Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat, Keutamaan, Lafal Niat, dan Doa

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 28 Januari 2022 11:46
Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat, Keutamaan, Lafal Niat, dan Doa
Menurut mayoritas ulama mazhab Syafi’iyah, hukum sholat witir adalah sunnah.

Dream - Tata cara sholat witir selalu dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil. Sholat witir dilakukan sebagai penutup sholat pada hari itu. Jika sudah tidak akan melaksanakan sholat sunah lagi di malam hari, maka dianjurkan menutup ibadah pada hari itu dengan sholat witir.

Sholat witir hukumnya sunnah muakkadah yang artinya sangat dianjurkan dilakukan oleh umat Islam. Bahkan menurut mayoritas ulama Hanafiyah, sholat witir hukumnya adalah wajib bagi umat Muslim. Sehingga menurut ulama Hanafiyah akan berdosa orang-orang yang tidak melakukannya.

Sedangkan menurut mayoritas ulama mazhab Syafi’iyah, hukum sholat witir adalah sunnah, tidak sampai dihukumi wajib. Sehingga apabila dilakukan mendapatkan pahala, jika ditinggalkan tidak mendapatkan dosa. Mazhab Syafi’iyah menggunakan landasan dalil dari hadis Rasulullah SAW yang berbunyi: " Berwitirlah kalian semua, wahai ahli Al-Qur’an, karena sesungguhnya Allah itu ganjil, dan menyukai hal-hal yang ganjil." (HR Khuzaimah)

Sahabat Dream boleh melaksanakan tata cara sholat witir 1 rakaat dengan satu kali salam. Tata cara sholat witir 1 rakaat ini sangat mudah dilakukan, sehingga tak ada alasan untuk tidak menjalankannya. Lantas bagaimana tata cara sholat witir 1 rakaat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Witir 1 Rakaat

Ilustrasi© Pixabay.com

Sebelum mengetahui tata cara sholat witir 1 rakaat, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu keutamaan bagi orang yang mau mengerjakan sholat sunnah ini.

  1. Sholat witir sebagai tambahan sholat sunnah yang bernilai pahala.
  2. Sholat witir menjadi penutup sholat malam sekaligus penyempurna sholat pada hari itu.
  3. Allah SWT sangat menyukai sesuatu yang ganjil, maka dari itu sholat witir sangat dicintai Allah karena jumlahnya ganjil.
  4. Sholat witir yang dikerjakan memiliki nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu sholat subuh.
  5. Doa yang dipanjatkan setelah sholat witir akan diijabah oleh Allah SWT.
  6. Sholat witir yang dilaksanakan di sepertiga malam akan disaksikan oleh malaikat.
2 dari 4 halaman

Lafal Niat Sholat Witir 1 Rakaat

Semua ibadah diawali dengan niat. Karena niat menentukan kemantaban hati dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Tata cara sholat witir 1 rakaat pun juga diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Berikut niat dalam tata cara sholat witir 1 rakaat:

Niat Sholat Witir 1 Rakaat Sendiri

Usholli sunnatan minal witri rak’atan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya:

“ Aku niat shalat sunnah witir satu rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Niat Sholat Witir 1 Rakaat sebagai Imam

Usholli sunnatan minal witri rak’atan mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta’ala.

Artinya:

" Aku niat sholat sholat sunnah Witir satu rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah SWT."

Niat Sholat Witir 1 Rekaat sebagai Makmum

Usholli sunnatan minal witri rak’atan mustaqbilal qiblati makmuman lillahi ta’ala.

Artinya:

" Aku niat sholat sunnah witir satu rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum karena Allah SWT."

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat

Tata cara sholat witir 1 rakaat tentu dikerjakan sebanyak satu rakaat saja. Orang yang hendak melaksanakan sholat witir tidak dituntut melakukannya dalam rakaat tertentu asalkan dilakukan dengan ganjil, termasuk dikerjakan 1 rakaat.

Agar lebih jelasnya berikut tata cara sholat witir 1 rakaat yang perlu kamu ketahui:

  1. Membaca niat tata cara sholat witir 1 rakaat.
  2. Takbiratul Ihram.
  3. Membaca Doa Iftitah.
  4. Membaca Surah Al-Fatihah.
  5. Membaca tiga surat sekaligus yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas.
  6. Ruku' dengan tuma'ninah.
  7. I'tidal dengan tuma'ninah
  8. Sujud dengan tuma'ninah.
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
  10. Sujud kedua dengan tuma'ninah.
  11. Duduk Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah.
  12. Membaca tasyahud akhir.
  13. Membaca sholawat nabi.
  14. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.
4 dari 4 halaman

Doa Setelah Sholat Witir 1 Rakaat

Usai melaksanakan rangkaian tata cara sholat witir 1 rakaat di atas, kemudian dianjurkan membaca dzikir berikut ini sebanyak tiga kali.

 سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوسِ

Artinya:

“ Mahasuci Allah Dzat Yang Maha Merajai dan Yang Maha Esa.” 

Kemudian dilanjutkan membaca doa berikut ini:

Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wanas’aluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihiajma'iina,walhamdulillaahirabbil'aalamiina.

Artinya:

" Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

" Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Beri Komentar