Ternyata Pada Dua Hari Inilah Pintu Surga Dibuka

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 10 Mei 2021 11:01
Ternyata Pada Dua Hari Inilah Pintu Surga Dibuka
Rasulullah SAW menyebut kedua hari ini sebagai hari yang spesial. Beliau menganjurkan umatnya untuk memperbanyak meminta ampun pada dua hari ini.

Dream - Ternyata selain hari Jumat, ada dua hari lainnya yang juga sangat istimewa di dalam Islam. Pasalnya pada kedua hari inilah pintu surga akan dibuka. Oleh karena itulah Rasulullah SAW menyebut kedua hari ini sebagai hari yang spesial.

Bukan hanya itu saja, beliau bahkan suka melakukan amalan-amalan tertentu pada kedua hari ini. Selain itu, beliau juga menganjurkan umatnya untuk memperbanyak meminta ampun pada dua hari ini. Karena sesungguhnya Allah SWT membukakan pintu ampunannya pada dua hari ini.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang sedang berkelahi. Sebab, Allah Ta'ala akan menangguhkan ampunan-Nya hingga mereka berdamai. Lantas, hari apakah yang dimaksud ? berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Sebagaimana dikutip dari Salim A. fillah dalam " Lapis-Lapis Keberkahan," disebutkan bahwa ternyata pintu-pintu surga akan dibuka pada setiap hari Senin dan Kamis.Kemudian pada kedua hari ini juga dibukakan pintu ampunan bagi setiap manusia yang tidak mempersekutukan Allah SWT, terkecuali bila terjadi perselisihan diantara keduanya. Maka ampunan baginya akan ditangguhkan hingga keduanya berdamai.

" Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. [1] Lalu dikatakan, ‘Tundalah [2] pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (Shahih Muslim)

Oleh sebab itu, bagi mereka yang sedang berselisih diantara kedua hari istimewa tersebut, maka Allah SWT akan menangguhkan ampunan bagi keduanya hingga mereka berdamai. Dan inilah hikmah mengapa diantara sesama muslim dilarang untuk tidak saling bertegur sapa melebihi tiga hari.

© Dream
2 dari 3 halaman

Selain itu, pada kedua hari ini juga terjadi pemeriksaan dan pelaporan amal manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa,
“ Amal manusia diperiksa setiap hari senin dan kamis. Maka, aku suka jika amal-amalku diperiksa ketika aku sedang berpuasa” (HR Tirmidzi).

“ Sesungguhnya amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim).

Sehingga, pada kedua hari ini malaikat akan merekap semua amal manusia dan akan dipersembahkan kepada Allah SWT. Dengan demikian apabila pada saat pemeriksaan dan pelaporan itu terjadi manusia sedang berpuasa, maka hal tersebut diharapkan dapat menambah amal kebaikannya dan mengurangi dosanya.

3 dari 3 halaman

Di samping itu, ternyata hari Senin dan Kamis merupakan hari yang istimewa bagi Rasulullah SAW. Bukan hanya karena pada kedua hari itu pintu surga dan pintu ampunan di buka, namun juga karena pada hari itulah beliau dilahirkan, pada hari Senin pula lah beliau diutus menjadi Rasul dan pada hari Senin jugalah diturunkan wahyu pertama kali. Sementara hari Kamis, merupakan momen yang beliau pilih sebagai awal untuk memulai safar, perjalanan.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa, “ Rasulullah Saw memulai safar di hari Kamis menuju (Perang) Tabuk dan amat menyukai bahwa beliau dapat berangkat pada hari itu.”

Demikianlah ulasan mengenai dua hari istimewa dimana pintu surga dibuka oleh Allah SWT. Sehingga dengan mengetahui hal ini, semoga kita dapat memperbaiki diri dan mengerjakan amalan-amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW pada kedua hari istimewa tersebut. Dengan demikian, semoga Allah SWT berkenan untuk memberikan ampunan-Nya. Amin.

Selengkapnya klik di sini.

© Dream
Beri Komentar