Tak Cinta Suami Lantaran Dijodohkan, Harus Bagaimana?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 14 November 2019 06:01
Tak Cinta Suami Lantaran Dijodohkan, Harus Bagaimana?
Perjodohan mungkin tidak menghadirkan keikhlasan.

Dream - Mungkin banyak dari kita yang menganggap saat ini sudah zaman modern. Segala hal berbau kuno mungkin tertolak. Salah satunya perjodohan.

Meski begitu praktik perjodohan ternyata masih berlangsung hingga saat ini. Bahkan tidak hanya pada masyarakat kelas ekonomi rendah, mereka yang kaya juga melakukannya.

Tentu, ada rasa tidak ikhlas dalam hati saat menjalani pernikahan tanpa keinginan sendiri. Apalagi sampai kesannya sangat dipaksakan.

Salah satu dampak yang timbul adalah tidak adanya rasa cinta pada suami atau istri. Sehingga rumah tangga dijalani dengan keterpaksaan.

Jika dalam situasi ini, apa yang sebaiknya dilakukan?

1 dari 6 halaman

Hakikat Cinta

Dikutip dari Bincang Muslimah, cinta adalah kecenderungan hati kepada kebahagiaan. Apa yang dianggap tidak baik oleh lain bisa jadi dianggap baik karena cinta.

Sebenarnya, cinta adalah pekerjaan hati yang sifatnya rumit. Ini lantaran keberadaannya hanya bisa diketahui oleh pemilik dan sesuatu yang menjadi objek cinta.

Masalah cinta, Rasulullah Muhammad SAW juga pernah mengalaminya. Bahkan Rasulullah mengadu kepada Allah SWT. Hal ini dapat kita ketahui dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Sayyidah Aisyah RA.

" Sesungguhnya Nabi SAW menggilir para isterinya dengan adil, dan berkata, 'Ya Allah, inilah batas kemampuan yang kumiliki, maka janganlah kecam aku menyangkut apa yang Engkau miliki tapi tidak kumiliki'."

Hadis di atas menunjukkan Rasulullah juga pernah bermasalah soal cinta. Sang Nabi mengadukan betapa sulitnya berbuat adil dalam cinta kepada para istrinya.

 

2 dari 6 halaman

Tetap Berusaha dan Berdoa

Meski begitu, perasaan tidak cinta kepada suami tidak bisa dijadikan alasan untuk menyerah. Apalagi sampai memutuskan hubungan suami istri dengan jalan perceraian.

Sehingga, jika seorang istri tak bisa mencintai suaminya karena perjodohan, dia dianjurkan untuk berusaha menumbuhkan rasa itu pada pasangan sahnya. Diiringi dengan doa agar Allah menumbuhkan rasa cinta itu dalam hatinya.

Apabila sudah dilakukan namun tetap tak bisa, hendaknya selalu berhusnudzon (berprasangka baik) kepada Allah. Juga selalu berperilaku baik kepada pasangan.

Sumber: Bincang Muslimah

3 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Pengaruh Buruk Orang Lain

Dream - Punya teman atau tetangga tentu jadi kenyataan yang harus diterima. Sudah kodratnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dengan orang lain.

Kita akan menghadapi berbagai watak dan tabiat saat berinteraksi dengan banyak orang. Ada yang baik namun tidak sedikit yang buruk.

Rutinitas kita berinteraksi dengan teman atau tetangga perlahan-lahan akan memperngaruh perilaku kita. Sangat beruntung jika yang kita dapat selalu pengaruh baik.

Tetapi, pengaruh buruk dari orang lain juga tidak bisa kita hindari.

Agar terhindar dari pengaruh buruk teman dan tetangga, dianjurkan memohon perlindungan kepada Allah. Caranya dengan membaca doa ini.

4 dari 6 halaman

Doa Menghindar Dari Pengaruh Buruk

 Doa terhindar dari pengaruh buruk orang lain

Allahumma inni a'udzubika min yaumis su' wa min lailatis su' wa min sa'atis su' wa min shahibis su' wa min jaris su' fi daril muqamah

Artinya,

" Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hati yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk teman yang buruk, dan dari tetangga yang buruk di tempat tinggalku."

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Harapan Terkabulkan

Dream - Setiap orang tentu ingin agar harapannya terkabul. Rasanya lega jika keinginan yang sudah sangat diidamkan akhirnya terpenuhi. 

Sebagai manusia kita memang hanya bisa berusaha dan berdao. Terkabulnya harapan tidak bisa dipastikan. Meskipun kita telah berusaha keras dan banyak berdoa.

Mengabulkan harapan semata urusan Allah. Hanya Allah-lah yang memiliki kuasa akan hal itu.

Sudah sepantasnya manusia bersyukur saat harapan dikabulkan Allah. Jangan lupa mengucap doa ini sebagai wujud rasa syukur itu.

 

6 dari 6 halaman

Doa Saat Harapan Terkabul

 Doa Harapan Terkabul

Alhamdulillahil ladzi bi 'izzatihi wa jalalihi tatimmush sholihat.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang dengan keagungan-Nya segala amal shalih sempurna."

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone