayah dan ibuku, kalian berdua sungguh mulia di sisi Allah."

Rasulullah kemudian menggendong dua cucunya di pundak. Hasan di pundak kanan dan Husein di pundak kiri. Mereka lalu pulang ke rumah.

Sumber: NU Online

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri