Kecerdasan Ali RA Jawab Pertanyaan Sama dari 10 Orang Berbeda

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Februari 2019 20:00
Kecerdasan Ali RA Jawab Pertanyaan Sama dari 10 Orang Berbeda
Ali merupakan sahabat Rasulullah yang terkenal karena kecerdasannya.

Dream - Ali bin Abi Thalib adalah sahabat yang memiliki kedudukan istimewa di mata Rasulullah Muhammad SAW. Selain masih keluarga dekat, Ali adalah sepupu Rasulullah, sahabat satu ini juga merupakan anak angkat Sang Nabi.

Posisinya sebagai anak angkat menjadikan Ali selalu berada di sisi Rasulullah SAW. Sehingga, Ali kerap menjadi orang pertama yang mendapat pengetahuan dari Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda demikian.

" Aku adalah kotanya ilmu. Sedangkan Ali merupakan pintunya."

Dikutip dari Islami.co, Abu Bakar Ushfuri dalam kitab Al Ushfuriyyah menuliskan kisah mengenai Ali yang mendapat pertanyaan sama dari 10 orang Khawarij. Ali pun memberikan jawaban berbeda-beda.

Suatu hari, kelompok Khawarij mendengar hadis ini dan merasa iri dengan Ali. Sampai-sampai, beberapa pimpinan kelompok tersebut berkumpul untuk membahas cara membantah hadis ini.

Mereka kemudian sepakat untuk mendatangi Ali secara bergantian. Ketika berhadapan dengan Ali, masing-masing dari mereka menanyakan pertanyaan yang sama.

Tujuan mereka adalah menguji benar tidaknya Ali merupakan orang yang cerdas. Jika Ali bisa menjawab dengan jawaban berbeda, mereka mengakui Ali memang orang cerdas.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Doa Malam Lailatul Qadar