Tata Cara Sholat Hajat yang Mustajab, Beserta Manfaat dan Ikhtiar Doa Agar Terhindar dari Marabahaya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 25 November 2021 17:30
Tata Cara Sholat Hajat yang Mustajab, Beserta Manfaat dan Ikhtiar Doa Agar Terhindar dari Marabahaya
Allah SWT akan memberikan pertolongan dan menghindarkan marabahaya bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

Dream – Tak hanya sebagai upaya agar doa kita didengarkan oleh Allah, melaksanakan sholat hajat juga bisa sebagai bentuk ikhtiar agar terhindar dari marabahaya dan kesulitan.

Jika umat Muslim sedang mengalami kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat. Karena Allah SWT akan memberikan pertolongan dan menghindarkan marabahaya bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

Tata cara sholat hajat cukup mudah untuk dilaksanakan. Sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan oleh orang yang mempunyai keinginan atau hajat. Orang melaksanakan sholat sunnah ini berharap keinginan atau hajatnya dikabulkan oleh Allah SWT.

Hajat yang dimaksud tentunya bukanlah yang keluar dari syariat agama atau yang dilarang dalam Islam. Sholat hajat biasa dikerjakan untuk meminta perlindungan, ingin sukses dalam karier, mencari jodoh, dan lain-lain. Tata cara sholat hajat tergolong sholat yang mudah karena bisa dikerjakan baik siang maupun malam.

Berikut ulasan tentang tata cara sholat hajat lengkap dengann bacaan doa agar terhindar dari marabahaya.

1 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Hajat Agar Terhindar dari Bahaya

Tata cara sholat hajat sebenarnya tidak ada bedanya dengan sholat sunnah pada umumnya, yaitu diawali dengan niat dan diakhiri salam setiap 2 rakaat. Namun yang membedakan adalah terletak pada niatnya.

Jumlah rakaat sholat hajat yang umum adalah dua rakaat. Akan tetapi Imam Ghozali dalam kitab Ihya Ulumuddin berpendapat, sholat hajat dapat dilaksanakan sampai dengan 12 rakaat.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut tata cara sholat hajat akan dijelaskan dalam bentuk urutan seperti yang sudah umum di kalangan pemula yang sedang belajar.

Tata cara sholat hajat yang ringkas adalah sebagai berikut:

  1. Niat sholat hajat
  2. Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu)
  3. Membaca doa Iftitah
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka'at pertama Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali.
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua
  12. Membaca surat Al-Fatihah
  13. Membaca salah satu surat dari Alquran. Mengenai bacaan surat Alquran sebenarnya bisa surat mana saja. Tapi lebih diutamakan jika pada raka'at kedua Surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah
  15. I’tidal dengan tuma’ninah
  16. Sujud dengan tuma’ninah
  17. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  19. Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah
  20. Salam

Tata cara sholat hajat pada rakaat kedua sama dengan rakaat pertama. Hanya setelah sujud kedua, tahiyat akhir diakhiri oleh salam.

2 dari 3 halaman

Doa Setelah Sholat Hajat Agar Terhindar dari Kesulitan

Ilustrasi© Shutterstock.com

Setelah mengetahui tata cara sholat hajat yang mudah dan ringkas, kamu juga dianjurkan membaca doa setelahnya.

Dilansir dari NU Online, berikut bacaan doa setelah sholat hajat arab, latin dan artinya:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

La ilaha illallahul halamul karim. Subhanallahi rabbil ‘arsyil karimil ‘azhim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. As’aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada‘li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.

Artinya:

“ Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

3 dari 3 halaman

Manfaat Melaksanakan Sholat Hajat

Setelah mengetahui tata cara sholat hajat dan doanya, berikut Dream akan memaparkan manfaat yang didapatkan umat Muslim jika rutin melaksanakan sholat hajat.

1. Dipermudah Urusannya oleh Allah SWT

Muslim yang sedang memiliki kepentingan dan keinginan dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat. Ada riwayat yang mengisahkan tentang seseorang yang tidak sempurna penglihatannya menemui Rasulullah untuk meminta doa agar diberi kesembuhan. Lalu Rasulullah SAW menganjurkan orang tersebut agar mendirikan sholat hajat dan berdoa yang artinya:

" Ya Allah Sesungguhnya aku bermohon kepada engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku." (HR. Utsman bin Hunaif)

2. Terhindar dari Marabahaya

Selanjutnya, umat muslim yang sedang mengalami kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat. Seseorang yang melaksanakan sholat sunnah ini akan diberikan pertolongan oleh Allah SWT.

Syekh M Nawawi Banten menyebutkan riwayat dari Wahib bin Al-Warad, seorang muslim yang sedang melaksanakan kesulitan hendaknya melakukan sholat sunnah sebanyak 12 rakaat.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar