Tata Cara Sholat Jumat: Sunah, Syarat, Niat dan Ancaman Bagi yang Meninggalkan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 15 Desember 2021 13:30
Tata Cara Sholat Jumat: Sunah, Syarat, Niat dan Ancaman Bagi yang Meninggalkan
Lantaran sifatnya yang wajib, maka setiap laki-laki Muslim harus melaksanakan sholat Jumat.

Dream - Sholat jumat merupakan salah satu ibadah yang wajib ditunaikan umat muslim laki-laki pada hari Jumat. Menjadi pengganti sholat zhuhur, sholat jumat memiliki banyak keutamaan di sisi Allah SWT. Kewajiban sholat jumat ini tak berlaku untuk para muslimah dan hanya dikenakan sebagai ibadah sunah.

Sesuai namanya, waktu pelaksaan sholat Jumat ialah pada waktu zuhur di hari Jumat. Tak mengherankan di Indonesia sebagai negara mayoritas muslim, waktu istirahat di hari jumat bagi para pekerja ataupun para murid dibuat lebih cepat agar muslim laki-laki bisa bersiap-siap pergi ke masjid melaksanakan sholat Jumat.

Meski menjadi ajaran yang sudah diberikan sejak kecil, kita mungkin luput dengan beberapa tata cara sholat Jumat yang baik dan benar sesuai anjuran Nabi SAW. Banyak amalan sunnah sebelum sholat Jumat yang ternyata bernilai ibadah sangat besar.

Tata cara sholat Jumat sebenarnya mudah untuk dilakukan. Hal sulit adalah melawan godaan setan yang berusaha menghalangi muslim untuk memenuhi panggilan Allah SWT dengan melaksanakan sholat Jumat.

Berikut tata cara sholat Jumat lengkap dengan sunah, syarat wajib beserta bacaan niat dan doanya. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Sunah Sebelum Sholat Jumat

Ilustrasi© Liputan6.com

Sebelum lebih lanjut membahas tentang tata cara sholat Jumat, kamu juga perlu mengetahui sunah apa saja yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat Jumat. Berikut beberapa sunah yang dilaksanakan sebelum Sholat Jumat:

  1. Mandi terlebih dahulu dengan bersih.
  2. Lalu memotong kuku dan mencukur kumis.
  3. Pakai wewangian.
  4. Pilih pakaian yang bersih dan rapi. Diutamakan memilih warna putih.
  5. Mendahulukan kaki kanan saat masuk masjid sambil membaca doa masuk masjid berikut: " Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik." Yang artinya, " Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."
  6. Sholat sunah tahiyatul masjid sebelum duduk di dalam masjid.
  7. Ber'itiqaf (duduk) sambil membaca Al-Qur'an, zikir, atau bersolawat.
  8. Menghentikan zikir atau bacaan lainnya saat khatib naik ke mimbar untuk menyampaikan khotbah Jumat.
2 dari 5 halaman

Syarat Sah Sholat Jumat

Dalam memahami perihal tata cara sholay Jumat, ada baiknya kamu juga mengetahui beberapa syarat sholat Jumat. Sebab penting bagi laki-laki muslim untuk mengetahuinya sebagai syarat sah pelaksanaan sholat Jumat.

Berikut syarat sah melaksanakan sholat Jumat:

  1. Dilakukan di tempat yang termasuk ke dalam lingkungan perkampungan baik desa maupun kota.
  2. Sholat Jumat dilakukan saat sudah masuk waktu dzuhur.
  3. Sholat Jumat wajib dilakukan secara berjama'ah dengan jumlah minimal yang hadir dalam sholat jumat adalah sebanyak 40 orang.
  4. Sholat Jumat diawali dengan khutbah (termasuk membaca rukun khutbah) sebelum melaksanakan sholat Jumat.
  5. Sholat bisa dimulai ketika khatib membacakan dua khutbah.

Syarat Wajib Sholat Jumat

Tak hanya syarat sah di atas, ada pula syarat wajib sholat Jumat yang tak kalah penting untuk dipahami bersama. Sebab jika tidak memenuhi syarat wajib ini, maka hukumnya tidak sah.

  1. Beragama Islam.
  2. Sudah baligh atau dewasa.
  3. Tidak gila atau mengalami gangguan mental lainnya.
  4. Laki-laki (wanita tidak wajib sholat Jumat).
  5. Sehat jasmani dan rohani (orang sakit tidak wajib sholat Jumat).
  6. Bertempat tinggal tetap atau menetap atau bermukim (orang yang sedang dalam perjalanan jauh tidak wajib sholat Jumat).
  7. Orang yang sedang dalam perjalanan jauh tidak wajib mengerjakan sholat Jumat. Hal ini merujuk pada hadis Rasulullah SAW. Artinya: " Bagi musafir tidak wajib sholat Jumat." (HR. Daruquthni).
3 dari 5 halaman

Bacaan Niat Sholat Jumat

Tata cara sholat Jumat yang paling pertama adalah niat. Niat adalah tanda dimulainya sholat Jumat. Sebelum mulai, sebaiknya membaca niat sholat Jumat baik sebagai imam maupun makmum. Berikut bacaan niat sholat Jumat lengkap dengan artinya:

Niat sholat Jumat sebagai Imam:

" Ushalli fardal jum’ati ada’an mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala."

Artinya: " Aku niat melakukan sholat Jumat dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Niat sholat Jumat sebagai Makmum:

“ Ushalli fardal jum’ati ada’an mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta’ala.”

Artinya: " Aku niat melakukan sholat Jumat dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Jumat

Tata cara sholat Jumat sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat sunah dua rakaat pada umumnya yang diawali niat dan diakhiri dengan salam.

Namun ada perbedaannya yaitu pada sholat Jumat dikerjakan usai khatib selesai menyampaikan dua khutbah. Kmeudian khatib turun dari mimbar sedangkan muadzin mengucapkan iqamah sebagai tanda sholat Jumat akan segera dimulai.

Gerakan sholat Jumat pun juga sama dengan gerakan sholat pada umumnya. Begitu pula dengan bacaan di dalamnya. Agar lebih jelasnya, berikut tata cara sholat Jumat yang perlu diperhatikan bagi laki-laki muslim yang sudah memiliki kewajiban menjalankan sholat Jumat:

  • Niat sholat Jumat.
  • Takbiratul ihram dengan membaca Allahu akbar.
  • Doa iftitah
  • Membaca surat al-Fatihah.
  • Membaca surah pendek
  • Ruku dengan tumaninah.
  • I'tidal dengan tumaninah.
  • Sujud dengan tumaninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
  • Sujud kedua dengan tumaninah.
  • Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
  • Membaca surah al-Fatihah.
  • Membaca surah pendek
  • Ruku dengan tumaninah.
  • I'tidal dengan tumaninah.
  • Sujud dengan tumaninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
  • Sujud kedua dengan tumaninah.
  • Duduk tasyahud akhir dengan tumaninah.
  • Mmebaca tasyahud akhir.
  • Membaca sholawat Nabi.
  • Salam
5 dari 5 halaman

Ancaman Menakutkan Bagi yang Meninggalkan Sholat Jumat

Ilustrasi© Shutterstock.com

Setelah mengetahui tata cara sholat Jumat di atas beserta syarat wajib dan syarat sahnya, maka sudah sewajibnya jika kamu laki-laki Muslim maka wajib menjalankannya. Lantaran sifatnya yang wajib, maka laki-laki Muslim harus tahu tata cara sholat Jumat yang benar sesuai Sunnah.

Sebab ada ancaman dari Allah bagi orang yang memiliki kewajiban menjalankannya, namun tidak melakukannya. Ancaman itu diungkapkan Nabi SAW dalam hadisnya:

" Dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Hendaknya orang yang suka meninggalkan sholat Jumat itu menghentikan kebiasan buruknya, atau Allah akan mengunci mata hatinya, lalu ia akan menjadi orang Ghafilin atau orang Lalai.'" (HR. Muslim, No. 865).

Ancaman tersebut sungguh menakutkan, sebab jika mata hati sudah dikunci oleh Allah, maka tidak akan bisa lagi membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Terdapat hadis lain yang juga memperingatkan ancaman bagi yang meninggalkan sholat Jumat ini.

" Dari Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa yang meninggalkan sholat Jumat sebanyak 3 kali, bukan karena darurat atau halangan maka Allah akan mengunci hatinya.'" (HR. Ibnu Majah).

Beri Komentar