Tata Cara Sholat Taubat dan Manfaatnya untuk Menghapus Dosa

Reporter : Arini Saadah
Senin, 7 Desember 2020 18:02
Tata Cara Sholat Taubat dan Manfaatnya untuk Menghapus Dosa
Manusia dianjurkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah Swt, salah satunya dengan menjalankan sholat taubat.

Dream – Manusia merupakan tempat salah dan dosa. Oleh sebab itu manusia dianjurkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah Swt, salah satunya dengan menjalankan sholat taubat.

Sholat taubat merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang sengaja maupun tidak sengaja dilakukan.

Sholat taubat juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun. Saat menjalankan sholat taubat yang benar, maka seorang muslim seharusnya tidak mungkin lagi mengulangi kembali maksiat atau dosa yang telah dilakukan.

Sholat taubat sebaiknya dikerjakan sendirian, sebab sholat sunnah ini termasuk dalam jenis sholat nafi’ah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Allah Swt sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertauba dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti dalam firman Allah, “ sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yag mensucikan diri.” (S. Al Baqarah ayat 22)

Setelah mengetahui pentingnya bertaubat, maka wajib bagi seorang muslim mengetahui tata cara sholat taubat dan waktu yang tepat untuk mengerjakannya.

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Taubat

Ilustrasi© freepik.com

Sebenarnya, tata cara sholat taubat sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Yang membedakan adalah terletak pada niat dan tujuan sholat sunnah tersebut.

Sholat taubat dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam, boleh dilakukan dua rakaat, empat, hingga enam rakaat. Syarat mutlak melakukan sholat taubat adalah suci dari hadas besar dan kecil dan menutup aurat.

Sementara itu, niat dan tata cara sholat taubat akan kita paparkan di bawah ini ya, Sahabat Dream:

  • Niat sholat taubat, boleh dilafazkan jika kurang mantab.

USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

  • Takbirotul Ihram.
  • Membaca doa Istiftah/iftitah (Sunnah).
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca surat dari Alquran.
  • Rukuk (Membaca tasbih ruku’ tiga kali).
  • I'tidal (Membaca doa i’tidal).
  • Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali).
  • Duduk diantara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...').
  • Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali).
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10..
  • Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir).
  • Salam lalu berdoa mohon ampunan.
2 dari 4 halaman

Doa Usai Sholat Taubat

ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Artinya: 

Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

3 dari 4 halaman

Waktu yang Diharamkan

Ilustrasi© freepik.com

Sholat taubat merupakan jenis sholat yang tidak bisa ditunda-tunda mengerjakannya. Sebab kematian manusia tidak ada yang mengetahui kapan datangnya. Jangan sampai sebagai orang Islam kita meninggal dunia dalam keadaan belum bertaubat kepada Allah.

Dengan demikian, jika seorang muslim berbuat dosa, segeralah untuk bertaubat, salah satunya dengan mengerjakan sholat taubat.

Sholat taubat bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam. Namun ada beberapa waktu yang haram untuk mengerjakan sholat taubat, yaitu:

  1. Mulai terbit fajar kedua hingga terbitnya matahari.
  2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah.
  3. Saat matahari tepat di tengah-tengah hingga terlihat condong.
  4. Setelah sholat asar hingga matahri tenggelam.
  5. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.
4 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Taubat

Manfaat sholat taubat untuk menghapus dosa dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari, mengingat kita selalu melakukan kesalahan setiap harinya.

Dalil pelaksanaan sholat taubat salah satunya diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

Rasulullah Saw bersabda: “ Seorang hamba yang melakukan dosa kemudian dia bersuci dan mengerjakan sholat, setelah itu minta ampun kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya." Setelah itu, Rasul membaca ayat 'Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, dan mohon ampun atas dosa-dosa mereka (Surat Ali Imron ayat 135)'.

Manfaat sholat taubat setiap hari adalah supaya Allah Swt senantiasa memberikan ampunan kepada kita atas perbuatan dosa yang disengaja maupun tidak disengaja, apalagi jika dosa itu kita lakukan setiap hari.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar