Terbangun di Malam Hari, Lakukan 2 Hal Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 8 Februari 2019 20:01
Terbangun di Malam Hari, Lakukan 2 Hal Ini
Bangun di malam hari tanpa direncanakan kerap dialami sebagian orang.

Dream - Bangun di malam hari kadang dialami seseorang. Padahal, orang yang bersangkutan ingin tidur cukup dan tidak berencana bangun di malam hari.

Tidur cukup merupakan jalan mengembalikan tubuh dalam kondisi prima usai kelelahan akibat beraktivitas. Dalam dunia medis, waktu tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari.

Tetapi, terkadang orang mengalami susah tidur karena terlalu lelah. Ketika tidur, tiba-tiba mereka terbangun tanpa sebab.

Banyak orang kemudian kesulitan untuk tidur lagi. Padahal, pagi masih lama sementara mereka butuh kondisi tubuh yang segar.

 

1 dari 2 halaman

Saran Ulama

Dikutip dari Islami.co, Imam An Nawawi dalam kitab Al Adzkar An Nawawi memberikan saran bagi orang yang terbangun di malam hari tanpa sengaja.

Saran tersebut dikutip dari hadis Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan Tirmidzi dan Ibnu Majah, dari Abu Hurairah RA.

Rasulullah SAW bersabda, " Jika salah satu dari kalian terbangun di malam hari, kemudian ingin tidur kembali, maka kibaskanlah pertengahan sarung kalian tiga kali, karena tidak diketahui apa yang berada di balik sarungmu. Setelah berbaring, bacalah doa berikut, 'Bismikallahumma wadha'tu janbi, wa bika arfauhu. In amsakta nafsi farhamha, wa in radadtaha fahfadzha bima tahfadzu bihi ibadakas shalihin (Dengan nama-Mu ya Allah aku letakkan lambungku, dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, jika Engkau cabut nyawaku (ketika tidur), maka ampunilah. Jika Engkau membiarkannya, maka jagalah nyawaku sebagaimana Engkau menjaga nyawa hamba-hamba-Mu yang sholeh)."

Hadis yang dikutip Imam An Nawawi menjelaskan dua hal yang dianjurkan dilakukan apabila seseorang terbangun di malam hari.

 

2 dari 2 halaman

Lakukan Ini, Lalu Baca Doanya

Amalan pertama yaitu mengibaskan ujung tengah sarung atau bawahan sebanyak tiga kali. Ini dimaksudkan untuk mencegah adanya bahaya seperti adanya hewan berbahaya masuk ke dalam sarung.

Makna lain dari mengibaskan bagian tengah sarung yaitu membersihkan tempat tidur. Ini agar tidur kita aman dari bahaya apapun.

Sedangkan amalan kedua yaitu membaca doa ini ketika hendak tidur kembali.

 Doa terbangun di malam hari

Bismikallahumma wadha’tu janbi, wa bika arfauhu. In amsakta nafsi farhamha, wa in radadtaha fahfadzha bima tahfadzu bihi ibadakas shalihin..

Artinya,

" Dengan nama-Mu ya Allah aku letakkan lambungku, dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, jika Engkau cabut nyawaku (ketika tidur), maka ampunilah. Jika Engkau membiarkannya, maka jagalah nyawaku sebagaimana Engkau menjaga nyawa hamba-hamba-Mu yang sholeh."

(ism, Sumber: Islami.co)

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival