Tata Cara dan Keistimewaan Sholat Tasbih

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 8 Desember 2020 17:03
Tata Cara dan Keistimewaan Sholat Tasbih
Semakin banyak membaca tasbih, semakin banyak pula dosa-dosa yang diampuni oleh Allah Swt.

Dream – Sholat tasbih adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang di dalamnya banyak mengandung bacaan tasbih Subhanallah wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar.

Sholat tasbih memiliki banyak manfaat apabila dikerjakan oleh orang muslim di setiap harinya. Sayangnya, sholat tasbih masih belum terlalu akrab dengan orang muslim. Kebanyakan orang islam hanya tahu sholat dhuha dan tahajud.

Padahal sholat tasbih tak kalah istimewa dari kedua sholat tersebut. Bahkan di dalam Alquran banyak perintah supaya umat muslim bertasbih kepada Allah Swt. Salah satunya tertuang di dalam Alquran surat Thaha ayat 130 yang artinya:

" Maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbih-lah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang." (Thoha/20:130)

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tasbih Sesuai Ajaran Rasulullah Saw.

Karena manfaat dan keistimewaan sholat tasbih begitu besar, Nabi Muhammad Saw pun sangat menganjurkan untuk dikerjakan oleh umatnya.

Menurut tuntunan tata cara sholat tasbih sesuai ajaran Rasulullah Saw., ada 300 kali tasbih yang harus dibaca di dalam sholat sunnah yang satu ini.  Lebih jelasnya, berikut tata cara sholat tasbih yang berhasil Dream rangkum dari berbagai sumber:

  • Niat melakukan sholat tasbih.Niat sholat sunnah tasbih pada siang hari (4 rakaat dengan 1 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

USHOLLI SUNNATAT TASBIHI ARBA’A RAK’AATIN LILLAHI TA’ALAA

Artinya: Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala.

Niat sholat sunnah tasbih pada malam hari (4 rakaat dengan 2 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

USHOLLI SUNNATAT TASBIHI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA

Artinya: Aku Niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala.

  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Kemudian membaca surat dari Alquran.
  • Setelah selesai membaca surat Alquran, dilanjutkan membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

SUBHANALLAH, WALHAMDULILLAH, WALAA ILAAHA ILLA ALLAH, WALLAHU AKBAR

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

  • Ruku’ dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • I’tidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.
  • Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  • Kemudian diakhiri dengan salam.
2 dari 4 halaman

Manfaat Menakjubkan Sholat Tasbih

Ilustrasi© freepik.com

1. Timbangan Amal Baik di Akhirat

Manfaat sholat tasbih yang pertama adalah membantu memberatkan timbangan amal baik di akhirat kelak. Dengan rajin melakukan sholat tasbih, Sahabat Dream akan terbantu dengan timbangan amal di akhriat yang cenderung lebih berat amal baiknya. Sebab jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik kamu akan diberatkan.

2. Tasbih Kalimat Terbaik di Sisi Allah Swt

Satu kali, Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang ucapan yang paling baik. Beliau menjawab, 'Yang diperintah Allah SWT kepada para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan Subhanallahi wa bihamdihi’. (HR. Muslim)

3. Disiapkan Kebun Kurma di Surga

Jika rajin menjalankan sholat tasbih, Sahabat Dream akan memetic kurma sepuasnya di surga. Setiap kali kamu membaca tasbih, Allah akan menyiapkan sebatang pohon kurma di surga.

" Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga." (HR. at-Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

4. Penghapus Dosa-Dosa

Manfaat sholat tasbih yang menakjubkan adalah mampu menghapus dosa-dosa yang jumlahnya diumpamakan seperti buih di lautan.

" Rasulullah bersabda, barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah hapuskan kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Siap Hadapi Krisis Pangan Akhir Zaman

Manfaat sholat tasbih selanjutnya adalah sebagai senjata untuk mempersiapkan dalam menghadapi krisis pangan di akhir zaman. Kelak, kalimat asbih yang sering kamu ucapkan sebagai ganti makanan yang bergizi dan menyehatkan bagi umat islam di akhir zaman.

" Rasulullah bersabda, makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barangsiapa yang ucapannya pada saat itu adalah tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan."  (HR. al-Hakim)

4 dari 4 halaman

Ilustrasi© freepik.com

6. Dihindarkan dari Kesedihan dan Penyakit Kronis

" Suatu kali Qabishah al-Makhariq mendatangi Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarkan aku beberapa kalimat (ucapan) yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku, karena sungguh umurku sudah tua dan aku merasa lemah untuk melakukan apapun’.

Lalu Rasulullah berkata, ‘Jika engkau membacanya, maka akan engkau terhindar dari kesedihan, kusta, penyakit biasa, belang, lumpuh akibat pendarahan otak (stroke)'."  (HR. Ibnu as-Sunni dan Ahmad)

7. Senjata Hadapi Persoalan Besar

" Diriwayatkan dari Abu Hurayrah, bahwa jika Rasulullah menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit sambil mengucapkan Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan Ya hayyu ya qoyyum."  (HR. at-Tirmidzi)

8. Ikut Ajaran Rasulullah Saw

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw menjamin bagi umat muslim yang mau mengerjakan sholat tasbih akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt. Baik dosa yang awal dan yang akhir, dosa lama maupun dosa baru, dosa yang disengaja maupun tidak disengaja, dosa kecil dan besar, dosa rahasia maupun terang-terangan, serta sepuluh macam dosa lainnya.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar