5 Tanda-tanda Jodoh Menurut Alquran yang Bisa Dilihat dan Dirasakan

Reporter : Sugiono
Jumat, 13 Maret 2020 18:02
5 Tanda-tanda Jodoh Menurut Alquran yang Bisa Dilihat dan Dirasakan
Ayat-ayat berikut ini mengungkap tanda-tanda jodoh menurut Alquran yang bisa dijadikan petunjuk untuk menemukan jodoh kita.

Dream - Banyak yang merasa bingung dengan masa depannya, termasuk soal jodoh yang akan menemani di dalam mahligai rumah tangga.

Pertanyaan 'Siapa jodoh saya?' seringkali terlontar dalam benak sebagian orang yang ragu akan masa depan rumah tangga mereka.

Tetapi, sebagai Muslim, kita sangat yakin bahwa jodoh, mati, dan rezeki itu sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Meski sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, sebagai manusia kita tetap perlu untuk mencari jodoh tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sayangnya, kita terkadang salah arah dan salah pilih dalam mencari jodoh kita itu. Padahal, Alquran sendiri sudah memberikan tanda-tanda jodoh manusia.

Sebagai pedoman hidup umat Muslim, maka sudah pasti Alquran juga membahas mengenai petunjuk atau tanda-tanda jodoh tersebut.

Maka, ayat-ayat berikut ini mengungkap tanda-tanda jodoh menurut Alquran yang bisa dijadikan petunjuk untuk menemukan jodoh kita.

1 dari 5 halaman

Memiliki Iman dan Sifat yang Mirip

Tanda-tanda jodoh menurut Alquran yang pertama adalah jika pasangan memiliki iman dan sifat yang mirip.

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Seperti yang terkandung dalam surat An-Nuur ayat 26, yang artinya: " Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rizki yang mulia (surga)." (QS. An-Nuur:26)

2 dari 5 halaman

Merasa Tenteram Saat Berada di Dekatnya

Tanda-tanda jodoh menurut Alquran berikutnya adalah jika kamu merasa tenteram dan nyaman saat berada di dekatnya.

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Seperti yang diungkapkan dalam surat Ar-Rum ayat 21 berikut, yang artinya: " Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir." (QS Ar-Rum:21)

3 dari 5 halaman

Menyenangkan dan Bisa Memahami Kita

Tanda-tanda jodoh menurut Alquran yang ketiga yaitu perangai dia menyenangkan dan bisa memahami dirimu apa adanya.

 

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Hal ini terungkap dalam surat Al Furqon ayat 74, yang artinya: " Dan orang orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa'." (QS. Al Furqon:74)

4 dari 5 halaman

Bisa Memberikan Rizki dan Keturunan yang Baik

Allah sudah membocorkan rahasia tentang pasangan hidup kita dalam Alquran, sebagaimana firmannya: " Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?" (QS. An-Nahl:72)

5 dari 5 halaman

Diterima dengan Baik di Keluarga

Tanda-tanda jodoh menurut Alquran yang terakhir adalah kamu merasa diterima di keluarganya, begitu pula sebaliknya.

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

 

Seperti diungkap dalam surat Asy-Syura ayat 11, yang artinya, " (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat." (QS. Asy-Syura: 11)

Dari berbagai sumber

Beri Komentar