Tasyriq Selesai Berganti Ayyamul Bidh, Awali Puasa dengan Niat Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 23 Juli 2021 20:00
Tasyriq Selesai Berganti Ayyamul Bidh, Awali Puasa dengan Niat Ini
Masih ada dua hari ayyamul bidh di Zulhijah ini.

Dream - Maghrib tadi, kita telah meninggalkan tiga hari mulia di bulan Zulhijah yaitu Tasyriq. Hari-hari ini jatuh pada 11, 12, 13 Zulhijah setiap tahunnya.

Selama tiga hari ini, umat Islam diharamkan melaksanakan puasa. Karena hari-hari tersebut masih termasuk waktu-waktu berkurban.

Sementara mulai Maghrib ini, kita sudah masuk ke tanggal 14 Zulhijah 1442 H. Hari-hari ini disebut dengan ayyamil bidh atau hari-hari putih.

Nama ayyamul bidh diambil dari sifat hari-hari pertengahan bulan. Di Pada tanggal 13 hingga 15, bulan bersinar dengan terang di malam hari.

Ketika ayyamul bidh, kita disunahkan untuk berpuasa di siang harinya. Berikut niat yang dilafalkan sebelum puasa ayyamul bidh.

 

1 dari 3 halaman

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ayyamil bidli sunnatan lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat berpuasa ayyamul bidh (hari-hari putih) esok hari sunah karena Allah Ta'ala."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 3 halaman

Disunahkan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha, Ini Niatnya

Dream - Sebentar lagi, kita akan merayakan Idul Adha 1442 H. Hari besar kurban tahun ini akan jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Sebelum Idul Adha, ada amalan yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Amalan tersebut yaitu Puasa Arafah pada 9 Zulhijah setiap tahun.

Dinamai Puasa Arafah, merujuk pada peristiwa haji. Pada tanggal 9 Zulhijah, jemaah berkumpul di Arafah untuk melaksanakan ibadah puncak dengan wukuf.

Bagi yang tidak haji, dianjurkan untuk puasa sunah. Faedah dari puasa sunah ini sungguh besar, bisa menghapus dosa dua tahun sebelumnya dan yang akan datang seperti disabdakan Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan Imam Muslim.

Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan Puasa Asyura (10 Muharram) menghapus dosa setahun lalu.

Nah, luar biasa bukan faedah dari Puasa Arafah. Buat kamu yang ingin melaksanakannya, awali dengan niat ini diiringi dengan makan sahur.

 

3 dari 3 halaman

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati arafah lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa sunah Arafah esok hari karena Allah Ta'ala."

Sumber: NU Online

Beri Komentar