Tanda-tanda Penuaan Manusia yang Disebutkan dalam Alquran

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 29 November 2018 20:00
Tanda-tanda Penuaan Manusia yang Disebutkan dalam Alquran
Banyak ayat dalam Alquran mengingatkan kita tentang tahapan hidup.

Dream - Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti mengalami fase peralihan fisik. Manusia lahir dalam keadaan lemah sebagai bayi, perlahan menguat hingga dewasa, lalu masuk fase penuaan.

Setiap orang pasti mengalaminya. Kecuali mereka yang sudah ditakdirkan menghadap Allah SWT lebih dulu.

Rupanya, fase perkembangan fisik ini juga tercantum dalam Alquran. Ada sejumlah ayat yang menunjukkan tanda-tanda tubuh manusia mengalami penuaan.

Dikutip dari Harakah Islamiyah, tanda-tanda tersebut sebagai berikut.

Pertama, tangan yang semakin lemah, yang tercantum dalam Surat Hud ayat 15-16. Fisik manusia semakin melemah begitu memasuki fase penuaan. Tangan tidak kuat lagi menggenggam, menandakan peringatan Allah SWT fisik manusia tidak akan kuat melawan waktu.

Kedua, pandangan yang semakin kabur, tertuang dalam Surat Al Isra ayat 72. Ketika masa tua tiba, pandangan manusia menjadi buram. Allah SWT mengangkat kemampuan matanya sedikit demi sedikit.

1 dari 1 halaman

Perasaan Semakin Sensitif dan Muncul Uban

Ketiga, perasaan semakin sensitif seperti pada Surat Luqman ayat 22. Juga rapuh dimakan kesendirian pada Surat Al An'am ayat 32.

Fisik yang menua membuat perasaan semakin sensitif. Seseorang merasa sendiri karena banyak temannya, bahkan pasangan hidupnya telah pergi lebih dulu.

Keempat, satu per satu gigi tanggal seperti dalam Surat Ali Imron ayat 145. Mulut sudah tidak bisa lagi mengunyah semua makanan.

Kelima, tulang rapuh dan keropos seperti dalam Surat An Nisa ayat 78. Kemampuan tulang dalam menopang tubuh juga menurun bersamaan dengan bertambahnya usia. Persendian pun tidak lagi serekat saat masih muda.

Keenam, muncul uban seperti dalam Ali Imran ayat 185. Uban merupakan pertanda kita sudah tidak muda lagi. Juga sebagai pengingat agar kita menyiapkan bekal amalan sholeh sebelum ajal tiba.

Sumber: Harakah Islamiyah

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair