Tata Cara Sholat Idhul Adha: Syarat, Rukun, Waktu, Sunnah dan Keutamaannya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 25 November 2021 16:30
Tata Cara Sholat Idhul Adha: Syarat, Rukun, Waktu, Sunnah dan Keutamaannya
Begitu besarnya pahala sholat Idhul Adha, Rasulullah memerintahkan kaum laki-laki dan perempuan untuk mengerjakannya.

Dream - Idhul Adha merupakan hari raya yang dinanti-nantikan umat Muslim di seluruh dunia. Hari Raya Idhul Adha terjadi setelah beberapa waktu dari Idhul Fitri. Seperti Hari Raya Idhul Fitri, umat Muslim juga akan melakukan ibadah sholat Idhul Adha berjamaah pada 10 Dzulhijjah.

Hukum Sholat Idhul Adha adalah sunnah muakkadah, yaitu jenis sunnah yang sangat dianjurkan. Begitu besarnya pahala sholat ini, Rasulullah memerintahkan kaum laki-laki dan perempuan untuk mengerjakannya.

Syarat dan rukun sholat dalam tata cara sholat Idhul Adha hampir sama dengan sholat lain, demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunnahkan.

Tak seperti sholat fardhu, tata cara Sholat Idhul Adha tak didahului dengan adzan maupun iqamah. Niat dan anjuran takbirnya juga berbeda. Waktu sholat Idhul Adha, dianjurkan mengawalkan waktu setelah matahari terbit demi memberi kesempatan yang luas kepada masyarakat yang hendak berkurban selepas rangkaian sholat.

Berikut tata cara sholat Idhul Adha lengkap dengan syarat, rukun, waktu sunnah dan keutamaannya:

1 dari 6 halaman

Syarat Sholat Idhul Adha

Sebelum masuk ke dalam tata cara sholat Idhul Adha, kamu perlu mengetahui syarat-syaratnya sebagai berikut:

  1. Tata cara sholat Idhul Adha dilakukan setelah matahari terbit.
  2. Sholat Idhul Adha dilakukan di tempat terbuka atau tanah lapang apabila tidak hujan. Namun menurut Mazhab Syafi’I solat Idhul Adha lebih baik dilaksanakan di masjid jika masjid-nya besar dan mampu menampung jamaah.
  3. Sholat Idhul Adha sebaiknya dilakukan berjamaah. Jika berhalangan untuk sholat berjamaah seperti contoh saat kondisi pandemi, boleh dilaksanakan di rumah.
  4. Setelah mendirikan sholat Idhul Adha sebaiknya ditutup dengan khutbah.
2 dari 6 halaman

Rukun Sholat Idhul Adha

Tak hanya tata cara sholat Idhul Adha saja, Sahabat Dream juga perlu memahami rukun sholat Idhul Adha yang wajib ada di dalamnya. Rukun sholat Idhul Adha hampir mirip dengan rukun sholat wajib, seperti berikut ini:

  1. Niat
  2. Berdiri bagi yang mampu.
  3. Takbiratul ihram.
  4. Membaca Surah Al Fatihah.
  5. Melakukan ruku dengan tumaninah.
  6. I'tidal dengan tumaninah.
  7. Sujud dengan tumaninah.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Duduk tahiyat akhir.
  10. Membaca tahiyat akhir.
  11. Sholawat kepada Nabi.
  12. Salam
  13. Tartib
3 dari 6 halaman

Waktu Sholat Idhul Adha

Ilustrasi© Merdeka.com

Selanjutnya, waktu pelaksanaan Sholat Idhul Adha sama seperti melaksanakan sholat dhuha, yaitu setelah matahari naik seukuran satu tombak sampai dengan waktu zawal.

Kemudian, disunnahkan bagi umat muslim yang hendak melaksanakan sholat Idhul Adha agar dilaksanakan di awal waktu mengingat akan dilaksanakannya pemotongan hewan kurban.

Sehingga penyelesaian pada saat pemotongan kurban tidak terlampau larut sore agar daging kurban bisa segera dibagikan kepada yang berhak.

4 dari 6 halaman

Sunnah Sholat Idhul Adha

Selain syarat dan rukunnya, tata cara Sholat Idhul Adha juga memiliki beberapa ketentuan sunnah yang dapat diamalkan baik sebelum maupun sesudah melaksanakannya. Berikut sunnah sebelum dan sesudah menjalankan Sholat Idhul Adha, seperti dilansir dari umma.id:

Saat hendak melaksanakan ibadah sholat diharuskan mandi terlebih dahulu sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah saw dan para sahabatnya.

Menggunakan pakain terbaik, berhias, menggunakan wewangian khusus kaum lelaki dan tidak dianjurkan memakai wewangian yang menyengat untuk kaum wanita

Mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengikuti atau menghadiri sholat Ied.

Melafadzkan takbir

Berjalan kaki saat menuju tempat sholat baik itu berangkat maupun pergi. Dianjurkan untuk melalui jalan yang berbeda pada saat berangkat maupun pulang. Apabila tempat sholat jauh Anda diperkenankan membawa kendaraan pribadi.

5 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Idhul Adha

Tata cara Sholat Idhul Adha dilaksanakan dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya. Namun, jika kamu terlambat datang atau mengalami halangan lain, boleh dilakukan secara sendiri di rumah daripada tidak sama sekali. Berikut tata cara sholat Idhul Adha yang perlu diketahui umat Muslim:

  • Niat sholat Idhul Adha. “ Ushalli sunnata li 'idil adha rak'ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta'ala.”
  • Takbiratul ihram.
  • Membaca Doa Iftitah.

“ Kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin, Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil 'aalamiin, Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.”

Artinya: " Segala puji yang sebanyak banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang orang yang menyekutukanNya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri."

  • Takbir sebanyak tujuh kali dan boleh mengangkat tangan ketika takbir. Di antara setiap takbir, bacalah kalimat tasbih yakni:

“ Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar.”

Artinya: " Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar" .

  • Setelah akhir takbir ke tujuh, membaca surat Al Fatihah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat lainnya. Kamu juga bisa cukup menyimak surat lainnya yang dibacakan oleh imam jika kamu seorang makmum.
  • Ruku' dengan tuma'ninah.
  • I'tidal dengan tuma'ninah.
  • Sujud dengan tuma'ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah.
  • Bangkit dari sujud dan bertakbir.
  • Takbir lagi sebanyak lima kali, diantara takbir membaca kalimat tasbih sama seperti sebelumnya.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Dilanjutkan dengan membaca surat lainnya.
  • Ruku' dengan tuma'ninah.
  • I'tidal dengan tuma'ninah.
  • Sujud dengan tuma'ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah.
  • Duduk tasyahud dengan tuma'ninah.
  • Salam

Setelah selesai menjalankan tata cara sholat Idhul Adha, sebaiknya jangan buru-buru untuk pulang terlebih dahulu. Disarankan untuk mendengarkan khotbah hingga selesai, kecuali apabila kamu memang tidak melakukan sholat Idhul Adha secara berjamaah.

6 dari 6 halaman

Keutamaan Melaksanakan Sholat Idhul Adha

Ilustrasi© Shutterstock.com

Ada banyak keutamaan bagi umat muslim yang menjalankan sholat Idhul Adha, yaitu:

  1. Apabila melakukan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah sebelum melakukan sholat Idhul Adha, maka dosanya akan dihapuskan selama 1 tahun.
  2. Dilipat gandakan pahalanya, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, " Tiada hari yang di dalamnya ada suatu amal yang paling dicintai Allah kecuali hari-hari ini (Hari Raya Idhul Adha)."
  3. Mempererat silaturahmi dengan keluarga dan sesama muslim lainnya. Sebab, sholat Idhul Adha dilakukan secara berjamaah yang artinya dapat berjumpa dengan sesama umat muslim lainnya yang sebelumnya sibuk atau sulit berjumpa.
Beri Komentar