Niat dan Tata Cara Shalat Tarawih, Dilengkapi Bacaan Doa dan Terjemahannya

Reporter : Sugiono
Jumat, 3 Mei 2019 08:00
Niat dan Tata Cara Shalat Tarawih, Dilengkapi Bacaan Doa dan Terjemahannya
Panduan tentang niat dan tata cara shalat tarawih, dilengkapi dengan bacaan doa dan terjemahannya. Ketahui juga keutamaan shalat tarawih untuk menambah semangat puasa Ramadan.

Dream - Bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Sebab, bulan Ramadan terdapat banyak keistimewaan.

Salah satu keistimewaan tersebut adalah Allah melipatgandakan pahala hamba-Nya yang beribadah dengan sungguh-sungguh.

Nah, salah satu bentuk ibadah sunah tapi sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan adalah sholat tarawih.

Shalat tarawih adalah ibadah shalat sunnah yang dilakukan setelah menjalankan sholat Isya pada tiap malam bulan Ramadan.

Ibadah sholat tarawih ini bisa dilakukan sendirian atau berjemaah. Hukum sholat tarawih ini adalah sunah muakkadah.

Sholat tarawih tidak hanya sebagai cara meningkatkan amal ibadah. Tapi juga menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah.

Sholat sunah tarawih termasuk qiyamul lail atau sholat malam. Namun sholat tarawih hanya boleh dilakukan pada bulan Ramadan.

1 dari 7 halaman

Hukum Shalat Tarawih

Hukum sholat tarawih adalah sunnah bagi Muslim laki-laki dan perempuan. Boleh dikerjakan berjamaah maupun sendiri-sendiri.

Namun menurut jumhur ulama, sholat tarawih lebih utama bila dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Awalnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah.

Namun kemudian menghentikannya karena Rasulullah khawatir sholat tarawih dianggap wajib.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan supaya mengerjakan sholat malam di bulan Ramadan tetapi tidak mewajibkannya. Beliau bersabda: " Barangsiapa bangun pada malam bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan perhitungan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Muslim)

Awalnya, sholat ini wajib bagi kaum Muslimin. Setelah turun perintah sholat lima waktu, sholat ini menjadi sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi kaum Muslimin.

2 dari 7 halaman

Waktu dan Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Waktu sholat tarawih dikerjakan pada tiap malam bulan Ramadan. Waktu sholat tarawih mulai setelah sholat Isya sampai akhir malam sebelum sholat witir.

Mengenai jumlah rakaat sholat tarawih, cukup dilakukan sebanyak 11 rakaat. Terdiri atas sholat tarawih 8 rakaat dan sholat witir 3 rakaat.

Rasulullah sendiri mengerjakan sholat tarawih sebanyak delapan rakaat lalu sholat witir tiga rakaat. Sehingga jumlah rakaat sholat tarawih Rasulullah adalah 11 rakaat.

Sedangkan di zaman Umar bin Khattab, sholat tarawih dikerjakan sebanyak 23 rakaat. Terdiri dari sholat tarawih 20 rakaat, ditambah dengan sholat witir tiga rakaat.

Mengenai jumlah rakaat sholat tarawih ini, para ulama memiliki hujjah sendiri-sendiri yang semuanya bagus untuk dikerjakan.

Sebagian ulama sholat tarawih 8 rakaat karena berpegang pada hadis Aisyah. Disebutkan bahwa sholat malam Rasulullah. Baik di bulan Ramadan atau bulan lainnya, tidak pernah lebih dari 11 rakaat.

Sedangkan yang lainnya sholat tarawih 20 rakaat karena mengikuti kaum Muhajirin dan Anshar yang juga dilakukan pada masa khalifah Umar.

3 dari 7 halaman

Bacaan Niat Shalat Tarawih

Jumhur ulama Imam Ahmad, Imam Malik, dan Imam Abu Hanifah mengatakan tidak ada lafal khusus untuk niat sholat tarawih.

Niat berasal langsung dari hati, tanpa mengatakan pun sudah memiliki makna sesuai dengan apa yang akan dilakukannya.

Namun, bagi masyarakat Indonesia, melafalkan atau mengucapkan niat sholat tarawih sudah menjadi kebiasaan.

Berikut ini adalah bacaan niat sholat tarawih yang sering digunakan masyarakat Indonesia:

USHALLII SUNNATAT-TAROWIHI RAK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI (MAKMUUMAN / IMAAMAN) LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat Sunnah Tarawih, dua raka'at dengan menghadap kiblat, (makmum/imam), karena Allah Ta'ala.

Kata-kata dalam kurung yaitu MAKMUUMAN dan IMAAMAN hanya boleh diucapkan salah satu. Jika menjadi jamaah shalat tarawih, maka yang dibaca adalah MAKMUUMAN.

Namun jika mengerjakan shalat tarawih sebagai imam, maka dipilih bacaan niat shalat tarawih yang ada mengandung kata IMAAMAN.

Untuk mereka yang mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, cukup dengan menghilangkan kedua kata tersebut.

4 dari 7 halaman

Tata Cara Shalat Tarawih

Meskipun bisa dikerjakan sendiri di rumah, sholat tarawih disunnahkan untuk dilakukan secara berjamaah di masjid.

Silakan mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat, 20 rakaat atau 36 rakaat, sesuai dengan kebiasaan masjid atau masyarakat setempat.

Namun secara umum sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.

Mengenai tata cara sholat tarawih, sebenarnya sama saja dengan sholat sunnah dua rakaat lainnya.

Secara garis besar, berikut ini tata cara shalat tarawih sendiri atau berjamaah:

1. Takbiratul Ihram

2. Membaca Doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Membaca Surat Alquran

5. Ruku'

6. I'tidal

7. Sujud

8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

9. Sujud

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

10. Membaca Surat Al-Fatihah

11. Membaca Surat Alquran

12. Ruku'

13. I'tidal

14. Sujud

15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

16. Sujud

17. Tasyahhud Akhir

18. Salam

Tentang gerakan dan bacaan tata cara sholat tarawih di rakaat kedua ini sama dengan yang pertama.

Yang berbeda mungkin bacaan surat sholat tarawihnya. Misalnya, di rakaat pertama membaca surat Al-Ikhlas. Di rakaat kedua membaca Surat An-Nas.

Perbedaan lainnya adalah ketika selesai melakukan sujud kedua, langsung Tasyahhud Akhir. Setelah Tasyahhud Akhir selesai, diakhiri dengan Salam.

5 dari 7 halaman

Bacaan Surat Shalat Tarawih

Di masa Nabi, bacaan surat sholat tarawih Rasulullah panjang-panjang sehingga waktu shalatnya sangat lama.

Menurut Qadhi Abu Ya'la, standar panjangnya bacaan surat sholat tarawih adalah satu juz per malam.

Namun di masa sekarang, panjangnya bacaan surat sholat tarawih perlu disesuaikan. Mengingat kemampuan dan kondisi masyarakatnya sudah berbeda.

Imam Ahmad mengatakan bacaan surat sholat tarawih sebaiknya ayat-ayat yang pendek atau ringan agar tidak memberatkan, terlebih jika waktu malamnya pendek.

Namun berat ringan bacaan surat sholat tarawih tergantung pada kesiapan makmum ketika mengerjakan shalat sunnah tersebut.

6 dari 7 halaman

Doa Shalat Tarawih dan Terjemahannya

Sholat itu sendiri sebenarnya sudah merupakan doa kepada Allah SWT. Namun, ada kalanya kita ingin menyampaikan keinginan tertentu kepada Allah melalui doa tersendiri.

Kita mungkin ingin memuji Allah yang telah begitu cinta kepada hamba-Nya hingga menurunkan bulan Ramadan yang penuh berkah dan pengampunan.

Berikut ini beberapa doa shalat tarawih yang bisa dibaca atau dihafalkan untuk memantapkan ibadah puasa di bulan Ramadan.

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. ALHAMDULILLAHIRABBIL'ALAMIN, HAMDAN YUWAAFII NI'AMAHU WA YUKAFFII MAZIIDAH, YAA RABBAANAA LAKAL HAMDU KAMAA YAMBAGHII LIJALAALI WAJ HIKA WA'AZHIIMI SULTHANAIK. ALLAHUMMA SHALLII WA SALLIM 'ALA SAIDINAA MUHAMMADIN WA'ALAA ALII SAIDIINAA MUHAMMADIN

Artinya: " Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian yang mencakup segala nikmat-Nya dan meliputi segala kelebihan-Nya. Ya Tuhan kami, segala puji hanya bagi-Mu, sesuai dengan keagungan wajah-Mu, dan kebesaran kekuasaan-Mu. Ya Allah sampaikanlah shalawat dan salam kami kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarganya."

Selanjutnya, ada doa panjang yang bagus untuk dipanjatkan di bulan penuh rahmat ini.

" ALLAAHUMMAJ'ALNAA BIL IIMAANI KAAMILIINA. WALIFARAA-IDLIKA MU-ADDIINA WA-ALASH SHALAWAATI MUHAAFIDHIINA. WALIZZAKAATI FAA'ILIINA WALIMAA 'INDAKA THAALIBIINA. WALI-AFWIKA RAAJINA, WABIL HUDAA MUTAMASSIKIINA. WA-ANIL LAGHWI MU'RIDLIINA WAFID DUNYAA ZAAHIDIINA, WAFIL AAKHIRATI RAAGHIBIINA, WABIL QADLAA-I RAADLIINA, WABIN NA'MAA-I SYAAKIRIINA. WA-ALAL BALAA-I SHAABIRIINA WATAHTA LIWAA-I SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHALLALLAAHU 'ALAIHI WASAI LAMA YAUMAL QIYAAMATI SAAIRIINA WA'ALAL HAUDLI WAARIDIINA, WAFIL JANNATI DAKHILIINA. WA-ALAA SARIIRATIL KARAAMATI QAA'IDIINA. WABIKHUURIN 'IININ MUTAZAWWIJIINA WAMIN SUNDUSIN WAISTABRAQIN WADIIBAAJIN MUTA-LABBISIINA WATHA'AAMIL JANNATI AAKILIINA. WAMIN LABANIN WA'ASALIN MUSHAFFIINA SYAARIBIINA BIAKWAABIN WA-ABAARIIQA WAKA'SIN MIM MA'IININ MA'AL LADZIINA AN'AMTA 'ALAIHIM MINAN NABIYYIINA WASH SHIDDIIQIINA WASY SYUHADAA-I WASH-SHAALIHIINA WAHASUNA ULAA-IKA RAFIIQAA, DZAALIKAL FADLLU MINALLAAHI WAKAFAA BILLAAHI 'ALIIMA. WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN" .

Artinya: " Ya Allah, jadikanlah kami (orang-orang) yang imannya sempurna, dapat menunaikan segala fardlu, menjaga shalat. Menunaikan zakat, menuntut/mencari segala kebaikan di sisiM, mengharap ampunan-Mu senantiasa memegang teguh petunjuk-petunjukMu, terlepas/terhindar dari segala penyelewengan dan zuhud di dunia dan di akhirat dan tabah (sabar) menerima cobaan, mensyukuri segala nikmat-Mu dan semoga nanti pada hari kiamat kami dalam satu barisan di bawah naungan panji-panji junjungan kita Nabi Muhammad saw, dan melalui telaga yang sejuk, masuk di dalam surga, terhindar dari api neraka dan duduk di tahta kehormatan, didampingi oleh bidadari surga, dan mengenakan baju-baju kebesaran dari sutra berwarna-warni, menikmati santapan surga yang lezat, minum susu dan madu yang suci bersih dalam gelas-gelas dan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat pada mereka dari golongan para Nabi, shiddiqin dan orang-orang yang syahid serta orang-orang shahih. Dan baik sekali mereka menjadi teman-teman kami. Demikianlah kemurahan dari Allah SWT, dan kecukupan dari Allah Yang Maha Mengetahui. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam."

7 dari 7 halaman

Keutamaan Shalat Tarawih

Sholat tarawih atau taraweh adalah sholat sunnah malam yang dikerjakan di bulan Ramadan. Sholat tarawih boleh dikerjakan sendiri atau berjamaah setelah mengerjakan shalat Isya.

Meski termasuk sholat malam, namun masyarakat Indonesia sering melakukan sholat sunah ini sekitar pukul 19.00 sampai 20.00 sesuai dengan waktu Indonesia bagian mana.

Sholat tarawih memiliki keutamaan yang luar biasa. Beberapa di antara dari keutamaan sholat tarawih adalah:

1. Diampuni Allah

Secara khusus, sholat tarawih yang dikerjakan dengan ikhlas akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dosa-dosa terdahulu akan diampuni sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

" Barangsiapa bangun pada malam bulan Ramadan karena iman dan mengarapkan perhitungan dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Muslim)

2. Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tarawih disebut juga sebagai qiyamu Ramadan atau sholat malam di bulan Ramadan. Karenanya, ia juga memiliki keutamaan sholat malam pada umumnya sebagaimana sabda Rasulullah:

" Sholat yang paling afdhol setelah shalat fardu adalah sholat malam." (HR. An Nasa’i)

3. Kebiasaan Orang Shalih

Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Siapa pun yang mengerjakannya, dia akan dicatat sebagai orang-orang shalih sebagaimana mereka.

" Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelum kamu. Shalat malam adalah cara mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad)

4. Diberi Kemuliaan dan Kewibawaan

Orang yang punya kebiasaan shalat malam, termasuk sholat tarawih, akan dianugerahi Allah kemuliaan dan kewibawaan.

" Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya." (HR. Hakim; hasan)

Demikian panduan mengenai tata cara sholat tarawih lengkap beserta niat, bacaan, doa dan keutamaan.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1440 dan semoga memberikan ilmu yang manfaat bagi Sahabat Dream.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone