Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat Lengkap dengan Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 10 Desember 2020 15:45
Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat Lengkap dengan Keutamaannya
Sholat witir juga merupakan sholat sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan untuk dijalankan.

Dream – Sholat witir merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebagai penutup sholat di malam hari. Sholat witir tidak hanya dilaksanakan usai sholat tarawih saja, namun juga dianjurkan untuk dikerjakan sebagai penutup sholat sunnah.

Sholat witir bertujuan untuk mengganjilkan sholat yang dikerjakan. Ibadah sunnah yang satu ini merupakan sholat yang memiliki jumlah rakaat ganjil sebagai penutup ibadah sholat sunnah yang dikerjakan pada hari itu.

Sahabat Dream, jika kamu selesai melaksanakan sholat sunnah dan tidak bermaksud menunaikan ibadah sholat sunnah lainnya di malam hari, sangat disarankan menutupnya dengan sholat witir.

Sholat witir juga merupakan sholat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan. Lazimnya sholat witir dikerjakan sebanyak 3 rakaat, namun jika kondisi fisik tidak memungkinkan, mengerjakannya satu rakaat saja sudah diperbolehkan.

Lalu bagaimana tata cara sholat witir 3 rakaat? Berikut ulasannya lengkap dengan keutamaannya

1 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat

Ilustrasi© freepik.com

sholat witir merupakan sholat sunnah yang dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil. Sholat witir yang biasa dilakukan adalah sholat witir 3 rakaat dengan satu kali salam, atau dua rakaat salam dan satu rakaat salam.

Ada beberapa tata cara sholat witir 3 rakaat yang harus diterapkan. Tata cara sholat witir 3 rakaat ini sama seperti sholat pada umumnya. Yang membedakan hanyalah pada niat dan jumlah rakaatnya.

Niat sholat witir 3 rakaat satu kali salam.

USHALLI SUNNATAL WITRI TSALAASA RAKA’AATIN MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAHI TA’ALAA

Artinya:

Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Sholat witir 3 rakaat dengan satu kali salam ini bacaannya sama dengan sholat fardhu pada umumnya.

Usai membaca surat Al Fatihah, disunnahkan membaca surat Al A'la pada rakaat pertama, dan surat Al Kafirun pada rakaat kedua.

Kemudian pada rakaat ketiga setelah surat Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas.

2 dari 5 halaman

Doa Sholat Witir

Ilustrasi© freepik.com

Setelah sholat witir disunnahkan membaca dzikir sebanyak tiga kali berikut ini: Subhaanal malikil quddus.

Selepas membaca dzikir, berikut doa setelah sholat witir yang dapat diamalkan sehari-hari:

Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotika wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa us shi tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.

Artinya:

Ya Allah aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahanMu dan dengan keselamatanMu dari hukumanMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksaMu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungan kepada diriMu sendiri.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Witir

Ilustrasi© freepik.com

1. Sebagai Tambahan Sholat

Sholat witir seringkali dijadikan sebagai tambahan sholat. sholat ini dianjurkan dikerjakan setelah sholat isya’ dan sebelum waktu sholat subuh. Pahala berlipat ganda bagi muslim yang mau melakukannya.

Sebagaimana hadis berikut yang artinya:

“ Sesungguhnya Allah Swt telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat witir, maka sholat witirlah kalian antara waktu sholat isya’ hingga sholat subuh.”

2. Sholat Witir Dicintai Allah SWT

Seperti yang diketahui bahwa sholat witir biasanya berjumlah tiga rakaat. Allah Swt menyukai sesuatu yang ganjil. Sholat witir adalah salah satu ibadah yang Allah sukai. Dari Ali Bin Abi Thalib mengatakan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“ Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat witir, maka sholat witirlah, wahai para ahli al Quran.”

4 dari 5 halaman

Ilustrasi© freepik.com

3. Sholat Witir Disaksikan Para Malaikat

Sholat witir dilakukan pada penghujung malam, karena itulah banyak malaikat yang menyaksikan dan berdoa bagi orang-orang yang sedang beribadah.

“ Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari Al Amasy dari Abu Sufyan dari Jabir  ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “ Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim).

4. Sholat Witir Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat Witir. Apabila beliau meninggalkannya, maka beliau akan meng-qadhanya. Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist:

“ Kekasihku Rasulullah  memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 raka’at dan shalat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhori)

5 dari 5 halaman

5. Sholat Witir Sebagai Penyempurna Sholat Malam

Sholat witir adalah sholat penutup dari sholat malam atau penutup dari sholat tarawih. Sholat witir menjadi penyempurna dari sholat malam.

" Jadikanlah akhir sholat kalian di malam hari dengan sholat Witir." [HR. Bukhori Muslim]

6. Sholat Witir Adalah Waktu Mustajab

Sholat witir biasanya dilaksanakan pada penghujung malam. Dan di penghujung malam menjadi waktu yang sangat diijabah dalam berdoa.

7. Diberi Petunjuk dan Kekuatan oleh Allah SWT

Orang yang melaksanakan sholat witir akan senantiasa diberi kekuatan oleh Allah dalam mengahadapi cobaan hidup. Doanya pun akan didengar oleh Allah Swt.

Dia juga akan senantiasa memberi petunjuk bagi umatnya yang menjalankan perintahnya serta melakukan apa yang Dia cintai.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar