Niat dan Tata Cara Shalat Tahajud Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sesuai Sunnah

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 20 November 2019 18:01
Niat dan Tata Cara Shalat Tahajud Lengkap, Beserta Bacaan Doa Sesuai Sunnah
Selain shalat 5 waktu, Islam juga memilki beberapa shalat sunnah. Salah satu shalat sunnah yang baik untuk dilakukan adalah shalat tahajud.

Dream - Shalat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut sholatun lail yang memiliki arti shalat malam. Hanya melihat dari terjemahannya saja, kita bisa tahu jika shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari.

Malam hari pada waktu sholat tahajud ini maksudnya adalah sepertiga malam sampai waktu menjelang subuh. Sepertiga malam banyak diartikel berlangsung dari sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 pagi.

Shalat tahajud dilakukan pada waktu sepertiga malam dan waktu pelaksanaannya setelah bangun dari tidur di malam hari. Beberapa ulama ada yang berpendapat shalat tahajud dapat dilakukan tanpa harus tidur dulu.

Shalat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam secara rutin. Dengan melakukan tata cara dan niat shalat tahajud yang benar, maka shalatnya akan semakin sempurna.

Dan Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang menunaikan shalat tahajud. Karena menurut para ulama ketika shalat malam hari dengan suasana sunyi akan semakin khusyuk dan semakin dekat dengan Allah SWT di dalam shalatnya.

1 dari 3 halaman

Bacaan Niat Shalat Tahajud

Bacaan niat shalat sunah tahajud juga harus dilakukan. Niat shalat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan shalat sunah malam lainnya, karena shalat malam yang dilakukan dengan 2 rakaat jenisnya banyak.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dikerjakan menjadi sempurna. Bacaan niat shalat tahajud yang benar juga harus diucapkan agar shalat tahajudnya menjadi sempurna.

Jika niatnya saja sudah tidak benar, maka shalat tahajudnya otomatis tidak sempurna. Untuk itu hafalkan bacaan niat shalat tahajud di bawah ini.

  /></p>
<p style=

Artinya:
“ Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

2 dari 3 halaman

Tata Cara Shalat Tahajud

Dalam melaksanakan shalat tahajud yang paling utama adalah di sepertiga malam terakhir. Shalat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

Tata cara sholat tahajud dan bacaanya semua sama dengan sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah 2 rakkat lainnya. Diawali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ikhram. Untuk lebih jelasnya berikut tata cara sholat tahajud dan bacaanya.

Berikut ini tata cara shalat tahajud 2 rakaat:

Tata cara shalat tahajud pada rakaat pertama

- Mengucapkan Niat Sholat Tahajud

- Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)

- Membaca Doa Iftitah

- Membaca Surat Al Fatihah

- Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an

- Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk

- Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal

- Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud

- Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud

- Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud

- Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

Tata cara shalat tahajud pada rakaat kedua

- Membaca Surat Al Fatihah

- Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an

- Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk

- Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal

- Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud

- Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud

- Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud

- Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir

- Gerakan salam dengan mengucapkan salam “ Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.

Walaupun sholat tahajud adalah sunnah, namun kalau mengerjakan dan mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah SWT. Bagi Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derjatanya di sisi Allah SWT.

Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud

Setelah selesai sholat tahajud lengkap dengan bacaannya yang urut dan benar, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah Swt untuk memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Berikut ini adalah bacaan doa setelah shalat tahajud.

  /></p>
<p style=

Artinya:
“ Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“ Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara