Telur Sudah Berdarah, Bolehkah Dimakan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 8 November 2018 16:01
Telur Sudah Berdarah, Bolehkah Dimakan?
Darah adalah benda najis apabila keluar dari tubuh.

Dream - Telur termasuk bahan pangan yang halal dikonsumsi menurut ajaran Islam. Kebanyakan telur dikonsumsi ketika masih segar.

Tapi terkadang ditemukan telur yang sudah ada darahnya. Ini berarti isi telur sudah dalam proses perkembangan menjadi bakal anak unggas.

Sementara darah diharamkan dalam ajaran Islam. Sebabnya, darah yang keluar dari dalam tubuh hewan termasuk kotoran yang sifatnya najis.

Lantas, apakah telur yang sudah berdarah tetap boleh dimakan?

Dikutip dari bincangsyariah, ulama membagi hukum mengonsumsi telur yang sudah ada darahnya menjadi dua.

1 dari 1 halaman

Dua Akibat Hukum yang Muncul dari Telur Berdarah

Hukum pertama yaitu halal apabila telur belum rusak dan apabila dierami induk ayam masih bisa menetas. Telur tersebut dianggap masih suci seperti telur kebanyakan meski sudah ada darah ataupun potongan daging yang belum sempurna.

Hal ini seperti dijelaskan dalam kitab Nihayatuz Zain karya Syeikh An Nawawi Al Bantani.

“ Jika telur hewan yang bisa dimakan pecah kemudian di dalamnya ditemukan piyik yang belum sempurna bentuknya atau sempurna namun belum ditiupkan ruh, maka boleh memakannya. Berbeda jika sudah ditiupkan ruh dan ia mati tanpa disembelih secara syar'i, maka (tidak boleh dimakan) karena sudah menjadi bangkai."

Sedangkan hukum ke dua, haram jika telur sudah rusak dan apabila dierami tidak bisa menetas. Telur ini dianggap sama seperti darah yang hukumnya najis.

Hal ini seperti tercantum dalam kitab Fathul Jawwad karya Imam Ibnu Hajar Al Haitamy.

" Jika telur berubah menjadi darah, baik semuanya atau sebagian, dan yang tidak berubah berupa cairan, maka haram memakannya sekiranya tidak bisa menetas (menjadi piyik) karena najisnya darah dan darah tersebut menjadikan najis terhadap cairan yang tidak berubah."

Selengkapnya...

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival