Syukur Atas Nikmat dengan Bersujud dan Membaca Doa Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 8 November 2021 20:01
Syukur Atas Nikmat dengan Bersujud dan Membaca Doa Ini
Sujud bisa jadi pilihan bagi kita untuk bersyukur.

Dream - Syukur adalah tanda terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya. Karena berkat Tuhan, seorang makhluk mendapat banyak sekali nikmat.

Betapa banyak nikmat yang kita dapat sepanjang hidup, bahkan sepanjang hari. Kita sampai tak bisa menghitungnya karena saking banyaknya.

Pun jika berusaha menghitungnya, tinta seluas samudra tak akan cukup. Pikiran kita pun tak akan pernah sampai.

Karena itulah pentingnya syukur, agar kita selalu ingat dari mana nikmat itu didapat. Bahkan janji Allah pun jelas, akan menambah nikmat-Nya kepada mereka yang mau bersyukur.

Syukur dapat diwujudkan dalam banyak hal. Salah satunya dengan bersujud sembari membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Saat Sujud Syukur


سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ

Sajada wajhiya lilladzī kholaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi fa tabarakallahu ahsanul kholiqina.

Artinya,

" Diriku bersujud kepada Zat yang menciptakan dan membentuknya, membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha Suci Allah, sebaik-baik pencipta."

Sumber: Iqra.id.

2 dari 5 halaman

Doa Duduk di Antara Dua Sujud Sahwi

Dream - Setiap Muslim terkena kewajiban mendirikan sholat lima waktu. Setiap gerakan sholat harus dikerjakan secara tertib dan memenuhi bilangan rakaatnya. Gerakan sholat tidak boleh ada yang terlewat. Jika terlewat satu saja, sholat tidak sah.

Tetapi, ada kalanya kita mengalami lupa saat menunaikan sholat. Kebanyakan terjadi adalah lupa rakaat sholat yang sudah ditunaikan.

Kondisi ini terjadi akibat pikiran yang tidak fokus saat sedang menjalankan ibadah sholat. Kita membayangkan banyak hal jadi lupa gerakan sholat. Seharusnya empat rakaat, kita hanya menjalankan tiga rakaat.

Ketika mengalaminya, kita perlu melakukan sujud sahwi. Sujud ini dikerjakan di akhir sholat sebelum salam sebanyak dua kali dengan satu kali duduk.

Ketika duduk di antara dua sujud sahwi, maka doa ini yang dibaca. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abdullah bin Buhainah Al Asadi.

 

3 dari 5 halaman

Doa Duduk Antara Dua Sujud Sahwi

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Rabbighfirli warhamni wajburni warfa'ni warzuqni wahdini wa 'afini wa'fu 'anni.

Artinya,

" Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, benarkanlah aku, angkatlah derajatku, karuniakanlah aku rezeki, berikan aku petunjuk, sehatkanlah aku, dan maafkanlah aku."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Saat Sujud Ketika Dilanda Kesedihan

Dream - Tentu semua orang pernah atau akan mengalami masa-masa penuh kesedihan. Ketika mengalami masa ini, apalagi ketika ditinggal orang terkasih, hidup terasa begitu sempit.

Pun saat ingin mengadukan perasaan, kita malah bingung melakukannya kepada siapa. Mengadu ke manusia, ada bahaya seperti diumbar ke yang lain.

Dalam kondisi ini kita akan merasa tertekan. Jika sudah begitu, rasanya sulit menerima kenyataan. Kita pun jadi putus asa. Seolah hidup seperti tak ada maknanya.

Saat ini terjadi, selalu arahkan pikiran dan batin kepada Allah. Karena hanya Allah tempat terbaik untuk mengadu.

Agar kesedihanmu segera terangkat, doa ini bisa kamu jadikan amalan. Ucapkan dalam setiap sujudmu agar semakin dekat kepada Allah.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Kesedihan Segera Terangkat

Doa Agar Kesedihan Segera Terangkat© Dream.co.id

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghitsu.

Artinya,

" Wahai Tuhan yang Maha Hidup, wahai Tuhan yang Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan."

Sumber: Bincang Muslimah

Beri Komentar