Doa Menyambut Bulan Safar Agar Iman dan Islam Semakin Terjaga

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 11 September 2021 18:00
Doa Menyambut Bulan Safar Agar Iman dan Islam Semakin Terjaga
Shafar adalah saat yang tepat memperbanyak amal shaleh.

Dream - Tanpa sadar, bulan dalam perhitungan kalender hijriah telah berganti. Setelah Muharram, kini kita sudah berada di bulan Safar 1443 H.

Bulan kedua dalam sistem kalender Hijriah ini, umat Islam dapat meminta tambahan kebaikan.  Seperti muharam dan bulan-bulan lainnya, Islam juga mengajarkan sebuah doa menyambut bulan safar agar hidup lebih baik dan ibadah menjadi semakin khidmat.

Safar sempat diidentikkan dengan berbagai keburukan. Itu terjadi sebelum Islam diturunkan ke dunia.

Setelah Rasulullah Muhammad SAW menyebarkan Islam, segala tahayul itu dihapus. Malah umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah dan amal kebaikan.

Di waktu-waktu awal Safar, terdapat anjuran untuk membaca doa ini. Melalui doa tersebut, kita memohon agar Allah memberikan kebaikan lebih pada bulan ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Bulan Shafar

اَللّٰهُ اَكْبَرُ اللٌٰهُمَّ اَهِلِّهُ عَلَيْنَا بِالْاَمْنِ وَ الْاِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْاِسْلَامِ وَ التَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى رَبِّيْ وَ رَبُّكََ اللّٰهُ

Allahu akbar, allahumma ahillihu 'alaina bil amni wal imani was salami wal islami wat taufiqi li ma tukhibbu wa tardla rabbi wa rabbukallah.

Artinya,

" Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah."

Sumber: NU Online.

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Diberikan Jiwa yang Kuat dan Tahan Banting

Dream - Tak ada manusia yang menjalani hidup tanpa cobaan. Bahkan seorang Nabi yang merupakan manusia pilihan Allah SWT juga pernah diuji dengan cobaan dalam hidupnya. 

Cobaan yang datang kepada manusia bisa berupa kesulitan. Namun yang jarang disadari adalah ujian berupa kemudahan dan kenyamanan yang membuat terlena.

Menjalani hidup penuh cobaan membuka kemungkinan seseorang mengalami guncangan jiwa. Ini akan terlihat dari tingkat emosi yang sedang kita alami.

Ketika jiwa terguncang, maka fisik akan terpengaruh. Jiwa melemah akan diiringi dengan fisik yang tak punya tenaga.

Sebaliknya, kuatnya jiwa akan memicu kuatnya fisik. Segala persoalan pun dihadapi tanpa menyerah.

Jiwa yang kuat dapat kita latih. Tentu, perlu diiringi dengan ikhtiar memohon kepada Allah dengan doa ini agar kita mendapatkan jiwa tahan banting.

3 dari 5 halaman

Doa Memohon Jiwa Tahan Banting

يَا ٱللَّهُ يَا رَبُّ يَا قَدِيْرُ يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ )ثَلَاثًا (أَسْاَلُكَ بِقَدْرَتِكَ وَبِقُوَّتِكَ أَنْ تَمُدَّنِي فِى جَمِيْعِ قُوَايَ وَجَوَارِحِي الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ بِقُوَّةٍ مِنْ قُوَّتِكَ وَبِقُدْرَةٍ مِنْ قُدْرَتِكَ أَقْدِرُ بِهَا وَأَقْوَى عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنِي بِهِ مِنْ حُقُوْق رُبُوْبِيَّتِكَ وَنَدَبْتَنِي إِلَيْهِ مِنْهَا فِيْمَا بَيْنِي وَبَيْنَكَ وَفِيْمَا بَيْنِي وَبَيْنَ خَلْقِكَ وَعَلَى التَمَتُّعِ بِكُلِّ مَا خَوَّلْتَنِي مِنْ نِعَمِكَ الَّتِي أَبَحْتَهَالِي فِى دِيْنِكَ وَيَكُوْنُ كُلُّ ذَلِكَ عَلَى أَصْلَحِ الْوُجُوْهِ وَأَعْدَلِهَا وَأَحْسَنِهَا وَأَفْضَلِهَا مَصْحُوْبًا بِالْعَافِيَةِ وَالْقَبُوْلِ وَالرِّضَاءِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya allahu, ya rabbu, ya qodiru, ya qowiyyu, ya matin (tiga kali). As-aluka biqudratika wa biquwwatika an tumiddani fi jami'i quwaya wa jawarihil dhahirati wal bathinati biquwwatin min quwwatika wa biqudratin min qudratika aqdiru biha wa aqwa 'alal qiyami bima kallaftani bihi min huquqi rububiyyatika wa nadabtani ilaihi minha fimaa baini wa bainaka wa fimaa baini wa baina kholqika wa 'alat tamattu'i bikulli ma khowwaltani min ni'amikal lati abahtahali fi dinika wa yakunu kullu dzalika 'ala ashlahil wujuhi wa a'daliha wa ahsaniha wa afadlaliha maskhuban bil 'afiyati wal qobuli war ridlai 'indaka ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, wahai Tuhan, wahai Dzat Yang Maha Kuasa, wahai Dzat Yang Maha Kuat, wahai Dzat Yang Maha Kokoh. Aku memohon kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan kekuatan-Mu agar Engkau memberikan pada seluruh kekuatanku dan seluruh anggota badanku, lahir maupun batin, kekuatan dari kekuatan-Mu dan kekuasaan dari kekuasaan-Mu, yang dengannya aku kuasa dan kuat melaksanakan hak-hak ketuhanan-Mu sebagaimana Engkau bebankan padaku dan Engkau anjurkan antara diriku dengan diri-Mu dan antara diriku dengan makhluk-Mu. Juga (kuat) untuk menikmati segala yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dalam batas yang Engkau gariskan dan bolehkan menurut tuntunan agama-Mu. Kiranya hal tersebut terlaksana dalam bentuk selurus-lurusnya, seadil-adilnya, sebaik-baiknya, seutama-utamanya disertai dengan kesehatan, penerimaan serta ridha di sisi-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Memohon Kekuatan Agar Lancar Beribadah Ramadan

Dream - Puasa dan sholat Tarawih, dua ibadah yang sangat identik dengan bulan Ramadan. Dua ibadah ini sebentar lagi akan kita jalankan.

Bulan Ramadan akan tiba dalam beberapa hari lagi. Tentunya kita sangat menantikan kehadirannya.

Ada kebahagiaan tersendiri bisa berjumpa kembali dengan Ramadan. Sebab, ada banyak kebaikan akan bernilai ibadah yang bisa kita lakukan.

Seperti berpuasa, ibadah yang baik tidak hanya untuk kehidupan rohani namun juga badani kita. Dapat banyak pahala plus tubuh jadi sehat.

Kemudian, segala bentuk sedekah akan diganti dengan pahala yang luar biasa besar. Apalagi jika kita bersedekah makanan kepada sesama untuk berbuka puasa, itu sungguh luar biasa.

Nah, jadi tidak ada alasan menyambut Ramadan dengan murung. Ketika Ramadan tiba, mari merayakannya dengan penuh kegembiraan sembari membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Diberi Kekuatan Ibadah Ramadan

Doa Kuat Puasa Ramadan© Dream.co.id

Allahumma ha huwa syahrush shiyami qod aqbala 'alaina binurihi wa dhiya-ihi wa khoirihi wa barakatihi fawaffiqna wa taqobbal minna shiyama naharihi wa qiyama layalihi wa awzi'na anna'mala shalihan fima tuhibbu wa tardla anaal laili wa athrafan nahari. Allahumma zakki nufusana wa thohhir a'malana birahmatika ya arhamar rahimin. Allahuma inna laka fi kulli lailatin min layali syahri ramadlana nafahatin wa mawahiba wa 'athiyyatin fallahumma imnahna minha ya rabbal 'alamin. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, inilah bulan puasa telah datang mengunjungi kami dengan sinar dan cahayanya, dengan kebajikan dan aneka keberkahannya, maka anugerahilah kami kemampuan melaksanakan puasa di siang harinya, dan sholat di malam harinya. Tunjukilah dan anugerahilah kami kemampuan mengamalkan amal-amal sholeh yang Engkau sukai dan Engkau ridhai sepanjang malam dan siang hari. Ya Allah, sucikan jiwa-jiwa kami, dan bersihkan amalan-amalan kami dengan rahmat-Mu, wahai Penyayang yang paling Penyayang. Ya Allah, setiap malam di bulan Ramadan, Engkau memberi anugerah yang dimohonkan, pemberian yang tak diminta, dan hembusan-hembusan rahmat, maka ya Allah, berikanlah kepada kami sebagiannya, wahai Tuhan semesta alam."

Beri Komentar