Segudang Manfaat Zakat Fitrah Jelang Lebaran

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 10 Mei 2021 16:00
Segudang Manfaat Zakat Fitrah Jelang Lebaran
Jangan lupa untuk membayar zakat fitrah, ya, Sahabat Dream!

Dream - Hari kemenangan di depan mata, tidak terasa tinggal hitungan hari lagi kita akan meninggalkan Ramadan yang penuh berkah.

Meski dilalui masih dalam nuansa pandemi Covid-19, Ramadan tetap bisa dirasakan umat Muslim karena Allah SWT menjajikan ragam pahala buat umat yang menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Salah satunya, dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.

“ Apabila datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu.” (HR. Bukhari)

Tapi sebelum kita benar-benar meninggalkan bulan suci Ramadan, ada hal yang perlu umat Muslim lakukan yaitu membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah bukan hanya tentang memberikan sebagian harta. Namun juga sebagai upaya untuk membersihkan diri.

Begitu banyak keutamaan dan manfaat bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat fitrah. Berikut adalah keutamaan dan manfaat dari membayar zakat fitrah.

1 dari 2 halaman

Mengangkat Keimanan

Zakat secara bahasa berarti suci atau bersih. Mengeluarkan zakat bermakna menyucikan harta kekayaan. Makna menyucikan harta adalah membersihkan diri dari segala sifat kikir yang berasal dari dalam hati.

Ilustrasi© Shutterstock

2 dari 2 halaman

Memurnikan Harta

Di dalam harta kekayaan, terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi melalui pembayaran zakat. Dengan berzakat, harta kekayaan telah dimurnikan kembali. Sehingga dapat menjadi berkah dalam kehidupan.

Ilustrasi© Shutterstock

Meningkatkan Kedekatan dengan Allah SWT

Membayar zakat fitrah juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Dua malaikat turun setiap pagi. Yang satu berkata: ‘Ya Allah, berikan orang yang mengeluarkan sesuatu, sebagai ganti dari apa yang ia keluarkan. Dan yang lainnya berkata:‘ Ya Allah, berikan penghancuran kepada orang-orang yang kikir.” (Hadist Riwayat: Al-Bukhari)

Beri Komentar