Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 30 November 2021 15:01
Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Tahajud Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW
Sholat tahajud sangat dianjurkan kepada umat Islam, bahkan Nabi saw pun juga mengerjakan sholat tahajud semasa hidupnya.

Dream – Sholat tahajud menjadi salah satu sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW juga mengerjakan sholat tahajud.

Sholat tahajud bahkan menjadi sholat sunah yang paling utama. Meskipun dikerjakan pada tengah malam, tak sedikit yang melakukannya karena ada banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh.

Selain mendapatkan pahala, sholat tahajud juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, mendapatkan perlindungan Allah SWT dari berbagai macam bencana, mendapat keringanan saat dihisab, dikabulkannya doa-doa kita, dan masih banyak lagi.

Setelah mengerjakan sholat tahajud, jangan lupa juga untuk membaca doa setelah sholat tahajud agar makin sempurna.

Dalam Alquran, lebih tepatnya surat Al-Isra ayat 79, juga telah dijelaskan tentang anjuran sholat tahajud ini yang bunyinya sebagai berikut:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

 Artinya: “ Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79)

Selain dalam Alquran, hadis yang diriwayatkan Imam Muslim ini juga menganjurkan agar melakukan sholat tahajud:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْـدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ.

 Artinya: “ Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

Untuk mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar serta doa setelah sholat tahajud, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud© Flickr.com/Heru SH

Secara umum, cara mengerjakan sholat tahajud ini sama dengan saat mengerjakan sholat lainnya. Yang membedakan hanyalah waktu dan rakaat sholatnya. Untuk waktu sholat tahajud adalah saat malam (masuk waktu isya) setelah bangun dari tidur. Dan ada waktu yang lebih diutamakan lagi, yakni sekitar pukul 01.00 sampai menjelang subuh.

Sedangkan untuk jumlah rakaatnya minimal adalah 2 rakaat dan bisa dilanjutkan menjadi 4, 6, 8, 12, dan seterusnya. Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud yang perlu diketahui:

1. Niat sholat tahajud

Niat adalah salah satu rukun dalam sholat. Sama seperti sholat tahajud yang juga didahului dengan bacaan niat sebagai berikut:

أُصَلِّيْسُنَّةَالتَهَجُّدِرَكْعَتَيْنِلِلهِتَعَالَى

 Artinya: “ Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah.”

2. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan takbiratul ihram serta doa iftitah.

3. Lalu seperti sholat pada umumnya, yakni dengan membaca surat Al-Fatihah.

4. Dilanjutkan dengan membaca surat yang ada dalam Al-Quran. Nabi Muhammad saw sendiri membaca surat-surat yang ringan, dalam artian mudah untuk dibaca dan dihafalkan oleh para pemula.

5. Setelah membaca surat pendek, kemudian rukuk dengan tumakninah sembari membaca doa i’tidal.

6. Lalu i’tidal dengan tumakninah sembari membaca doa i’tidal.

7. Kemudian sujud dengan tumakninah sembari membaca doa sujud.

8. Pada rakaat kedua adalah mengulang seperti halnya pada rakaat pertama.

9. Lalu pada tahiyat akhir adalah membaca doa tahiyat akhir.

10. Setelah salam, disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istighfar, dan doa setelah sholat tahajud. Di saat inilah, sahabat Dream bisa memohon kepada Allah SWT karena waktu sholat tahajud menjadi waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

2 dari 2 halaman

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud© Freepik.com

Bagi sahabat Dream yang sudah selesai mengerjakan sholat tahajud, maka luangkan waktu sejenak untuk tetap berada di tempat kamu sholat. Inilah momen yang tepat untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Di mana kamu bisa lebih dekat dengan Allah SWT dan memohon ampun kepada-Nya atas segala salah dan dosa.

Bahkan doa setelah sholat tahajud ini juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Berikut adalah doa setelah sholat tahajud yang bisa sahabat Dream baca dan hafalkan:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakalhamdu anta qayyimus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, laka mulku samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, walakal hamdu, anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu, anta malikus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu, antal haqqu, wawa’dukal haqqu, waliqaa uka haqqun, waqauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wannabbiyuuna haqqun, wa muhammadun sallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun, wassa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu wamaa akhrartu, wamaa asrartu wamaa a’lantu, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: “ Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, kepunyaan Engkaulah kerajaan langit, bumi, dan apa yang ada padanya. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah Pemberi cahaya langit dan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah Penguasa Langit dan bumi.

Bagi-Mulah segala puji, Engkaulah Yang Maha Benar, janji-Mu itu benar, bertemu dengan-Mu adalah benar, firman-Mu adalah benar, surga itu benar, neraka itu benar, para Nabi itu benar, Muhammad saw itu benar, kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, kepada-Mu lah saya beriman, kepada-Mu saya bertawakal.

Kepada-Mu saya kembali, kepada-Mu saya mengadu, dan kepada-Mu saya berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, yang saya sembunyikan dan yang terang-terangan, dan yang lebih Engkau ketahui daripada saya, Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengemudiankan, tidak ada Tuhan melainkan Engkau.”

Beri Komentar