Kecerdasan Ali RA Jawab Pertanyaan Sama dari 10 Orang Berbeda

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Februari 2019 20:00
Kecerdasan Ali RA Jawab Pertanyaan Sama dari 10 Orang Berbeda
Ali merupakan sahabat Rasulullah yang terkenal karena kecerdasannya.

Dream - Ali bin Abi Thalib adalah sahabat yang memiliki kedudukan istimewa di mata Rasulullah Muhammad SAW. Selain masih keluarga dekat, Ali adalah sepupu Rasulullah, sahabat satu ini juga merupakan anak angkat Sang Nabi.

Posisinya sebagai anak angkat menjadikan Ali selalu berada di sisi Rasulullah SAW. Sehingga, Ali kerap menjadi orang pertama yang mendapat pengetahuan dari Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda demikian.

" Aku adalah kotanya ilmu. Sedangkan Ali merupakan pintunya."

Dikutip dari Islami.co, Abu Bakar Ushfuri dalam kitab Al Ushfuriyyah menuliskan kisah mengenai Ali yang mendapat pertanyaan sama dari 10 orang Khawarij. Ali pun memberikan jawaban berbeda-beda.

Suatu hari, kelompok Khawarij mendengar hadis ini dan merasa iri dengan Ali. Sampai-sampai, beberapa pimpinan kelompok tersebut berkumpul untuk membahas cara membantah hadis ini.

Mereka kemudian sepakat untuk mendatangi Ali secara bergantian. Ketika berhadapan dengan Ali, masing-masing dari mereka menanyakan pertanyaan yang sama.

Tujuan mereka adalah menguji benar tidaknya Ali merupakan orang yang cerdas. Jika Ali bisa menjawab dengan jawaban berbeda, mereka mengakui Ali memang orang cerdas.

1 dari 2 halaman

Ali Didatangi Pembesar Khawarij

Suatu hari, seorang pembesar Khawarij datang dan bertanya kepada Ali.

" Hai Ali. Lebih utama mana antara ilmu dengan harta?" tanya pembesar itu.

" Lebih utama ilmu," jawab Ali.

" Apa dasarnya?" tanya dia lagi.

" Ilmu itu warisan para Nabi. Kalau harta, warisan Qarun, Syadad, Fir'aun, dan sebagainya," kata Ali.

Mendengar jawaban tersebut, orang itu pergi. Beberapa lama kemudian, datang orang Khawarij lain dan menanyakan pertanyaan yang sama.

Ali memberikan jawaban yang sama. Tetapi, alasan yang diberikan Ali berbeda dengan orang pertama.

" Kalau ilmu, akan menjagamu. Jika harta, kamu yang harus menjaga," jawab Ali.

2 dari 2 halaman

10 Orang Datang Bergantian

Ketika pulang, datang lagi orang lain dengan pertanyaan sama. Jawaban Ali mengenai ilmu atau harta tetap sama, namun berbeda pada penjelasannya.

Penjelasan Ali kali ini yaitu, " Kalau orang punya harta banyak musuhnya. Apabila orang punya ilmu, banyak temannya."

Kepada penanya keempat, Ali menjawab demikian, " Jika kamu menggunakan harta, harta semakin berkurang. Namun kalau ilmu, saat digunakan, ia akan semakin bertambah.

Jawaban berbeda terus diberikan Ali kepada orang Khawarij yang bertanya dengan pertanyaan yang sama. Jumlah mereka sampai 10 orang.

Karena tiap-tiap orang mendapat jawaban yang berbeda, mereka menyimpulkan Ali memang orang cerdas. Mereka pun memutuskan kembali kepada Islam yang benar dan tidak lagi menjadi bagian dari kaum Khawarij.

(sah, Sumber: Islami.co)

Beri Komentar