Tak Semua Ujung Jari Kaki Menempel Saat Sujud, Sahkah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 13 Februari 2019 20:01
Tak Semua Ujung Jari Kaki Menempel Saat Sujud, Sahkah?
Ujung-ujung kaki adalah salah satu dari tujuh anggota sujud.

Dream - Dalam sholat, terdapat beberapa rukun yang harus dijalankan. Bila ada satu saja rukun tidak dikerjakan, sholat tidak sah.

Salah satu rukun tersebut adalah sujud. Saat sujud, seseorang sedang berada dalam keadaan yang sangat dekat dengan Allah SWT.

Karena sujud merupakan momen istimewa, maka harus dilakukan secara sempurna. Kesempurnaan sujud ditetapkan berdasarkan syarat yang disebutkan dalam hadis Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan Imam Baihaqi.

" Aku diperintahkan sujud di atas tujuh anggita tubuh, yaitu dahi dan ia berisyarat dengan menyentuhn tangan ke hidungnya, dua (telapak) tangan, dua lutut dan ujung-ujung dua kaki."

Khusus untuk kaki, Rasulullah menyebut bagian yang harus menempel adalah jari-jari kaki. Apabila jari kaki tidak semuanya menempel di lantai, apakah sujud tidak sah?

1 dari 2 halaman

Beda Pendapat Imam Ar Rafi'i dengan Imam An Nawawi

Dikutip dari NU Online, Syeikh Taqiyuddin Abu Bakr Al Husaini dalam kitabnya Kifayatul Akhyar menyebutkan perbedaan pendapat antara Imam Ar Rafi'i dengan Imam An Nawawi terkait anggota sujud.

Imam Ar Rafi'i menyatakan yang wajib menyentuh lantai saat sujud hanyalah dahi, sementara anggota tubuh lainnya seperti hidung, dua telapak tangan, dua lutut dan dua ujung kaki tidaklah wajib.

Sementara Imam An Nawawi berpandangan sebaliknya. Imam An Nawawi menyatakan meletakkan telapak tangan, lutut dan ujung-ujung jari adalah wajib di samping wajibnya meletakkan dahi.

" Apakah wajib meletakkan kedua tangan, lutut, telapak kaki besertaan dengan dahi ketika sujud? Dalam hal ini terdapat dua perbedaan pendapat. Pendapat yang paling jelas menurut Imam Ar Rafi'i adalah tidak wajib. Sedangkan menurut Imam An Nawawi adalah wajib. Jika berpijak pada pendapat imam An Nawawi, maka wajib meletakkan bagian dalam telapak tangan dan bagian luar dari jari jemari tangan."

 

2 dari 2 halaman

Jari Kaki Bagian Mana?

Dalam pandangan Imam An Nawawi, ujung-ujung kaki harus menempel di lantai. Sementara bagian ujung kaki mana yang harus menempel?

Terkait hal ini, para ulama berpandangan wajibnya meletakkan ujung-ujung kaki hanyalah sebagian dan tidak semuanya. Sehingga, apabila terdapat jari kaki yang tidak menempel di lantai, sujud tetap dianggap benar.

Sedangkan bagian yang harus ditempelkan adalah bagian dalam jari-jari kaki. Bukan bagian luar maupun samping.

Hal ini seperti dijelaskan Syeikh Ahmad Zainuddin Al Malibari dalam kitab Fathul Mu'in.

" Wajib meletakkan sebagian dari lutut, telapak tangan yang meliputi telapak tangan bagian dalam dan jari-jari tangan bagian dalam dan wajib pula meletakkan sebagian jari-jari bagian dalam dari dua telapak kaki, bukan yang lain seperti jari-jari bagian samping, ujung dan bagian luar."

Sumber: NU Online

Beri Komentar