Tata Cara Sholat Tasbih: Bacaan Niat, Doa, Hukum, Waktu dan Manfaat yang Menakjubkan

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 30 November 2021 19:01
Tata Cara Sholat Tasbih: Bacaan Niat, Doa, Hukum, Waktu dan Manfaat yang Menakjubkan
Allah SWT telah memerintahkan kepada umat muslim untuk selalu bertasbih kepada Allah Swt., salah satunya tertuang dalam Quran Surat Thaha ayat 130.

Dream - Selain tahajud dan dhua, ibadah sunnah yang dianjurkan oleh para ulama adalah sholat tasbih. Disebut sholat tasbih lantaran di dalam ibadah yang masuk rukun Islam itu banyak terdapat bacaan tasbih 'subhanallah wal hamdu lillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar'. Keutamaan sholat tasbih membuat Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan ibadah ini kepada umatnya.

Seorang muslim yang rutin menunaika ibadah sholat tasbih akan berkesempatan mendapat banyak keutamaan yang sudah dijanjikan Allah SWT. Namun dibandingkan amalan lainnya, sholat tasbih masih belum banyak diamalkan. Padahal keutamaan sholat tasbih tak kalah istimewa dari sholat dhuha dan sholat tahajud.

Dalam Alquran Allah SWT telah memerintahkan kepada umat muslim untuk selalu bertasbih kepada Allah Swt. Salah satunya tertuang di dalam Surat Thaha ayat 130 yang artinya:


فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا ۚوَمِنْ اٰنَاۤئِ الَّيْلِ فَسَبِّحْ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضٰى

“ Maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbih-lah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” (QS: Thaha/20:130)

Agar lebih jelasnya, kali ini Dream akan memaparkan tentang tata cara Sholat Tasbih dilengkapi bacaan niat, doa, hukum dan waktu pelaksanaannya, dilansir dari NU Online.

1 dari 6 halaman

Dasar Hukum Sholat Tasbih

Ilustrasi© Freepik.com

Sebelum mengetahui tata cara sholat tasbih lebih lengkap, sebaiknya kita pahami dulu dasar hukum dan waktu pelaksanaan sholat Tasbih. Sholat tasbih hukumnya adalah sunnah yang didasarkan pada hadis Abu Rafi'.

Dalam hadis tersebut, Nabi SAW memberitahu pamannya Abbas tentang tata cara Sholat Tasbih dan berbagai keutamaan melaksanakannya.

Berdasarkan keterangan dalam berbagai kitab fiqih, para ulama menyebutkan hadis yang sebenarnya memiliki derajat dlaif (lemah). Akan tetapi para ulama Madzhab Syafi’iyah seperti Abu Muhammad Al-Baghawi dan Abul Mahasin Ar-Rayani menetapkan hukum sholat tasbih adalah sunnah. Hal ini seperti yang dituturkan oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkâr (Jakarta, Darul Kutub Al-Islamiyah, 2004, hal. 202).  

2 dari 6 halaman

Waktu dan Tata Cara Sholat Tasbih Siang atau Malam

Sementara itu, waktu pelaksanaan tata cara sholat tasbih bisa dilakukan kapan saja, baik siang hari ataupun malam hari, sepanjang tidak pada waktu yang dilarang untuk shalat.

Kendati demikian, Imam Nawawi memiliki pendapat yang menyatakan adanya perbedaan dalam tata cara sholat tasbih di siang dan malam hari.

Menurut Imam Nawawi, jika sholat tasbih dilakukan di malam hari maka akan lebih baik bila dilakukan dua rakaat–dua rakaat masing-masing dengan satu salam. Namun bila dilakukan di siang hari maka bisa dilakukan dua rakaat satu salam atau langsung empat rakaat dengan satu salam. Dalam kitab Al-Adzkar-nya, Imam Nawawi menyatakan:

   فإن صلى ليلاً فأحبّ إليّ أن يسلّم في ركعتين؛ وإن صلّى نهاراً، فإن شاء سلّم، وإن شاء لم يسلم  

“ Bila shalat dilakukan di malam hari maka lebih kusukai bila bersalam dalam dua rakaat. Namun bila di siang hari maka bila mau bersalam (pada dua rakaat) dan bila mau maka tidak bersalam (di dua rakaat).”

3 dari 6 halaman

Bacaan Niat dalam Tata Cara Sholat Tasbih

Ilustrasi© Shutterstock.com

Umat Islam perlu melaksanakan tata cara sholat tasbih sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Menurut tuntunan tata cara sholat tasbih sesuai ajaran Rasulullah SAW., ada 300 kali tasbih yang harus dibaca di dalam sholat sunnah yang satu ini.

Bacaan niat dalam tata cara sholat tasbih siang ataupun malam ada perbedaan sedikit, yaitu pada peletakan salamnya. Berikut detail niat sholat tasbih baik siang maupun malam:

Niat Sholat Tasbih Siang Hari

Niat sholat sunnah tasbih pada siang hari (4 rakaat dengan 1 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAT TASBIHI ARBA’A RAKA'ATIN LILLAHI TA’ALAA

Artinya: Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala.

Niat Sholat Tasbih Malam Hari

Niat sholat sunnah tasbih pada malam hari (4 rakaat dengan 2 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAT TASBIHI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALAA

Artinya: Aku Niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala.

4 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Tasbih Sesuai Sunnah

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tasbih di atas, akan dilanjutkan pemaparan tata cara sholat tasbih sesuai sunnah berikut ini:

  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Kemudian membaca surat dari Alquran.
  • Setelah selesai membaca surat Alquran, dilanjutkan membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

SUBHANALLAH, WALHAMDULILLAH, WALAA ILAAHA ILLA ALLAH, WALLAHU AKBAR

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

  • Ruku’ dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • I’tidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.
  • Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  • Diakhiri dengan salam.
5 dari 6 halaman

Doa Setelah Sholat Tasbih

Sebelum membaca doa setelah sholat tasbih, dianjurkan untuk mengucapkan tasbih sebagai berikut:

SUBHAANA MALLAA YA’LAMU QODROHU GHOIRUHU WALAA YABLUGHUL WAASHIFUUNA SHIFATAH. SUBHAANA ROBBIYAL ‘ALIYYIL A’LAL WAHHAAB

Artinya: “ Maha suci Allah, yang tidak seorangpun mengetahui betapa besar keagungan-Nya melainkan Dia sendiri. Dan tidak ada seorangpun yang mampu memberikan sifat kepada-Nya dengan sifat yang sebenarnya. Maha suci Allah, Rabb yang Maha memiliki ketinggian diatas segala yang mempunyai pemberian.”

Setelah itu membaca doa setelah sholat tasbih yang bunyinya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاك وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA TAUFIQA AHLIL HUDA, WA A‘MALA AHLIL YAQIN, WA MUNASHAHATA AHLIT TAUBAH, WA ‘AZMA AHLIS SHABRI, WA WAJALA AHLIL KHASYYAH, WA THALABA AHLIR RAGHBAH, WA TA‘ABBUDA AHLIL WARA‘I, WA ‘IRFANA AHLIL ‘ILMI HATTA AKHAFAK.

ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA MAKHAFATAN TAHJIZUNI ‘AN MA‘ASHIKA HATTA A‘MALA BI THA‘ATIKA ‘AMALAN ASTAHIQQU BIHI RIDHAKA WA HATTA UNASHIHAKA BIT TAUBAH, KHAUFAN MINKA HATTA AKHLUSHA LAKAN NASHIHATA HAYA’AN MINKA WA HATTA ATAWAKKALA ‘ALAIKA FIL ’UMÛRI KULLIHA WA HATTA AKUNA ’UHSINUZ ZHANNA BIKA, SUBHANA KHALIQIN NUR. WASHALATU WASSAU ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA’ALAA ALIHI WASHAHBIHI AJMA’AANA WALHAMDU LILLAHI RABBIL ‘ALAMIINA.

Artinya:

" Ya Allah aku meminta padaMu pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan petunjuk, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (padaMu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (padaMu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu.

Ya Allah aku meminta padaMu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan padaMu, sehingga dengan taat padaMu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih ridloMu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan padaMu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan padaMu karena wujudnya prasangka baik kepadaMu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya."

6 dari 6 halaman

Manfaat Sholat Tasbih

Jika dilihat dari segi manfaatnya, sholat tasbih tentu memiliki banyak keutamaan sampai Imam As-Subki menyatakan bahwa tidaklah orang yang mendengar tentang keutamaan sholat tasbih namun ia meninggalkannya (tidak melakukannya) kecuali orang itu adalah orang yang merendahkan agama.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw menjamin bagi umat muslim yang mau mengerjakan sholat tasbih akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt. Baik dosa yang awal dan yang akhir, dosa lama maupun dosa baru, dosa yang disengaja maupun tidak disengaja, dosa kecil dan besar, dosa rahasia maupun terang-terangan, serta sepuluh macam dosa lainnya.

Berikut manfaat yang didapat umat Islam jika mau menjalankan sholat tasbih dengan khusyuk dan ikhlas:

  1. Timbangan Amal Baik di Akhirat.
  2. Tasbih Kalimat Terbaik di Sisi Allah Swt.
  3. Disiapkan Kebun Kurma di Surga.
  4. Penghapus Dosa-Dosa.
  5. Siap Hadapi Krisis Pangan Akhir Zaman.
  6. Dihindarkan dari Kesedihan dan Penyakit Kronis.
  7. Senjata Hadapi Persoalan Besar.
  8. Ikut Ajaran Rasulullah Saw.
Beri Komentar