Tak Sempat Sholat Tahiyatul Masjid Saat ke Masjid, Ganti Saja dengan Zikir Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 30 Mei 2021 18:00
Tak Sempat Sholat Tahiyatul Masjid Saat ke Masjid, Ganti Saja dengan Zikir Ini
Membaca zikir ini sebanyak empat kali, insya Allah dapat menggantikan kesunahan Sholat Tahiyatul Masjid.

Dream - Sebagai rumah ibadah, masjid tentu memiliki kedudukan istimewa bagi umat Islam. Terdapat perlakuan istimewa dari umat Islam saat hendak masuk, berada di dalam, atau ketika keluar dari masjid.

Adab berada di dalam masjid yang sudah kita ketahui seperti harus lepas alas kaki, tidak boleh makan atau tidur di dalam ruang utama masjid, tidak boleh ada kotoran, dan lain sebagainya. Itu perlakuan secara fisik.

Ada pula perlakukan secara rohani yang tentunya demi meraih keberkahan di dalam masjid. Bisa dengan zikir, membaca Alquran, dan amaliyah ibadah lainnya.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan setiap kali masuk masjid adalah sholat dua rakaat Tahiyatul Masjid. Sholat ini disunahkan sebagai penghormatan akan keberadaan masjid dan fungsi sebagai rumah ibadah.

Sayangnya, kadang kita tidak punya cukup waktu sehingga tak bisa menjalankan sholat sunah ini. Untuk menggantinya, dianjurkan membaca zikir ini sebanyak empat kali.

Amalan ini dianjurkan oleh Imam Malik. Imam Abu Hanifah, dan Imam Syafi'i. Sedangkan ketentuannya termaktub pada Kitab Al Fiqh 'Ala Madzahib Al Arba'ah.

 

1 dari 5 halaman

Zikir Pengganti Sholat Tahiyatul Masjid

Zikir Pengganti Sholat Tahiyatul Masjid© Dream.co.id

Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar wa la khawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim.

Artinya,

" Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali karena Allah."

2 dari 5 halaman

Selalu Lantunkan Lafal Zikir Penghapus Dosa Ringan

Dream - Setiap perbuatan pasti ada ganjarannya. Baik itu pahala maupun dosa. Kadarnya bergantung pada seberapa berat bobot perbuatan yang terjadi.

Semakin kecil kebaikan atau keburukan, maka semakin ringan pahala dan dosanya. Meski begitu, kita tetap harus waspada khususnya pada dosa. Sebab dosa dapat menghapus catatan amal berpahala kita.

Termasuk ketika kita melakukan dosa yang  tergolong ringan. Pasalnya, dosa ringan yang menumpuk bisa mengurangi pahala kita.

Dianjurkan untuk selalu bertobat agar dosa-dosa ringan kita bisa terhapus. Caranya dengan merutinkan berzikir dengan lafal ini.

 

3 dari 5 halaman

Zikir Penghapus Dosa

Zikir Penghapus Dosa Ringan© Dream.co.id

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul khamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qodir.

Artinya,

" Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatunya." (mut)

4 dari 5 halaman

Zikir Jelang Subuh Agar Diberi Kekayaan dan Jadwal Imsak 10 Mei 2021

Dream - Menjadi orang kaya mungkin menyenangkan. Dengan banyak harta, kita bisa nyaman menjalani hidup. Harta memang dapat memudahkan segala keperluan kita. Ingin makan, tinggal pilih menu.

Ingin punya sesuatu, tinggal beli. Butuh jasa, tinggal bayar.

Tapi yang paling utama, harta harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan harta yang melimpah, tentu bukanlah masalah bagi kita untuk berbagi lewat sedekah dan sebagainya.

Memang, kondisi setiap orang berbeda antara satu dengan lainnya. Tetapi, ingin kaya tentu jadi harapan semua orang.

Agar hal itu terwujud, dianjurkan memperbanyak zikir ini di sela waktu antara sholat sunah qabliyah dan sholat Subuh.

5 dari 5 halaman

Zikir Diberi Kekayaan

Zikir Diberi Kekayaan© Dream.co.id

Subhanallahil adhim wa bihamdihi, subhana man yamunnu wa la yumannu 'alaih, subhana man yujiru wala yujaru 'alaih, subhana man yubrou minal hauli wal quwwati ilaih, subhana man at-tasbihu minnatun minhu 'ala man i'tamada 'alaih, subhana man yusabbihu kullu syaiin bihamdih, subhanaka la ilaha illaa anta, ya man yusabbihu lahul jami'u, tadarakni bi 'afwika fa inni jazu'un.

Artinya,

" Maha Suci Allah Yang Maha Agung dan bagi-Nya segla puji, Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Memberi dan tidak diberi, Maha Suci Allah Dzat Yang menolong dan tidak ditolong, Maha Suci Allah Dzat Yang tidak daya upaya dan kekuatan hanya dari-Nya, Maha Suci Allah Dzat Yang mana tasbih merupakan pemberian dari-Nya kepada orang yang selalu berpegang kepada-Nya, Maha Suci Allah Dzat Yang mana segala sesuatu bertasbih dengan memuji-Nya, Maha Suci Engkau yang mana tiada Tuhan selain Engkau, wahai Dzat Yang mana segala sesuatu bertasbih kepada-Nya, selamatkanah aku dengan maaf-Mu, sebab aku adalah makhluk yang sering berkeluh-kesah."

Beri Komentar