Dua Surat Pendek yang Dianjurkan Dibaca Usai Doa Selesai Makan

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 13 Februari 2020 20:00
Dua Surat Pendek yang Dianjurkan Dibaca Usai Doa Selesai Makan
Makanan adalah rezeki yang kita terima atas kasih sayang Allah.

Dream - Tidak bisa kita sanggah, makan adalah salah satu kebutuhan utama semua makhluk. Dengan makanan, kita mendapatkan energi sehingga bisa melanjutkan aktivitas.

Makanan juga sebagian dari rezeki yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya. Juga sebagai wujud kasih sayang Allah.

Karena makanan memberikan dampak pada tubuh pemakannya, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bahan yang baik. Bagi umat Islam sangat dianjurkan makan makanan halalan thoyyiban, yaitu bahan pangan halal lagi baik.

Ini agar makanan memberikan manfaat terbaiknya pada seorang Muslim. Menjadikannya sehat selalu dan selalu bersemangat beribadah.

Usai makan, dianjurkan untuk berdoa sebagai perwujudan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah. Ada banyak jenis doa yang bisa dibaca usai makan.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca dua surat dalam Alquran. Dua surat tersebut yaitu Al Ikhlas dan Quraisy, seperti disebutkan Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin.

 

1 dari 4 halaman

Surat Al Ikhlas

 Surat Al IkhlasSurat Al Ikhlas © Dream.co.id

Qul huwallahu ahad, Allahush shomad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya,

" Katakanlah: 'Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

 

2 dari 4 halaman

Surat Quraisy

 Surat QuraisySurat Quraisy © Dream.co.id

Li ila fiquraisy, ila fi him rikhlatasysyitai wash shoif, walya'budu rabba hadzal bait, alladzi ath'amahum min ju'i, wa amanahum min khouf.

Artinya,

" Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas, maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Kabah), yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 4 halaman

Doa Dimudahkan Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Dream - Wawancara menjadi sesi cukup menegangkan bagi sebagian pencari kerja. Biasanya sesi tanya jawab ini menjadi penentu lolos tidaknya seorang pelamar di sebuah perusahaan.

Perasaan gugup kerap meliputi orang yang dipanggil untuk wawancara kerja. Saking gugup dan cemasnya, mereka sering kali menjadi ketakutan salah memberikan jawaban atau bersikap di depan pegawai HRD.

Pelamar akan semakin panas dingin jika pertanyaan yang diberikan ternyata cukup sulit dan membingungkan. 

Dalam situasi tersebut memang kita disarankan untuk tetap tenang dan bisa mengendalikan rasa gugup. Rasa percaya diri juga harus ditonjolkan agar memberikan kesan yang baik selama wawancara kerja.

Jika kamu sudah bisa menguasainya, sangat dianjurkan untuk membaca doa ini agar kegugupan berubah menjadi ketenangan hingga akhirnya lancar menjawab pertanyaan. Doa ini merupakan ayat 25-28 Surat Thoha.

 

4 dari 4 halaman

Doa Wawancara Kerja

 Doa Wawancara KerjaDoa Wawancara Kerja © Dream.co.id

Rabbisy rahli shodri wa yassir li amri wahlul 'uqdatan min lisani yafqohu qouli.

Artinya,

" Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'